AUDIT PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI MENGGUNAKAN COBIT 5 FRAMEWORK (STUDI KASUS: ITENAS BANDUNG)

  • R Budiraharjo
Keywords: audit, tata kelola teknologi informasi, CObIT 5, Capability Model

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi di beberapa institusi pendidikan, dalam hal ini di Itenas, belum pernah diukur kinerjanya sehingga tidak diketahui tingkat efisiensi, dan kapabilitas tata kelola teknologi informasi pada tingkat institusi. Pengukuran kinerja teknologi informasi di institutsi pendidikan perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan teknologi informasi tersebut dapat membantu tingkat layanan dan daya saing institusi. Oleh karena itu diperlukan pelaksanaan audit terhadap pengelolaan teknologi informasi institusi untuk dapat mengetahui kualitas tata kelola teknologi informasi dan kesesuaian capaian kinerja layanan teknologi informasi institusi dengan arahan yang digariskan dalam Rencana Strategis (renstra) Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung terkait pemanfaatan teknologi informasi. Dalam studi ini , dipergunakan model kapabilitas yang dirancang mengacu kepada CObIT 5 Framework sebagai alat ukur terhadap jawaban kuesioner. Selain itu, model kapabilitas yang dirancang berfungsi untuk memberi definisi dan pemahaman proses tata kelola teknologi informasi yang sedang berjalan di Itenas. Berdasarkan hasil kegiatan ini, didapatkan nilai tingkat kapabilitas pemanfaatan teknologi informasi institusi pada angka 2,51 dalam rentang 0-5.

References

[1] Adikara. 2013. Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perguruan Tinggi Berdasarkan Cobit 5 Pada Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak Universitas Esa Unggul. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2-4 Desember 2013.
[2] Alberch, Bob & Pirani, Judith A.2004. Using an IT Governance Structure to Archieve Alignment at the University of Cincinnati.
[3] Davis, Chris. 2011. IT Auditing Using Controls to Protect Information Assets. McGraw-Hill Education.
[4] ITGI. 2000. IT Governance Institute: Board briefing on IT governance. www.itgi.org
[5] ITGI. 2012. Cobit 5 : Enabling Process. United States of America.
[6] ITGI. 2012. Cobit 5 : Framework. United States of America.
[7] ITGI. 2012. Cobit 5 : Implementation. United States of America.
[8] ITGI. 2012. Cobit 5 : Laminate. United States of America.
[9] Lacker, David; Tayan, Brian. 2011. Corporate Governance Matters. Pearson Education.
[10] Moeler, Robert R. 2010. IT Audit, Control, and Security. Wiley. United States of America.
[11] Sari; Rizal; Santi. 2014. Penerapan Framework Cobit 5 Pada Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Oku. Jurnal teknik Informatika Universitas Bina Darma. Palembang.
[12] Sarno. 2009. Audit Sistem & Teknologi Informasi, ITS Press. Surabaya.
[13] Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
[14] Van Grembergen, Wim; Steven De Haes. 2009. Enterprise Governance of IT: Achieving Strategic Alignment and Value, Springer.
[15] Van Grembergen, Wim; Steven De Haes. 2009. Moving From IT Governance to Enterprise Governance of IT, ISACA Jurnal.
[16] Wibowo, Arianto Mukti. 2008. IT Governance Patterns in Indonesian Organization. IT Governance Lab UI.
Published
2016-10-29
Section
Articles