PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN FILING PADA KANTOR PENGELOLA TAMAN MINI “INDONESIA INDAH”

  • Tata Sutabri
  • Misar Misar
Keywords: manajemen, filing, SDLC

Abstract

Sistem kearsipan konvensional memudahkan penemuan dokumen yang dibutuhkan, namun tingkat pertumbuhan arsip yang meningkat menjadi sulit ditemukan. Kondisi tersebut perlu diantisipasi dengan penggunaan teknologi yang memudahkan pengelolaan arsip. Begitu pula pada arsip yang medianya tersaji dalam bentuk mikrofilm, kaset , kaset video, compact disc, DVD, flash disk, hard disk, dan lain-lain. Metode yang digunakan untuk menganalisis adalah metode System Development Life Cycle, flow of document, data flow Diagram dan entity relationship diagram. Analisis yang dilakukan antara lain dengan melakukan riset atas sistem yang sedang berjalan dan mengumpulkan data untuk memperoleh Informasi yang dibutuhkan.Hasil rancangan sistem informasi berupa aplikasi yang diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan data dan pencarian dokumen pada bidang tata usaha Taman Mini “Indonesia Indah”.

References

[1] Apriansyah Putra, Journal Sistem Pengarsipan Dokumen Mutu Universitas Sriwijaya, ISSN 1907.4093. 2015.
[2] Eko Kurniawan, E-book MySQL dan Java Database Connectivity. Bandung. 2011
[3] H.M. Nawawi Dg. Sibali, Journal Penerapan Sistem Kearsipan Pada Kantor Arsip Daerah Kabupaten Kutai Barat, ISSN : 0216–6437. 2010.
[4] Linda Marlinda, S.Kom, Sistem Basisdata. Penerbit Andi, Yogyakarta. 2010.
[5] Mulyanto, Agus. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Belajar, Yogyakarta. 2009.
[6] Tata Sutabri, Analisis Sistem Informasi. Penerbit Andi, Yogyakarta. 2012.
[7] Zainal A, Hasibuan, Ph.D, E-book Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Jakarta. 2001.
Published
2016-10-29
Section
Articles