ANALISA TINGKAT KEBERHASILAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP JUMLAH MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA

  • Lusiana Lusiana
  • Rahmiati Rahmiati
Keywords: Six Sigma, DMAIC, trategi promosi, mahasiswa baru

Abstract

Salah satu faktor untuk meraih kesuksesan sebuah perguruan tinggi dalam era globalisasi adalah kualitas. Perguruan tinggi termasuk ke dalam kelompok jasa murni (pure service), jasa yang diberikan membutuhkan kehadiran pengguna jasa (mahasiswa). Kehadiran mahasiswa di sebuah perguruan tinggi salah satu disebabkan oleh adanya kegiatan promosi. Strategi promosi yang digunakan antara lain media masa/cetak, media online, brosur, spanduk, dan informasi dari teman/kerabat atau dikenal dengan informasi dari mulut kemulut. Ketidaktepatan dalam menggunakan strategi promosi akan berakibat kepada terjadinya penurunan jumlah mahasiswa baru. Inilah yang terjadi pada STMIK Amik Riau. Terjadi penurunan jumlah mahasiswa baru pada tahun 2013. Hal inilah yang mendasari penelitian ini untuk melakukan upaya perbaikan dalam strategi promosi. Metode yang digunakan dalam pengendalian kualitas strategi promosi adalah Six Sigma dengan konsep DMAIC. Six Sigma dipilih sebagai pendekatan terhadap masalah yang terjadi yang bersifat flexible, dimana bertujuan untuk menghilangkan kegagalan system dan menghilangkan biaya yang tidak perlu. Six Sigma merupakan comprehensive system, strategi dan alat yang berkonsep disiplin ilmu untuk mencapai dan mendukung kesuksesan serta fokus pada peningkatan kepuasan pelanggan. Diharapkan hasil analisa dengan Six Sigma, kegagalan pada strategi promosi yang lalu tidak terulang kembali.

References

1]Varadarajan, R. “ Strategic marketing and marketing strategy: domain, definition, fundamental issues and foundational premises”, Journal of the Academy of Marketing Science, 38(2), 119–140, 2010.
[2]Kotler, Philip. “Manajemen Pemasaran Di Indonesia”,Jakarta: Salemba Empat.Sutabri, Tata. 2003. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta:Andi,2000.
[3]Gaspersz, V. 2001. Metode Analisis untuk Peningkatan Kualitas. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
[4]I.Ghiffari, A. Harsono, A. Bakar, “Analisis Six Sigma Untuk mengurangi Jumlah Cacat Di Stasiun Kerja Sablon (Studi Kasus: CV. Miracle)”, Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, No.1, Vol 1, Juli 2013
[5]J.Susetyo, Winarni, C. Hartanto, “Aplikasi Six Sigma DMAIC dan Kaizen sebagai Metode Pengendalian dan Perbaikan Kualitas Produk”, Jurnal Teknologi, Volume 4, nomor 1, Juni 2011, 61-53.
[6]Sukardi, U.Effendi, D. A. Astuti “ Aplikasi Six Sigma pada Pengujian Kualitas Produk di UKM Keripik Apel Tinjauan dari Aspek Proses”, Jurnal Teknologi Pertanian Vol. 12 No. 1 (April 2011) 1-7
[7]H. Fransiscus, C.P. Juwono, I.S. Astari, “ Implementasi Metode Six Sigma DMAIC untuk Mengurang paint Bucket Cacat di PT.X”, Jurnal Rekayasa Sistem Industri, Vol.3, No.2, 2014.
[8]A.L.Satrijo, Y.Sari, M.A.Hidayat, “Perbaikan Kualitas Proses Produksi dengan Metode Six Sigma di PT.Catur Pilar Sejahtera, Sidoarjo”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2, No.1, 2013.
[9]R.Hariri, R. Astuti dan d.M. Ikasari, “ Penerapan Metode Six Sigma Sebagai Upaya Perbaikan Untuk Mengurangi Pack Defect Susu Greenfields (Studi kasus pada PT. Greenfield Malang)”, Jurnal Teknologi Pertanian Vol. 14 No. 2 [Agustus 2013] 141-150
[10]S.K. Dewi, “Minimasi Defect Produk dengan Konsep Six Sigma”, Jurnal Teknik Industri, Vol. 13, No. 1, Februari 2012: 43–50
[11]I.Vitho, E.Ginting, Anizar “Aplikasi Six Sigma untuk Menganalisis Faktor Penyebab Kecacatan Produk Crumb Rubber Sir 20 pada PT. XYZ”, e-Jurnal Teknik Industri FT USU Vol 3, No. 4, November 2013 pp. 23-28
[12]A.L. Satrijo, Y. Sari, M.A. Hidayat “Perbaikan Kualitas Proses Produksi dengan metode Six Sigma di PT. Catur Pilar Sejahtera Sidoarjo”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.2, No.1, 2013
[13]Kotler, Philip , “Manajemen Pemasaran:Edisi Millenium Jilid 2” ,Jakarta:PT. Prenhallindo, 2002
[14]Farlow, Helen. 1979. Publicizing and Promoting Programs. New York:McGraw-Hill
[15]Brue, Greg. 2002. Six Sigma for Managers. Jakarta:Canary
[16]Stanton, William J. 1993.Prinsip Pemasaran, Terj.Sadu Sundaru, Jakarta:Erlangga
[17]Indriantoro, Nur., Bambang Supomo.2002. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akutansi dan Manajemen. Yogyakarta:BPPE
Published
2016-10-29
Section
Articles