RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN HURUF DAN ANGKA UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID

  • Kurniawan Kurniawan
  • Vivi Sahfitri
Keywords: Smartphone, Aplikasi Pembelajaran, Andorid, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan merupakan ujung tombak dalam membentuk insan yang cerdas dan kompetitif sehingga menghasilkan Sumber daya Manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi atau bersaing. Pendidikan yang baik harus dimulai dari usia dini. Dengan pendidikan yang tepat, akan dapat menghasilkan anak-anak bangsa yang berkualitas secara intelektual. Untuk dapat mencapai harapan tersebut, maka diperlukan metode yang tepat dalam memberikan pengetahuan bagi anak – anak sejak usia Dini. Metode yang tepat dapat memberikan pola pemikiran yang baik bagi anak-anak usia dini tersebut sehingga dapat menstimulsi ingatan mereka yang juga dapat menjadi dasar yang kuat dalam proses pengembangan intelektualitas anak-anak tersebut. Keberadaan smartphone saat ini memberikan kemudahan bagi anak- anak dalam belajar. Aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu anakanak yang dibangun di bawah platform android yang digunakan pada smartphone dapat membantu meningkatkan keinginan belajar anak-anak serta menstimulasi otak mereka untuk dapat mengingat pembelajaran yang telah mereka lihat serta lakukan melalui fasilitas pembelajaran pada smartphone tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pembelajaran untuk anak usia dini berbasis android. Metode pemgembangan sistem yang digunakan adalah model Waterfall. Aplikasi yang dibangun diharapkan dapat membantu anak-anak usia dini untuk belajar baik untuk mengenal angka, mengenal huruf, mengenal kata dan berhitung.

References

[1] E. Mulyasa. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara,2008.
[2] Hafifah, Hana. 2013. Karateristik Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Dini. Maret 20, 2013.(Online) http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/2186/2012
[3] Mayer, R.E., & Wittrock, M.C. Problem-solving transfer. In D. Berliner & R. Calfee (Eds.), Handbook of Educational Psychology. New York: MacMillan. 2008.
[4] Wina Sanjaya. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana
[5] Morrison, Gary R., Steven M. Ross, & Jerrold E. Kemp. (2004).Design effective instruction, (4th Ed.). New York: John Wiley & Sons
[6] A As, Rosa. 2011 , Modul PembelajaranRekayasa Perangkat Lunak, Modula,Bandung.
[7] Pressman, R.D.(2010).Software Engineering: a Practitoner’s approach McGraw-Hill, New York.
Published
2018-05-18
Section
Articles