STUDI PERBANDINGAN ALGORITMA RSA DAN ALGORITMA EL-GAMAL

  • Cindy Himawan
  • Toni Wibowo
  • Budi Sulityo
  • Rusdianto Roestam
  • Yuyu Wahyu
  • RB. Wahyu
Keywords: Enkripsi, Dekripsi, kriptografi, Algoritma RSA, Algoritma El-Gamal

Abstract

Dengan kemajuan teknologi saat ini sangat memudahkan masyarakat untuk berkomunikasi. Namun, tingkat keamanan masih rendah sehingga memungkinkan informasi yang disampaikan dapat bocor kepada pihakpihak yang tidak berkepentingan. Oleh karena itu diperlukan suatu software yang mampu melakukan enkripsi terhadap data teks, sehingga hanya orang yang dituju yang dapat mengetahui isi pesan setelah melalui proses dekripsi terlebih dahulu. Aplikasi enkripsi dan dekripsi pesan dapat meningkatkan tingkat keamanan pada layanan yang memerlukan kerahasiaan pesan. Hal ini dapat mengurangi bocornya informasi kepada pihakpihak yang tidak berkepentingan. Untuk meningkatkan keamanan dalam aplikasi enkripsi dan dekripsi pesan, perlu digunakan algoritma yang handal. Banyak metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hingga akhirnya pada tahun 1976 muncul suatu sistem kriptografi baru, yaitu kriptografi kunci publik. Hingga saat ini ada beberapa algoritma kriptografi kunci publik yang sering digunakan yaitu Algoritma RSA dan Algoritma El-Gamal. Kedua algoritma tersebut memiliki perbedaan dalam proses pembangkitan kunci publik dan privat, serta perbedaan dalam proses enkripsi dan dekripsi. Pada penelitian ini, akan dicoba untuk melakukan studi perbandingan dari kedua algoritma tersebut, sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangan dari kedua algoritma tersebut.

References

[1] A. J. Menezes, P. C. van Oorschot, and S. A. Vanstone. “Chapter 8 Public Key Encryption”. Handbook of Applied Cryptography.
[2] J. Slagell, Adam. 2001.A Simple, Portable And Expandable Cryptographic Application Program Interface
[3] Johan Håstad, transcribed by Johan Linde. 2006. “Lecture 7: ElGamal and Discrete Logarithms”. Foundations of Cryptography.
[4] Bailey, Tammy. 2004. “Lecture 16: Implementing RSA Encryption in Java”. Principles Of Computer Science. http://db.cs.duke.edu/courses/cps001/ summer04/lectures/Lecture16.pdf..
[5] Indra, Nikolaus. 2011. Analisis dan Perbandingan Kecepatan Algoritma RSA dan Algoritma ElGamal. Makalah IF3058 Kriptografi – Sem. II Tahun 2010/2011. Institut Teknologi Bandung.
[6] Chandra, Wiko. 2012. Perbandingan Algoritma Kunci Public RSA dan ElGamal. Makalah IF3058 Kriptografi – Sem. II Tahun 2011/2012. Institut Teknologi Bandung.
[7] Mulya, Megah. 2013. Perbandingan Kecepatan Algoritma Kriptografi Asimetris. Journal of Research in Computer Science and Applications – Vol. I, No. 2, Januari2013. Universitas Sriwijaya. Do My Best: How to get java cpu usage (jvm instance). http://knight76.blogspot.co.il/2009/05/how-to-get-javacpu-usage-jvm-instance.html Waktu akses : 12 Agustus 2014 pukul 21.15. Vogel, Lars. 2014. Java Performance - Memory and Runtime Analysis – Tutorial. http://www.vogella.com/tutorials/Java Performance/article.html Waktu akses : 12 Agustus 2014 pukul 21.30
Published
2016-10-29
Section
Articles