DESAIN KRIPTOGRAFI CBC MODIFIKASI PADA PROSES PENGAMANAN PESAN MELALUI EMAIL

  • Nur Rochmah D.P.A, ST, M.Kom
  • Ardiansyah ST., M.Cs
Keywords: Kriptografi, CBC modifikasi, E-Document

Abstract

Keamanan data untuk pertukaran data berbasis internet menjadi suatu keharusan karena jaringan internet yang bersifat publik dan global pada dasarnya kurang aman. Begitu juga untuk E-dokumen yang menggunakan media internet dalam pertukaran datanya. E-document dapat berupa e-mail atau dokumen dalam pesan e-mail. Metode yang banyak digunakan salah satunya dengan teknik penyandian atau kriptografi. Dengan memodifikasi Algortima kriptografi maka tingkat kekuatan dari penyadap (attacker) algoritma dapat ditingkatkan. Modifikasi CBC dengan menggabungkan metode vigenere dan transposisi telah terbukti dapat digunakan pada data/file berbentuk teks. Untuk lebih membuktikan keberhasilan CBC modifikasi maka akan dibuat aplikasi pengamanan e-document menggunakan konsep kriptografi CBC modifikasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan tahapan perancangan system dengan menggunakan use case diagram, activity diagram dan sequence diagram. Dan mengimplementasikannya dalam bahasa pemrograman. Testing dilakukan untuk membuktikan bahwa pada proses enkripsi, plainteks dapat dirubah dalam bentuk cipherteks. Dalam bentuk cipherteks inilah maka document akan terkirimkan lewat email. Setelah terkirim maka akan dibuktikan bahwa cipherteks dapat dikembalikan kedalam bentuk plainteks (pesan asli) dengan proses dekripsi.

References

[1] Alfred J. Menezes,Paul C. van Oorschot , “Handbook of Applied Kriptografi , CRC Press, 1997
[2] Alyas Rano, “Hybrid Cryptosystem Untuk Pengamanan E-Dokumen Menggunakan Algoritma Rc4, Rsa Dan Md5”, naskah publikasi, amikom Yogyakarta, 2014
[3] Amorita Kurnia Dewi, Nia Kaniawati, dan Rizki Hustiniasari; 2010; Keamanan Blok Cipher dengan Algoritma COBRA-F64; http://www.informatika.org/ ~rinaldi/Kriptografi/Makalah/Keamanan Blok Cipher dengan Algoritma COBRAF64.pdf ; diakses 04 Sept 2010.
[4] Hadi Ahmaddul, “Rancang bangun sistem pengamanan dokumen pada sistem informasi akademik dengan menggunakan digital signature”, jurnal teknologi informasi dan pendidikan vol.6 no.2 september 2013.
Published
2016-10-29
Section
Articles