PERANCANGAN APLIKASI RESEP MAKANAN TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN AGILE PROCESS DENGAN MODEL EXTREME PROGRAMMING BERBASIS ANDROID
Keywords:
Resep Tradisional, Agile Proses, Extreme Programming, Android, `
Abstract
Indonesia adalah suatu negara yang sangat beragam seni budayanya, dan masakan kulinernya pun
beragam. Makanan khas merupakan identitas suatu daerah yang dapat membedakan keberadaan dengan daerah
lain. Kekayaan kuliner Indonesia tiap daerah diwariskan dari generasi ke generasi hanya dengan lisan sehingga
sukar untuk dapat diketahui secara pasti kapan keberadaan makanan khas tersebut.
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi saat ini yang sangatlah pesat sehingga penerapan
teknologi informasi dapat dimanfaatkan pada kehidupan manusia. Salah satu teknologi Sistem Operasi yang
berkembang pesat saat ini adalah Android. Extreme Programming merupakan salah satu model yang ada dalam
pendekatan agile process (pengembangan perangkat lunak jangka pendek). Extreme Programming mencoba
meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas melalui berbagai prinsip dan teknik praktis pengembangan perangkat
lunak. Oleh karena itu model Extreme Programming digunakan dalam pembangunan aplikasi aneka resep
makanan tradisional Indonesia berbasis Android.
Aplikasi yang dibuat ini bertujuan untuk mulai menggali dan mengenal kembali masakan-masakan
tradisonal yang ada di tanah air yang dapat diakses melalui ponsel atau tablet PC.
References
[1]. Andi Sunyoto, 2011, Adobe Flash + XML =Rich Multimedia Application, Andi,Palembang
[2]. Chandra, 2011, Flash CS5 untuk OrangAwam, Maxikom, Palembang
[3]. Ferdiana, R. 2012, Rekayasa Perangkat Lunak yang Dinamis dengan Global Extreme Programming,. Yogyakarta: Penerbit Andi
[4]. Irawan, 2009, Java Mobile untuk Orang Awam, Maxikom, Palembang
[5]. Irawan, 2008, Javascript untuk Orang Awam,2 th ed, Maxikom, Palembang
[6]. Jogiyanto. 2009, .Sistem Teknologi Informasi (Edisi III). Yogyakarta: Andi Publisher
[7]. M.Suyanto , 2003, Competition - Multimedia System, Penerbit Andi, Yogyakarta.
[8]. Pressman, R. S. 2010. Software Engineering a Practitioner's Approuch,. New York: McGraw-Hill
[9]. Wahana Komputer, 2014, Mudah Membuat Game Android Berbasis Adobe Air, Soft Cover, Andi Publisher
[10]. Yuniar Supardi, 2012, Sistem Operasi Andal Android, Soft cover, Gramedia Direct
[11]. http://kulinerwisatamasakan.com/WordPress.com/about., diakses pada tanggal 17 April 2016
[12]. http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id /Downloads/files/15392 /2+definisi +dan+simbol.,diakses pada tanggal 4 April 2016
[13]. http://wsilfi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12874 /Struktur+Navigasi.pdf., diakses pada tanggal 1 1 Mei 2016
[14]. http://widyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/20386/(9)Konsep+storyboard.pdf,diakses pada tanggal 14 Agustus 201 5
[2]. Chandra, 2011, Flash CS5 untuk OrangAwam, Maxikom, Palembang
[3]. Ferdiana, R. 2012, Rekayasa Perangkat Lunak yang Dinamis dengan Global Extreme Programming,. Yogyakarta: Penerbit Andi
[4]. Irawan, 2009, Java Mobile untuk Orang Awam, Maxikom, Palembang
[5]. Irawan, 2008, Javascript untuk Orang Awam,2 th ed, Maxikom, Palembang
[6]. Jogiyanto. 2009, .Sistem Teknologi Informasi (Edisi III). Yogyakarta: Andi Publisher
[7]. M.Suyanto , 2003, Competition - Multimedia System, Penerbit Andi, Yogyakarta.
[8]. Pressman, R. S. 2010. Software Engineering a Practitioner's Approuch,. New York: McGraw-Hill
[9]. Wahana Komputer, 2014, Mudah Membuat Game Android Berbasis Adobe Air, Soft Cover, Andi Publisher
[10]. Yuniar Supardi, 2012, Sistem Operasi Andal Android, Soft cover, Gramedia Direct
[11]. http://kulinerwisatamasakan.com/WordPress.com/about., diakses pada tanggal 17 April 2016
[12]. http://tri_s.staff.gunadarma.ac.id /Downloads/files/15392 /2+definisi +dan+simbol.,diakses pada tanggal 4 April 2016
[13]. http://wsilfi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12874 /Struktur+Navigasi.pdf., diakses pada tanggal 1 1 Mei 2016
[14]. http://widyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/20386/(9)Konsep+storyboard.pdf,diakses pada tanggal 14 Agustus 201 5