Pengaruh Lingkungan Kerja, Gaji dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Pegawai

  • Lidia Wati Universitas Bumigora
  • Ikang Murapi universitas bumigora
  • Muliani Muliani Universitas Bumigora
Keywords: Gaji, Kinerja Pegawai, Lingkungan Kerja, Pengembangan Sumber Daya Manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Kerja, Gaji dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap Kinerja Pegawai (studi kasus di kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lombok Tengah). Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lingkungan Kerja tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai dengan nilai signikan 0,538, Gaji pegawai tidak berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai dengan nilai signifikan 0,221, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai dengan nilai signifikan 0,002. Hasil dari koefisien determinasi diperoleh R2 sebesar 0,256 atau 25,6%. dapat diartikan bahwa 25,6% Kinerja Pegawai dipengaruhi oleh Lingkungan Kerja, gaji dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sedangkan sisanya 74,4% dipengaruhi oleh factor lain diluar penelitian.

References

Rizal Nabawi, (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Aceh Tamiang., Jurnal Ilmiah Magister Manajemen,. Vol. 2.
M Ikhwan Maulana Haeruddin (2017), Penagruh Gaji dan insentif Terhadap KInerja Karyawan Dan Organisational Ciizenship Behaviour (OCB) Pada Hotel Grand Clarion Di Makassar, Skripsi.
Nur Selviana (2018), Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Takalar, Skripsi.
Suprianto. (2012), Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Bappeda Kabupaten Bantaeng, Skripsi.
Siti Rahmi, (2017), Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bantaeng, Skripsi.
Maulil Amri, (2018). Pengaruh Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada BAPPEDA Kabupaten Bantaeng,.Skripsi.
Hasibuan, Malayu S.P, (2009), Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pustaka Belajar. Yogyakarta, 2009.
Liza Wahyuni, (2022). Pengaruh Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Pemanfataan E- commerce, dan Lama Usaha Terhadap Peningkatan Pendapatan Pengusaha Mikro di Kecamatan Kopang,.Skripsi.
Diana Khairani Sofyan, (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kerja Pegawai BAPPEDA,.Skripsi.
Maya Silviani (2018), Pengaruh Pengalaman Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor BPKD (Badan Pengelolaan Keuangan Daera) Kab, Takalar, Skripsi.
Khairunnisa B, S. (2013), Pengaruh Gaji, Upah dan Tunjangan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Xyz. Jurnal Teknik Industri USU 3 (5), 219530,2015.
Muhammad Akbar Gumilar R, (2018). Pengaruh Gaji Dan Masa Kerja Terhadap Karyawan PT. Infomedia Nusantara di Bandung,. Skripsi.
Meinita Sirlahastuti (2021), Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Provinsi Sumatera Selatan, skripsi.
Sekaran, U. (2006). Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4 - Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Sekaran, U. (2016). Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4 - Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Sedarmayanti, N. (2018). Hubungan Budaya Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmu Administrasi: Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi 15 (1), 6377,2018.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D” (Bandung: ALFABETA, 2016) hlm 246.
Ghozali, I. (2018). SPSS Aplikasi Analisis Multivariate Statistik. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2023-03-31