Faktor-faktor yang Memengaruhi Digitalisasi Informasi Akuntansi pada UMKM di Kota Mataram

Factors Influencing the Digitization of Accounting Information on MSMEs in Mataram City

  • Luh Indah Wimala Dewi Universitas Mataram
  • Baiq Anggun Hilendri Universitas Mataram
  • Nungki Kartikasari Universitas Mataram
Keywords: Digitalisasi Sistem Informasi Akuntansi, Ketersediaan Sarana dan Prasarana, Kota Mataram,, Sumber Daya Manusia, Ukuran UMKM

Abstract

Produktivitas pelaku UMKM semakin mudah dan efisien berkat adanya perkembangan teknologi, mulai dari pembukuan secara digital, membayar pajak melalui sistem aplikasi, dan lain-lain. Permasalahan utama UMKM adalah mayoritas UMKM belum bankable, baik disebabkan oleh belum adanya manajemen keuangan yang transparan maupun kurangnya kemampuan dalam finansial dan manajerial. Faktanya, masih banyak para pelaku UMKM yang belum menyadari bahwa pencatatan keuangan dan pembukuan yang terorganisir dengan baik itu penting. Ketika pelaku usaha mikro berkembang dan harus dikelola secara profesional, maka pelaku usaha sudah siap dengan konsep manajemen modern tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Data primer penelitian ini diperoleh dari responden secara langsung atas jawaban kuesioner yang dibagikan kepada para pemilik atau manajemen UMKM. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 271 UMKM. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan yaitu sumber daya manusia serta ketersediaan sarana dan prasarana mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap digitalisasi informasi akuntansi, sedangkan ukuran UMKM mempunyai pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap digitalisasi informasi akuntansi.

References

Ajengtiyas, A., & Mashuri, S. (2020). Peningkatan Kualitas Penyusunan Laporan Keuangan Manual Menjadi Digitalisasi Akuntansi Sederhana Pada Pelaku Umkm Di Kabupaten Serang. 4, 92–101.
Budiyanto. (2014). Analisis Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Perusahaan Tenun Troso Jepara.
Christmastuti, A. A., & Nugroho, R. S. A. (2019). Accounting software for MSMEs: Organizational and personal factors based on TAM theory. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 19(1), 1–7.
Deegan, C. (2002). Introduction: The legitimising effect of social and environmental disclosures – a theoretical foundation. Accounting, Auditing & Accountability Journal.
Gani, A. G. (2021). Pengaruh Ukuran Organisasi Dan Keterlibatan Penguna Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Dan Pt Xyz. Jurnal Mitra Manajemen. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jmm/article/view/745
Hadi. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM Di Kabupaten Sragen.
Lawita, N. F., & Hardilawati, W. L. (2019). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Di Koperasi Kota Pekanbaru. Jurnal Akuntansi, 3(2), 1–13.
Meiliana, koes dan A. F. D. (2015). 566-1279-1-Sm. 27(1), 29–40.
Prastika, N. E., & Purnomo, D. E. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kota Pekalongan.
S. Saiful. (2003). Pengantar Statistika Pendidikan Teori dan Aplikasi. International Journal of Physiology, 6, 140–141.
Sudjana, N. L. A. S., & Sudana, I. P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Csrdengan Profile Perusahaan Sebagai Variabelpemoderasi. 19, 2468–2495.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Wahyudi. (2009). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Yogyakarta. https://doi.org/10.1038/132817a0
Published
2022-10-01