Panduan Penulisan

Panduan Penulisan Artikel Nutriology Jurnal

Syarat Artikel

Artikel yang akan di submit online ke nutriology jurnal harus memenuhi syarat wajib pengiriman arikel, adapun syarat-syarat yang harus diperhatikan adalah:

  • Naskah merupakan naskah   asli dan belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam proses peninjauan di tempat lain.
  • Format penulisan artikel menggunakan format penulisan (Template Nutriology Jurnal)
  • Naskah maksimal 12 halaman, menggunakan 2 kolom, spasi tunggal, Times New Romans, dengan ukuran font  11.
  • Judul harus singkat dan jelas maksimal 20 kata, diketik dengan huruf kapital di awal kata dengan ukuran font
  • Nama penulis tidak dituliskan gelar, jika penulis berasal dari institusi yang sama hanya ditulis satu asal institusi, dan jika penulis berasal dari institusi berbeda ditulis sesuai institusi asal masing masing penulis disertakan email penulis korespondensi.

 

Panduan Penulisan Artikel

Nutriology jurnal memiliki format (template) penulisan yang harus diikuti oleh penulis yang ingin mempublikasikan artikelnya di Nutriology Jurnal.

Format Penulisan

 Penulisan artikel menggunakan halaman dua kolom, Times New Romans, 11pt, spasi 1, Sub judul dipisahkan denagan Line Spacing (Before: 0, After 6, dengan urutan penulisan:

  1. Pendahuluan

Pendahuluan berisi tentang latar belakang dilakukannya penelitian, disertai dengan referensi dan data pendukung penelitian, atau penulisan yang akan di buat. Pendahulua ditulis dengan skema segitiga terbalik, dimulai dari hal-hal umum yang mengerucut sampai hal-hal pokok khusus, sehingga diperoleh intisari dari masalah penelitian yang menjadi dasar dilakukannya penelitian tersebut. Citation and Reference menggunakan Mendeley dengan format (IEEE Style).

  1. Metode

Metodologi berisi urutan metode yang digunakan beserta kajian teoritis dari setiap metode tersebut. Pada bagian ini dapat disertakan sumber ataupun literatur yang menjadi rujukan mengenai metode dan bagaimana metode tersebut akan diterapkan. Penyampaian metode dapat divisualisasikan dalam suatu gambar/diagram yang mampu  menyampaikan urutan kerja ataupun proses yang dipergunakan.

  1. Hasil

Hasil berisi tabel atau diagram yang kemudian dinarasikan yang mendeskripsikan  hasil penelitian tersebut. Hasil harus ditampilkan apa adanya tanpa adanya rekayasa ataupun modifikasi data.

Petunjuk penulisan tabel bisa di lihat di template nutriology jurnal.

  1. Pembahasan

Pembahasan hasil penelitian dapat diperkuat dengan kajian pustaka ataupun literature rujukan yang mendukung hasil penelitian. Uraian dalam pembahasan perlu cermat dalam membahas hasil yang diperoleh terhadap masalah/pokok bahasan yang dikemukakan dalam tulisan. Pembahasan dapat dimungkinkan berupa uraian pemahaman secara ilmiah terhadap ide ataupun gagasan yang dikemukakan dalam tulisan.

  1. Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan, menyampaikan inti secara kritis,  sederhana namun mampu menjawab pokok permasalahan yang diangkat. Saran, berisi hal-hal lain yang perlu disampaikan, yang dapat menjadi solusi dalam pemecahan masalah penelitian.

  1. Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih untuk pihak-pihak yang membantu dalam  pelaksanaan penelitian.

  1. Reference

Bagian ini memuat semua rujukan dan literature yang digunakan dalam penulisan.Semua referensi yang disebutkan harus dirujuk didalam tulisan. Minimal referensi yang digunakan dalam satu artikel ialah 5 referensi. Daftar referensi yang dibuat wajib menggunakan tools reference manager seperti MENDELEY  dengan style citation IEEE

Contoh:

[1] S. A. Adefegha, “Functional Foods and Nutraceuticals as Dietary Intervention in Chronic Diseases; Novel Perspectives for Health Promotion and Disease Prevention,” J. Diet. Suppl., vol. 15, no. 6, pp. 977–1009, 2018.

[2]  M. N. Vella, L. M. Stratton, J. Sheeshka, and A. M. Duncan, “Functional food awareness and perceptions in relation to information sources in older adults,” Nutr. J., vol. 13, no. 1, p. 44, Dec. 2014.