Analisis Kepuasan Pengguna Website SMK Negeri 2 Palembang Menggunakan Regresi Linear Berganda

  • Eka Hartati Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Palcomtech
  • Ria Indriyani Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Palcomtech
  • Indah Trianingsih Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Palcomtech
Keywords: Kepuasan Pengguna, Regresi Linear Berganda, Website, Informasi, Variabel

Abstract

Website merupakan salah satu alat yang dirasa cocok untuk membantu memenuhi kebutuhan informasi akademis termasuk SMK Negeri 2 Palembang salah satu peranan pihak sekolah sebagai media sumber informasi dan pendidikan dimana yang menjadi informasi resmi bagi program atau informasi yang ingin disampaikan. SMK Negeri 2 Palembang. SMK Negeri 2 Palembang memiliki situs website resmi dengan alamat http://smkn2palembang.sch.id/ sebagai sarana menginformasikan kepada guru, siswa dan siswi, Bagaimana mengukur dan menganalisa kualitas website SMK Negeri 2 Palembang berdasarkan model kualitas kepuasan pengguna (user satisfaction) yang terdiri dari variabel ease of use, customization, download delay dan content. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 363 responden yang terdiri dari guru, pegawai dan siswa, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung ke responden. Berdasarkan hasil uji regresi linier menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi untuk keempat variabel yaitu ease of use, customization, download delay dan content bernilai positif berarti bahwa jika nilai keempat variabel semakin baik, maka kepuasan pengguna akan meningkat

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] M. Suhartanto, “Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu dengan Menggunakan php dan MySQL,” Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2012.
[2] D. E. Hendrianto, “Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website pada SMPN 1 Donorojo Kabupaten Pacitan,” Indonesian Journal of Networking and Security, vol. 3, no. 4, pp. 57–64, 2014.
[3] D. I. Sensuse and S. H. Prayoga, “Analisis Usability Pada Aplikasi Berbasis Web dengan Mengadopsi Model Kepuasan Pengguna (User Satisfaction),” Jurnal Sistem Informasi, vol. 6, no. 1, pp. 70–79, 2010.
[4] R. D. Risanty and A. Sopiyan, “Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FT-UMJ) dengan Metode Polling,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 2017, no. November, pp. 1–9.
[5] F. R. Putra, H. N. Utami, and M. S. Hakam, “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan PT. Naraya Telematika Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2013.
[6] I. N. S. Wahyu Wijaya and K. J. Atmaja, “Pengembangan Sistem Evaluasi Kinerja Dosen (E-Kuesioner) STMIK STIKOM Indonesia,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 8, no. 1, p. 55, 2019.
[7] A. Tahendrika, “Pengguna Motor Suzuki pada Bengkel PT Sinar Galesong Pratama Makassar,” Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan, vol. 1, no. 3, pp. 85–99, 2015.
[8] F. Fellasari and Y. I. Lestari, “Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dengan Kematangan Emosi Remaja,” Jurnal Psikologi, vol. 12, no. 2, p. 84, 2016.
[9] S. R. Sanusi, “Beberapa Uji Validitas dan Reliabilitas pada Instrumen Penelitian,” Repository Universitas Sumatera Utara. pp. 113–116, 2010.
[10] A. A. Gunawan and H. P. Sunardi, “Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Gesit Nusa Tangguh,” Ilmiah Manajemen Bisnis, vol. 16, no. 1, pp. 1–12, 2016.
[11] D. Fahmeyzan, S. Soraya, and D. Etmy, “Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosi,” Jurnal Varian, vol. 2, no. 1, pp. 31–36, 2018.
[12] S. P. Dewi, “Pengaruh Pengendalian Internal dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan SPBU Yogyakarta (Studi Kasus pada SPBU Anak Cabang Perusahaan RB.Group),” Nominal, Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, vol. 1, no. 1, 2012.
[13] E. Triyanto, H. Sismoro, and A. D. Laksito, “Implementasi Algoritma Regresi Linear Berganda untuk Memprediksi Produksi Padi di Kabupaten Bantul,” Rabit : Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, vol. 4, no. 2, pp. 66–75, 2019.
[14] Triyanto_Evan, “Ervan Triyanto, 2) Heri Sismoro, 3) Arif Dwi Laksito,” vol. 4, no. 2, pp. 73–86, 2019.
[15] C. Montolalu and Y. Langi, “Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test),” d’Cartesian: Jurnal Matematika dan Aplikasi, vol. 7, no. 1, p. 44, 2018.
[16] D. Ariani and B. M. Dwiyanto, “Analisis Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi pada Industri Kecil dan Menengah Makanan Olahan Khas Padang Sumatera Barat),” Jurnal Studi Manajemen Organisasi, vol. 10, no. 2, pp. 30–39, 2013.
Published
2020-09-29
How to Cite
Hartati, E., Indriyani, R., & Trianingsih, I. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Website SMK Negeri 2 Palembang Menggunakan Regresi Linear Berganda. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(1), 47-58. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.736
Section
Articles