Pembuatan Motion Graphic untuk Media Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Sisa Hasil Pertanian
DOI:
https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.725Keywords:
Pascapanen, Limbah, Pertanian, Sosialisasi, Motion GraphicAbstract
Inovasi teknologi yang memanfaatkan limbah sisa hasil pertanian telah banyak yang berhasil dibuat. Diantaranya yaitu biosilika, asap cair, dan biofoam. Hasil inovasi teknologi yang dihasilkan perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Sosialisasi di masyarakat masih belum optimal jika hanya mengandalkan media cetak atau penyuluhan secara langsung ke masyarakat di lapangan. Salah satu upaya terbaik yang dapat dijadikan untuk sosialisasi adalah dengan pemanfaatan media sosial. Hasil inovasi ini sangat penting untuk disampaikan dalam bentuk yang menarik agar dapat diterima dengan baik informasinya oleh masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan pembuatan motion graphic sebagai media sosialisasi yang menarik terkait pemanfaatan limbah sisa hasil pertanian. Terdapat beberapa tahapan dalam pembuatan motion graphic pemanfaatan limbah sisa hasil pertanian. Tahapan tersebut antara lain perancangan konsep, perancangan, pengumpulan bahan, implementasi, pengujian, revisi, presentasi, dan publikasi. Motion graphic pemanfaatan limbah sisa hasil pertanian ini berisi informasi mengenai dampak limbah sisa hasil pertanian, manfaat inovasi dari limbah sisa hasil pertanian, dan proses pembuatannya. Penelitian ini bekerja sama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) yang merupakan institusi penelitian dan pengembangan pertanian.
Downloads
References
[2] M. Stickdorn, M. Hormess, A. Lawrence, and J. Schneider, This Is Service Design Doing: applying service design thinking in the real world (a practitioner’s handbook). California: O’Reilly Media, Inc, 2018.
[3] P. Soenyonto, Animasi 2D. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.
[4] Rahayu, Desain Multimedia. Malang: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2013.
[5] Y. Arifin, M. Ricky, and V. Yesmaya, Digital Multimedia, 1st ed. Jakarta: PT Widia Inovasi Nusantara, 2015.
[6] M. Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.
[7] A. Budy Saputra, “Pembuatan Motion Graphic Sebagai Media Promosi Untuk Proyek Datsun Sigap,†Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 2, pp. 84–97, 2018.
[8] W. S. Fitriani, “Pembuatan Produk Multimedia Sebagai Media Perusahaan di PT Sucofindo Program Studi Manajemen Informatika,†Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor, 2020.
[9] V. Kharishma, R. Firnandi, M. Iqbal, and E. D. Krishnasari, “Perancangan Motion Graphic untuk Iklan Layanan Masyarakat Berjudul Go Green dengan Rumah Ekologis,†Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2018.
[10] A. Saputra, “Pembuatan Motio Graphic Sebagai Media Promosi untuk Proyek Purna Jual Datsun Sigap,†Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 2018.
[11] U. Arni, Konsep Pembuatan Video Pra Produksi. Jakarta: Garuda Cyber Indonesia, 2018.
[12] R. Topatimasang, Y. Atmaja, and A. Aziz, Video Komunitas: Memahami, Membuat, Menggunakan & Mengembangkan Video sebagai Media Pendidikan Masyarakat & Pengorganisasian Rakyat. Yogyakarta: INSISTPress, 2007.
[13] A. Suandi, K. Nidaul, and E. Retnoningsih, “Pengujian Sistem Informasi E-commerce Usaha Gudang Cokelat Menggunakan Uji Alpha dan Beta,†Information System For Educators And Professionals, vol. 2, no. 1, pp. 61–70, 2017.
[14] R. Kurniadi, “Penerapan Animasi Sebagai Panduan Cara Mengurus Kehilangan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Berbasis Motion Graphic,†Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, 2019.
[15] N. Ismiani, Modul Strategi Image/Soft Sell. Jakarta: Universitas Mercubuana, 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
How to Cite
Similar Articles
- Hety Handayani Hidayat, Ardiansyah Ardiansyah, Poppy Arsil, Laras Isna Rahmawati, Pemetaan Kata Kunci dan Polaritas Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Kehalalan Produk , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 1 (2021)
- Adjie Wahyudinata, Harya Bima Dirgantara, Pengembangan Gim Edukasi 2D Pemilahan Sampah Daur Ulang Berbasis Android , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 1 (2020)
- Jihadil Qudsi S., Anthony Anggrawan, EVALUASI PRODUK PEMBELAJARAN MULTIMEDIA (PELIN) EVALUATION OF LEARNING MULTIMEDIA PRODUCT (PELIN) , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 16 No. 1 (2016)
- Gustin Setyaningsih, Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo, Debby Ummul Hidayah, Penerapan Aplikasi Media Pembelajaran pada SMP N 1 Nusawungu Berbasis Smartphone Android , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 18 No. 2 (2019)
- Ahmat Adil, Bambang Krismono Triwijoyo, Sistem Informasi Geografis Pemetaan Jaringan Irigasi dan Embung di Lombok Tengah , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 20 No. 2 (2021)
- Mukhlis Mukhlis, Puput Yuniar Maulidia, Achmad Mujib, Adi Muhajirin, Alpi Surya Perdana, Integration of Deep Learning and Autoregressive Models for Marine Data Prediction , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 1 (2024)
- Ni Gusti Ayu Dasriani, Mayadi Mayadi, Anthony Anggrawan, Klasterisasi Lokasi Promosi PMB Dengan Fuzzy C-means Masa Pandemi Covid 19 , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 2 (2022)
- Syahril Efendi, Poltak Sihombing, Sentiment Analysis of Food Order Tweets to Find Out Demographic Customer Profile Using SVM , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 3 (2022)
- Bambang Krismono Triwijoyo, Ahmat Adil, Anthony Anggrawan, Convolutional Neural Network With Batch Normalization for Classification of Emotional Expressions Based on Facial Images , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 21 No. 1 (2021)
- M Safii, Rika Setiana, Population Prediction Using Multiple Regression and Geometry Models Based on Demographic Data , MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer: Vol. 24 No. 1 (2024)
You may also start an advanced similarity search for this article.