Pembuatan Motion Graphic untuk Media Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Sisa Hasil Pertanian

  • Sofiyanti Indriasari Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
  • Beby Natasha Hutagalung Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor
Keywords: Pascapanen, Limbah, Pertanian, Sosialisasi, Motion Graphic

Abstract

Inovasi teknologi yang memanfaatkan limbah sisa hasil pertanian telah banyak yang berhasil dibuat. Diantaranya yaitu biosilika, asap cair, dan biofoam. Hasil inovasi teknologi yang dihasilkan perlu disosialisasikan kepada masyarakat. Sosialisasi di masyarakat masih belum optimal jika hanya mengandalkan media cetak atau penyuluhan secara langsung ke masyarakat di lapangan. Salah satu upaya terbaik yang dapat dijadikan untuk sosialisasi adalah dengan pemanfaatan media sosial. Hasil inovasi ini sangat penting untuk disampaikan dalam bentuk yang menarik agar dapat diterima dengan baik informasinya oleh masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan pembuatan motion graphic sebagai media sosialisasi yang menarik terkait pemanfaatan limbah sisa hasil pertanian. Terdapat beberapa tahapan dalam pembuatan motion graphic pemanfaatan limbah sisa hasil pertanian. Tahapan tersebut antara lain perancangan konsep, perancangan, pengumpulan bahan, implementasi, pengujian, revisi, presentasi, dan publikasi. Motion graphic pemanfaatan limbah sisa hasil pertanian ini berisi informasi mengenai dampak limbah sisa hasil pertanian, manfaat inovasi dari limbah sisa hasil pertanian, dan proses pembuatannya. Penelitian ini bekerja sama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) yang merupakan institusi penelitian dan pengembangan pertanian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Y. Anggraini, C. Antoni, and S. Prasetyaningsih, “Analisis dan Implementasi Motion Grafis Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dengan Metode Semiotika Peirce,” Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 1, no. 1, pp. 64–82, 2018.
[2] M. Stickdorn, M. Hormess, A. Lawrence, and J. Schneider, This Is Service Design Doing: applying service design thinking in the real world (a practitioner’s handbook). California: O’Reilly Media, Inc, 2018.
[3] P. Soenyonto, Animasi 2D. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017.
[4] Rahayu, Desain Multimedia. Malang: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2013.
[5] Y. Arifin, M. Ricky, and V. Yesmaya, Digital Multimedia, 1st ed. Jakarta: PT Widia Inovasi Nusantara, 2015.
[6] M. Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.
[7] A. Budy Saputra, “Pembuatan Motion Graphic Sebagai Media Promosi Untuk Proyek Datsun Sigap,” Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 2, pp. 84–97, 2018.
[8] W. S. Fitriani, “Pembuatan Produk Multimedia Sebagai Media Perusahaan di PT Sucofindo Program Studi Manajemen Informatika,” Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor, 2020.
[9] V. Kharishma, R. Firnandi, M. Iqbal, and E. D. Krishnasari, “Perancangan Motion Graphic untuk Iklan Layanan Masyarakat Berjudul Go Green dengan Rumah Ekologis,” Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2018.
[10] A. Saputra, “Pembuatan Motio Graphic Sebagai Media Promosi untuk Proyek Purna Jual Datsun Sigap,” Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 2018.
[11] U. Arni, Konsep Pembuatan Video Pra Produksi. Jakarta: Garuda Cyber Indonesia, 2018.
[12] R. Topatimasang, Y. Atmaja, and A. Aziz, Video Komunitas: Memahami, Membuat, Menggunakan & Mengembangkan Video sebagai Media Pendidikan Masyarakat & Pengorganisasian Rakyat. Yogyakarta: INSISTPress, 2007.
[13] A. Suandi, K. Nidaul, and E. Retnoningsih, “Pengujian Sistem Informasi E-commerce Usaha Gudang Cokelat Menggunakan Uji Alpha dan Beta,” Information System For Educators And Professionals, vol. 2, no. 1, pp. 61–70, 2017.
[14] R. Kurniadi, “Penerapan Animasi Sebagai Panduan Cara Mengurus Kehilangan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Berbasis Motion Graphic,” Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, 2019.
[15] N. Ismiani, Modul Strategi Image/Soft Sell. Jakarta: Universitas Mercubuana, 2010.
Published
2020-09-29
How to Cite
Indriasari, S., & Hutagalung, B. (2020). Pembuatan Motion Graphic untuk Media Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Sisa Hasil Pertanian. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(1), 203-212. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.725
Section
Articles