https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/income/issue/feed Income : Digital Business Journal 2024-03-07T14:19:04+08:00 Lalu Yayan Ardiansyah bisnisdigital@universitasbumigora.ac.id Open Journal Systems <p>Income merupakan jurnal dari prodi bisnis digital universitas bumigora, Income berfokus pada bidang ekonomi dan bisnis.</p> https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/income/article/view/DOI Analisis Pengaruh Perencanaan Strategis Terhadap Keberhasilan Perusahaan 2024-03-07T14:17:06+08:00 Maghfira Rizky Maulani maghfira@universitasbumigora.ac.id Lalu Jatmiko Jati jatmiko@universitasbumigora.ac.id Logi Mulawarman logi@universitasbumigora.ac.id M. Wisnu Alfiansyah Wisnu@universitasbumigora.ac.id Anil Tribulan Aniltribulan@gmail.com <p><em>Toko Depi R</em><em>TN</em><em> merupakan sebuah perusahaan perdagangan yang bergerak dibidang perdagangan grosir pakaian.</em><em> Fenomena yang terjadi dalam penelitian ini yaitu fenomena boomingnya perusahaan Depi RTN di tengah-tengah masyarakat Kota Mataram, khususnya di kalangan remaja dan mahasiswa Kota Mataram. </em><em>Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini</em><em>. Dasar strategi pemasaran D</em><em>epi R</em><em>TN</em> <em>menggunakan</em><em> dua strategi yaitu </em><em>pemasaran </em><em>offline dan </em><em>pemasaran </em><em>online.</em> <em>Strategi utama yang menjadi fokus lebih perusahaan adalah pemasaran secara digital. Pemilihan strategi ini sudah melalui riset pasar yang berkesinambungan untuk mendapatkan informasi-informasi penting mengenai harapan konsumen. Penerapan strategi pemasaran yang tepat telah dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan</em> <em>m</em><em>emanfaat</em><em>kan</em><em> semua media </em><em>sosial </em><em>yang ada di internet seperti Shopee, Tiktok</em><em>, Facebook, Instagram</em><em> dan marketplace lainnya</em><em>. Apa yang telah dilakukan Depi RTN adalah strategi yang sangat baik karna strategi tersebut bersumber dari hasil penelitian yang dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan para konsumen dan strategi tersebut mampu menghasilkan profit untuk perusahaan dan keberlanjutan bisnis karna konsumen Depi RTN terus meningkat. Peningkatan konsumen ini terbukti dengan fenomena yang terjadi yaitu fenomena boomingnya perusahaan Depi RTN di tengah-tengah masyarakat Kota Mataram, khususnya di kalangan remaja dan mahasiswa Kota Mataram.</em></p> 2024-01-03T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/income/article/view/3522 The Management Control System and Implementation of Internet Mobile Banking Applications to Improve Employee Performance at PT. Indonesian Sharia Bank 2024-03-07T14:19:04+08:00 Bukran Bukran bukran@universitasbumigora.ac.id Lalu Jatmiko Jati jatmiko@universitasbumigora.ac.id <p>Management control system is a system used by management to influence members of the organization to carry out organizational strategies and policies efficiently and effectively in order to achieve organizational goals. Employee performance is one of the factors in measuring the success of the company's control system, an individual's ability to do the job in accordance with what has been given to him. This study aims to determine the effect of management control system efficiency on employee performance at Bank Syariah Indonesia KC Mataram. Bank Syariah Indonesia is a company that recently merged with 3 other Islamic bank companies. This type of research uses qualitative research methods. Qualitative research is research that intends to understand the phenomenon of what is experienced by research subjects. With this merger, researchers want to know whether there is a decrease or increase in the quality of employee performance.</p> 2024-01-04T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/income/article/view/3550 Komunikasi Pemasaran Sampoerna Hijau Dalam Poster Untuk Memperluas Sektor Daya Beli Konsumen 2024-03-07T11:06:52+08:00 Risyaf Kudus Pranasa risyaf.kudus@universitasbumigora.ac.id Ashar Banyu Lazuardi ashar_banyu@universitasbumigora.ac.id <p><strong><em>The main goal of marketing communications is to increase sales and build strong relationships with customers. This can be proven by the increasing number of new entrepreneurs emerging, especially entrepreneurs operating in the fieldmarketing on line. One of them is a product accountcigarette ieSampoerna Green. Sampoerna Green known as a manufacturerkretek type cigarettes which has long been known to the Indonesian people.This type of research uses a qualitative descriptive research approach. Qualitative research methods are research that aims to understand the phenomena experienced by research subjects, for example behavior, perceptions, motivations, actions and so on in a holistic manner. In practice, marketing strategies via Instagram accounts such as those carried out by the Sampoerna Hijau account have indeed mushroomed on social media, not only carried out by accounts with large numbers of followers, but also Instagram accounts with less than 100 thousand followers. carry out advertisements by using figures or artists who are considered capable of conveying their communication messages. Sampoerna Hijau is very aggressive in building branding to become Kretek Cigarettes which are described as having closeness between friends or companions. Sampoerna Hijau really understands how to build emotions in the audience or consum.</em></strong></p> 2024-01-04T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/income/article/view/3558 Pemanfaatan media marketing pada aplikasi Instagram untuk meningkatkan omset penjualan 2024-03-07T11:11:39+08:00 Widia Febriana WidiaSTDN@gmail.com Rina Komala rina@universitasbumigora.ac.id Rizal Ramdani rizal@universitasbumigora.ac.id <p>Era digital adalah sebuah masa atau zaman dimana hampir seluruh bidang dalam tatanan kehidupan sudah dibantu dengan teknologi digital. Pada era digital, pola berbelanja masyarakat menjadi bergeser, kegiatan yang awal mulanya dilakukan dengan cara bertemu dan bertatap muka secara langsung atau melalui media konvensional seperti televisi, radio bahkan koran. Digital marketinga dalah sebuah kegiatan mempromosikan produk atau jasa (branding) yang dilakukan lewat website maupun media sosial. Aplikasi Instagram di&nbsp; Indonesia banyak dimanfaatkan untuk&nbsp; berkreativitas hingga berbisnis oleh masyarakat. Salah satu akun&nbsp; Instagram yang aktif dalam menggunakan aplikasi ini sebagai digital marketing adalah @azkyarahijabku. Akun tersebut merupakan&nbsp; salah&nbsp; satu&nbsp; akun&nbsp; yang berisi mengenai informasi seputar pashion, yang memproduksi baju-baju syar’i, seperti gamis, jilbab anak, hingga baju koko. Digital&nbsp; marketing merupakan&nbsp; penerapan&nbsp; teknologi&nbsp; digital&nbsp; untuk&nbsp; menciptkan saluran&nbsp; yang&nbsp; dapat berhubungan dengan&nbsp; konsumen&nbsp; potensial agar&nbsp; tujuan pelaku usaha&nbsp; dapat&nbsp; berjalan&nbsp; secara&nbsp; efektif.&nbsp; Tujuan&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; adalah&nbsp; untuk&nbsp; mengetahui&nbsp; teknik digital marketing dan menaikkan omset penjualan.Hasil penelitian yang&nbsp; didapatkan&nbsp; adalah&nbsp; akun Instagram&nbsp; @azkyarahijabku&nbsp; menggunakan&nbsp; teknik digital marketing yaitu&nbsp; teknik&nbsp; sales&nbsp; promotion.&nbsp; Manfaat&nbsp; penelitian&nbsp; ini&nbsp; adalah&nbsp; untuk&nbsp; menambah wawasan dan&nbsp; penegatahuan serta memberi informasi dan alternatif digital marketing melalui&nbsp; aplikasi Instagram.</p> 2024-01-04T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/income/article/view/3717 Pengaruh Atribut Perusahaan Audit Terhadap Kualitas Audit: Analisis Meta 2024-03-07T11:16:54+08:00 Ayu Ambang Lestari ayu_ambang@universitasbumigora.ac.id <div>Skandal keuangan yang terjadi di beberapa negara menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kualitas audit laporan keuangan sehingga indikator yang dapat meningkatkan kualitas audit menjadi sangat penting untuk diteliti. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara atribut perusahaan audit dan kualitas audit serta menunjukan pemahaman yang mendalam tentang alasan dibalik perbedaan hasil penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis meta dengan sampel 43 studi internasional dari artikel ilmiah yang otentik selama tahun 2003 - 2020. Hasil penel itian menunjukan bahwa ukuran perusahan audit, independensi dan audit tenure berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Selanjutnya, hasil analisis variabel moderat membuktikan bahwa klasifikasi negara ( negara maju dan berkembang) memoderasi hubungan antara ukuran perusahan audit, independensi dan audit tenure terhadap kualitas audit.</div> 2024-01-18T15:26:19+08:00 ##submission.copyrightStatement##