https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/income/issue/feedIncome : Digital Business Journal2024-07-31T09:23:27+08:00Lalu Yayan Ardiansyahbisnisdigital@universitasbumigora.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Tittle : INCOME : Digital Business Journal<br>ISSN</strong> : <a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=2985-8348">2985-8348<br></a><strong>Focus and Scope</strong> : Digital Marketing, Financial Teknologi, Sosial Media Manajemen, E-Commerce, Digital Marketing, Bisnis Analisis.<br><strong>Waktu Terbit</strong> : Desember dan Juli<br><strong>Publisher</strong> : Universitas Bumigora<br><strong>Editorial Office</strong> : LPPM Universitas Bumigora, Jl. Ismail Marzuki, Cilinaya, Cakranegara,Mataram, Nusa Tenggara Barat, 83127<br><strong>Kontak</strong> : 081775114835/Income@universitasbumigora.ac.id</p>https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/income/article/view/4167lmplementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah2024-07-11T08:36:23+08:00Ridha Nurul Hayatiridha@universitasbumigora.ac.idHusain Husainhusain@universitasbumigora.ac.idLalu Yayan Ardiansyahyayan@universitasbumigora.ac.id<p><em>The number of entrepreneurs in Indonesia is less than 0.24 percent of Indonesia's population of around 238 million people. Therefore, according to the Minister of Cooperatives and Small and Medium Enterprises, Syarifuddin Hasan, the number of entrepreneurs still needs to be increased in order to support economic growth in Indonesia. Bumigora University as one of the private universities in Indonesia is very aware of the importance of entrepreneurship. Since 2019, Bumigora University has made Management Information Systems a course. This research method is descriptive qualitative which aims to implement experienced phenomena, such as behavior, perception, motivation, etc., comprehensively and descriptively in the form of words and language, in context. certain realms at certain times and using different realms. Based on the results of research conducted at UD. Angel Telur which is on JL. Adisucito, Ampenan, Mataram City: The implementation of this SIM is applied to UD MSMEs. Angel Telur, after implementing the SIM, UD. Angel Telur experienced an increase in the number of sales and customers who came, as for the components in UD MSMEs. Angel Egg is (1) social media IG, Facebook, (2) Google Maps, (3) Banner, (4) WhatsApp, (5) Website, (6) Online Courier Collaboration</em></p>2024-07-10T23:31:46+08:00##submission.copyrightStatement##https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/income/article/view/4142Pengaruh Motivasi Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan2024-07-29T15:25:26+08:00Angrina Ananta Sudirmanangrinaanantarina@gmail.comHaedar Haedarhaedar@umpalopo.ac.idNurmala Nurmalanurmalan366@gmail.com<p><em>Masalah manajemen sumber daya manusia dapat terjadi di organisasi mana pun, seperti sektor jasa atau industri manufaktur. Berdasarkan hasil wawancara terhadap beberapa karyawan terdapat beberapa permasalahan mengenai kepuasan kerja akibat kurangnya kepuasan terhadap jenis pekerjaan yang </em><em>d</em><em>ilakukan dalam organisasi dan kepuasan kerja pada karyawan PT Bua Karya Utama</em><em>.</em><em> <strong>Tujuan penelitian</strong> ini adalah menganalisis pengaruh motivasi dan komunikasi terhadap kepuasan kerja karyawan PT Bua Karya Utama</em><em>.</em><em> <strong>Metode </strong>yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa motivasi dan komunikasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Karyawan yang termotivasi secara intrinsik dan ekstrinsik cenderung puas dengan pekerjaannya Selain itu, komunikasi yang efektif, terbuka, dan jujur di tempat kerja juga dapat membantu meningkatkan kepuasan kerja karyawan. </em><strong><em>Hasil</em></strong> <em>penelitian ini adalah </em><em>menegaskan pentingnya motivasi dan komunikasi dalam menciptakan lingkungan kerja yang meningkatkan kepuasan kerja karyawan PT Bua Karya Utama merekomendasikan untuk memberikan perhatian khusus pada faktor-faktor yang memotivasi seperti peluang pengembangan karir dan remunerasi, serta memperkuat praktik komunikasi yang ef</em><em>ektif seperti pertemuan rutin dan umpan balik yang membangun.</em> <strong><em>Implikasi</em></strong><em> dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi bagi para karyawan PT Bua Karya Utama dalam meningkatkan motivasi kerja untuk mencapai kepuasan kerja dan meningkatkan jenjang karir karyawan.</em></p> <p><em><br> </em></p>2024-07-10T23:33:35+08:00##submission.copyrightStatement##https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/income/article/view/4217Transformasi Pelaporan Akuntansi Realtime Berbasis Blockchain Untuk Perkembangan Bisnis2024-07-11T08:36:24+08:00Sahdan Saputrasahdan@universitasbumigora.ac.idLalu Yayan Ardiansyahyayan@uniiversitasbumigora.ac.idRidha Nurul Hayatiridha@universitasbumigora.ac.id<p><strong></strong>Blockchain sebagai teknologi akan mengubah cara transaksi bisnis terjadi dan pihak-pihak mengelola aset melalui internet. Meskipun secara sederhana digambarkan sebagai buku besar yang terdesentralisasi, teknologi ini menghilangkan perantara transaksi, memiliki potensi dalam menyediakan arus barang dan jasa yang efisien dan hemat biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pelaporan akuntansi di Indonesia menggunakan sistem blockchain berdasarkan dari analisis studi literatur. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan studi literatur untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang implementasi transformasi akuntansi berbasis blockchain. Studi literatur merupakan metode dengan pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian tersebut. Hasil penelitian ini adalah penggunaan blockchain dapat mengurangi biaya administrasi pada proses akuntansi tradisional, seperti biaya verifikasi, reconciling, dan pencatatan manual, <strong> </strong>pada bagian kepatuhan terhadap peraturan pada blockchain terdapat fitur <em>S</em><em>mart Contracts</em> yang dapat diprogram<strong>. </strong>Faktor – faktor penggunaan blockchain dalam akuntansi antara lain ketidakpahaman tentang teknologi blockchain, regulasi dan kepatuhan, privasi dan keamanan, biaya implementasi, kesiapan industri dan penerimaan, dan kurangnya kasus penggunaan blockchain yang lebih jelas. Penelitian ini memberikan gambaran terkait implementasi blockchain untuk pelaporan akuntansi secara realtime melalui fitur – fitur yang disediakan blockchain dan faktor – faktor yang mengakibatkan rendahnya implementasi blockchain pada pelaporan akuntansi untuk perkembangan bisnis.</p>2024-07-10T23:34:24+08:00##submission.copyrightStatement##https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/income/article/view/4136Peran Literasi Keuangan Dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan Bagi Ibu Rumah Tangga Yang Mengelola Usaha2024-07-29T15:21:56+08:00Risdayanti Risdayantirisdayantiynti612@gmail.comHaedar Haedarhaedar@umpalopo.ac.idAzifah Syafitriazifahsyafitri@gmail.com<p><em>Financial inclusion and financial literacy are two important factors that can improve the economic welfare of society, especially housewives who run micro, small and medium enterprises (MSMEs). This research aims to find out how financial literacy influences the financial inclusion of housewives who run MSMEs. This research uses a qualitative approach with a case study design. Data was collected through in-depth interviews with several housewives involved in MSMEs and analyzed using thematic analysis techniques. Research shows that low financial literacy hinders access to formal financial services. Housewives with high financial literacy tend to have easier access to formal financial products. These results highlight the importance of more formal and structured financial literacy training to increase financial inclusion for housewives who run MSMEs. Therefore, this research makes an important contribution to the development of more effective programs to improve financial literacy.</em></p>2024-07-29T15:11:53+08:00##submission.copyrightStatement##https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/income/article/view/4139Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen2024-07-31T09:23:27+08:00Isma Wati Iraismawati0101@gmail.comHaedar Haedarhaedar@umpalopo.ac.idSulfitrah SulfitrahSulftramjd@gmail.com<p>This study aims to determine whether the influence of lifestyle and brand image has a significant effect simultaneously and partially on the intention to buy an iPhone cellphone in Palopo City. The technique used in this research is purposive sampling. And this method uses a quantitative method using primary data, the data collection method uses a questionnaire survey of 100 respondents using iPhone cellphones in Palopo City. The analysis in this study used multiple linear regression analysis. After the data was collected, the data were analyzed using the SPSS version 23 program. The results of this study were using multiple linear regression analysis using the partial test (T), simultaneous test (F), and testing the coefficient of determination (R2).<br>Based on the results of the study, it shows that simultaneously and partially lifestyle and brand image have a jointly and significantly positive effect on the intention to buy iPhone mobile phones in the city of Palopo. In the model formed by the influence of lifestyle and brand image on buying interest, it is able to explain that the variable of buying interest is 81.4% and the remaining 18.6% is influenced by other variables.</p>2024-07-31T09:19:05+08:00##submission.copyrightStatement##