Analisis Swot Strategi Penjualan Keripik Tempe Kriuk Temen Melalui E-Commerce
Abstract
Keripik tempe adalah salah satu camilan tradisional Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di pasar lokal.Seiring dengan meningkatnya minat terhadap makanan ringan, produk ini menjadi pilihan menarik bagi konsumen yang peduli akan kualitas dan keberlanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital produk keripik tempe "Kriuk Temen" dengan memanfaatkan platform e-commerce guna meningkatkan daya saing produk di pasar lokal. Pendekatan yang digunakan adalah analisis SWOT yang didukung dengan matriks TOWS untuk menggambarkan strategi yang tepat dalam menghadapi tantangan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-commerce secara efektif dapat meningkatkan penjualan produk hingga 75% dibandingkan dengan hanya mengandalkan penjualan offline. Dengan strategi pemasaran yang menawarkan desain dan kemasan yang menarik serta harga yang terjangkau terbukti berperan penting dalam menarik minat konsumen. Dengan demikian, untuk meningkatkan daya saing produk, UMKM perlu memanfaatkan teknologi digital, menjaga kualitas produk, serta menciptakan desain dan kemasan yang menarik agar dapat memperluas jangkauan pasar lokal dan meningkatkan penjualan
References
Nugroho, A., & Wahyuni, S. (2020). Pemanfaatan Marketplace sebagai Media Pemasaran Produk Lokal. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen, 5(1), 45-56.
Saputra, D., & Fajarita, L. (2019). Penerapan Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Menggunakan CMS: Studi Kasus Toko Alfian. Jurnal IDEALIS, 2(6), 153-159.
Pramono, R., Setiawan, H., & Hidayat, M. (2021). Strategi Inovasi Produk Berbasis Tempe untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Ekonomi Kreatif, 12(4), 305-312.
Widyawati, M. (2022). Optimalisasi Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran Produk UMKM. Jurnal Bisnis Digital, 4(1), 120-132.
Hanifah, H., Rahmawati, N. A., & Sari, A. W. Y. (2024). Penerapan Analisis SWOT Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Ngemil Pare). Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 4(1).
Oktaviani, I., Nofikasari, I., & Ardiyanto, M. (2022). E-Commerce pada UMKM Desa Wisata. Jurnal Device, 12(2), 3588.
Iskandar, R., & Dewi, S. (2023). Peran Teknologi Digital dalam Peningkatan Daya Saing UMKM. Jurnal Ekonomi Digital, 7(2), 78-88.
Azam Hafidhuddin, M., & Ikaningtyas, M. (2023). Penerapan Digital Marketing melalui Media Sosial sebagai Upaya Memperluas dan Meningkatkan Pemasaran pada UMKM Keripik Tempe Assyifa’. UPNJATIM, 8.
Haholongan, R., Amelia, C., Marisca Firdaus, S., Firmansyah, I., Rafael, A., Lin, D., Studi Manajemen, P., & Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, S. (2024). Peningkatan Pemasaran Produk Umkm Kuliner Dalam Platform E-Commerce Di Tanjung Priok. Jurnal EK&BI, 7, 2620–7443. https://doi.org/10.37600/ekbi.v7i1.1273
Imron, M. S., & Nurdian, Y. (2021). Digitalisasi pemasaran keripik tempe dalam menghadapi persaingan dagang selama pandemi Covid-19. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 65–76. https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.3129
Suherman, J. (2024). Strategi Pemasaran Produk Makanan Khas Tradisional dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. JOURNAL OF EMPOWERMENT, 5(2), 119–129.
Wibaselppa, A., Mutiara, S., Zulanda Putri, R. D., & Della Rahmadani, A. (2024). Strategi Pemasaran Produk Umkm Keripik Melalui Digital Marketing Di Kecamatan Merbau Mataram, Lampung Selatan. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 6(1), 38–44. https://doi.org/10.30873/jppm.v6i1.4045
Qanita, A. (2020). Analisis strategi dengan metode SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi kasus pada D’Gruz Caffe di Kecamatan Bluto Sumenep. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11-24.