Pemanfaatan media marketing pada aplikasi Instagram untuk meningkatkan omset penjualan
Abstract
Era digital adalah sebuah masa atau zaman dimana hampir seluruh bidang dalam tatanan kehidupan sudah dibantu dengan teknologi digital. Pada era digital, pola berbelanja masyarakat menjadi bergeser, kegiatan yang awal mulanya dilakukan dengan cara bertemu dan bertatap muka secara langsung atau melalui media konvensional seperti televisi, radio bahkan koran. Digital marketinga dalah sebuah kegiatan mempromosikan produk atau jasa (branding) yang dilakukan lewat website maupun media sosial. Aplikasi Instagram di Indonesia banyak dimanfaatkan untuk berkreativitas hingga berbisnis oleh masyarakat. Salah satu akun Instagram yang aktif dalam menggunakan aplikasi ini sebagai digital marketing adalah @azkyarahijabku. Akun tersebut merupakan salah satu akun yang berisi mengenai informasi seputar pashion, yang memproduksi baju-baju syar’i, seperti gamis, jilbab anak, hingga baju koko. Digital marketing merupakan penerapan teknologi digital untuk menciptkan saluran yang dapat berhubungan dengan konsumen potensial agar tujuan pelaku usaha dapat berjalan secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik digital marketing dan menaikkan omset penjualan.Hasil penelitian yang didapatkan adalah akun Instagram @azkyarahijabku menggunakan teknik digital marketing yaitu teknik sales promotion. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan penegatahuan serta memberi informasi dan alternatif digital marketing melalui aplikasi Instagram.
References
Bisma, M. A. (2018). Analisis Formulasi Strategi untuk Social Media Influencer di Instagram dengan Pendekatan TOWS Matrix ( Studi Kasus : @ Dagelan ). Isei Business And Management Review, Ii(1), 25–31. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36217/Ibmr.V2i1.43.
Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. Pearson Education Limited.
Coviello, N. Milley, R. & Marcolin, B. (2001). Understanding It-Enable Interactivity in Contemporary Marketing. Journal of Interactive Marketing, Vol. 15 No. 4, P. 18-33.
Globalwebindex. (2019). Globalwebindex’s Flagship Report on the Latest Trends In Social Media. Retrieved From Https://Www.Globalwebindex.Com/Hubfs/Downloads/2019 Q1 Social Flagship Report.Pdf.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 01(01), 25–32.
Lim, S. H., & Yazdanifard, R. (2015). How Instagram Can Be Used As A Tool In Social Networking Marketing, (January).
Pramudita, A. S., Hilman, T., & Annisawati, A. A. (2019). Pengembangan Social Engagement melalui Media Situs Jejaring. Competitive, 14(1), 41–44. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36618/Competitive.V14i1.507.
Prof. DR. Lexy J. Moleong, M. A. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rochman, E. A., & Iskandar, B. P. (2015). Users ’ Engagement toward the Brand Accounts in Instagram based on the Aisas Model. Journal of Business and Management, 4(8), 890–900.
Sumarna, D. L., & Pramudita, A. S. (2020). Pengaruh Kualitas Jasa Kurir terhadap Minat Beli Konsumen E-commerce. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 21(1),.