Pemanfaatan media marketing pada aplikasi Instagram untuk meningkatkan omset penjualan

  • Widia Febriana Universitas Bumigora
Keywords: Media Marketing, Instagram, Omset Penjualan

Abstract

Era digital adalah sebuah masa atau zaman dimana hampir seluruh bidang dalam tatanan kehidupan sudah dibantu dengan teknologi digital. Pada era digital, pola berbelanja masyarakat menjadi bergeser, kegiatan yang awal mulanya dilakukan dengan cara bertemu dan bertatap muka secara langsung atau melalui media konvensional seperti televisi, radio bahkan koran. Digital marketinga dalah sebuah kegiatan mempromosikan produk atau jasa (branding) yang dilakukan lewat website maupun media sosial. Aplikasi Instagram di  Indonesia banyak dimanfaatkan untuk  berkreativitas hingga berbisnis oleh masyarakat. Salah satu akun  Instagram yang aktif dalam menggunakan aplikasi ini sebagai digital marketing adalah @azkyarahijabku. Akun tersebut merupakan  salah  satu  akun  yang berisi mengenai informasi seputar pashion, yang memproduksi baju-baju syar’i, seperti gamis, jilbab anak, hingga baju koko. Digital  marketing merupakan  penerapan  teknologi  digital  untuk  menciptkan saluran  yang  dapat berhubungan dengan  konsumen  potensial agar  tujuan pelaku usaha  dapat  berjalan  secara  efektif.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  teknik digital marketing dan menaikkan omset penjualan.Hasil penelitian yang  didapatkan  adalah  akun Instagram  @azkyarahijabku  menggunakan  teknik digital marketing yaitu  teknik  sales  promotion.  Manfaat  penelitian  ini  adalah  untuk  menambah wawasan dan  penegatahuan serta memberi informasi dan alternatif digital marketing melalui  aplikasi Instagram.

References

alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 34–42.
Bisma, M. A. (2018). Analisis Formulasi Strategi untuk Social Media Influencer di Instagram dengan Pendekatan TOWS Matrix ( Studi Kasus : @ Dagelan ). Isei Business And Management Review, Ii(1), 25–31. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36217/Ibmr.V2i1.43.
Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. Pearson Education Limited.
Coviello, N. Milley, R. & Marcolin, B. (2001). Understanding It-Enable Interactivity in Contemporary Marketing. Journal of Interactive Marketing, Vol. 15 No. 4, P. 18-33.
Globalwebindex. (2019). Globalwebindex’s Flagship Report on the Latest Trends In Social Media. Retrieved From Https://Www.Globalwebindex.Com/Hubfs/Downloads/2019 Q1 Social Flagship Report.Pdf.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 01(01), 25–32.
Lim, S. H., & Yazdanifard, R. (2015). How Instagram Can Be Used As A Tool In Social Networking Marketing, (January).
Pramudita, A. S., Hilman, T., & Annisawati, A. A. (2019). Pengembangan Social Engagement melalui Media Situs Jejaring. Competitive, 14(1), 41–44. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36618/Competitive.V14i1.507.
Prof. DR. Lexy J. Moleong, M. A. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rochman, E. A., & Iskandar, B. P. (2015). Users ’ Engagement toward the Brand Accounts in Instagram based on the Aisas Model. Journal of Business and Management, 4(8), 890–900.
Sumarna, D. L., & Pramudita, A. S. (2020). Pengaruh Kualitas Jasa Kurir terhadap Minat Beli Konsumen E-commerce. Jurnal Ekonomi Dan Industri, 21(1),.
Published
2024-01-04
Section
Articles