Analisis Determinan Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Destinasi Digital Di Daerah Kopang Lombok Tengah (Studi Kasus: Pasar Jelojok kopang Lombok Tengah)

  • Juliana Palit Universitas Bumigora
  • Widia Febriana Universitas Bumigora
  • Darusalam . Universiti Teknologi Mara
Keywords: Pasar, Destinasi Digital, Teknologi Informasi

Abstract

Pasar destinasi digital merupakan unit usaha kecil serta modal yang diperlukan juga kecil dengan sistem pengolahannya yang cukup sederhana, walaupun dengan modal yang sedikit orang-orang yang bekerja di pasar destinasi digital mampu mempertahankan hidupnya di era modernisasi saat ini. Hadirnya globalisasi membuat jarak, ruang, dan waktu semakin mudah teratasi, sehingga mampu mempermudah komunikasi atau mengirim Lokasi berdagang termasuk komposisi dari berbagai peluang, berbagai fasilitas serta kemudahan dari letak lokasi dalam melakukan usaha dagang. Dalam menjalankan suatu usaha menentukan lokasi sangatlah penting. Penentuan lokasi yang tepat sasaran mampu mewujudkan suatu usaha bisa berjalan lebih efisien serta mendorong pendapatan. Subjek dalam penelitian ini ialah seluruh pedagang di pasar destinasi digital di Pasar Jelojok, Kopang, Lombok Tengah. Objek Penelitian ini dilakukan di Pasar Jelojok Kopang, Lombom Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu data yang dinyatakan dalam bentuk angka dan biasanya diperoleh dari sejumlah pertanyaan yang telah disusun (Sekaran dan Bougie, 2013). Adapun jenis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah Data Primer. Hasil dari pengujian hipotesis variabel lokasi usaha terhadap tingkat pendapatan pedagang menunjukkan bahwa lokasi tidak berpengaruh terhadap tingkat pendapatan pedagang. Hal ini ditunjukkan pada nilai signifikan sebesar 0.098 > 0,05, yang artinya menunjukkan nilai probabilitas lokasi lebih besar dari 0,05. Hal tersebut kemungkinan dikarenakan lokasi pasar destinasi digital yang terletak jauh dari pusat keramaian kota tak menyurutkan minat para pengunjung atau pembeli untuk berkunjung ke pasar-pasar destinasi digital di Pasar Jelojok, Lombok Tengah, pasar-pasar destinasi digital tersebut terletak disekitaran lokasi pariwisata yang telah jamah dikunjungi para wisatawan saat berpariwisata di Lombok Tengah.

References

Artaman, D. M. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati Gianyar. ISSN: 2337-3067, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 87-105.
Atun, I. (2016). Pengaruh Modal, Lokasi, Dan Jenis Dagangan Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Prambanan Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi. 318-325.
Basuki, A. T., & Yuliadi, I. (2015). Electronic Data Processing (SPSS 15 Dan EVIEWS 7). Yogyakarta: Danisa Media.
Boediono. (1982). Pengantar Ilmu Ekonomi No.2, Ekonomi Makro. Yogyakarta: BPPE.
Gultom, P. (2006). Kajian Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha UKM Di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Pengkajian Koperasi Dan UKM, 124-131.
Hanum, N. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Kota Kuala Simpang. Jurnal Samudra Ekonomika. 72-86.
Husaini, A. F. (2017). Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja, Dan Lokasi Usaha Terhadap Pendapatan Monza Di Pasar Simalingkar Medan. ISSN: 2338-2864, Jurnal Visioner & Strategis. 111-126 .
Jasra, J. M. (2011). Determinants Of Bussiness Success Of Small And Medium Interprises. International Journal Of Bussiness And Social Science. 274-280.
Pratama, R. (2018). ). Pengaruh Modal, Lokasi Dan Jenis Dagangan Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar. Jurnal Mitra Manajemen Online. 239-251.
Roosdhani, M. R. (2012). Analisis Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Usaha Kecil Menengah Di Kab. Jepara. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis. 89-104.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Metode Penelitian Untuk Bisnis, Edisi 6. Research Methods For Business, 6th Ed. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: PT Alfabet.
Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2011). Economic Development. Eleventh Edition. United States: Addison Wesley.
Utomo, H. (2001). ). Studi Eksplorasi Tentang Penyebaran Teknologi Informasi Untuk Usaha Kecil Dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia. 153 – 163.
Published
2023-01-21
Section
Articles