Aplikasi Ujian Online dengan Penilaian Otomatis Menggunakan Algoritma Cosine Similarity Pada SMAN 7 Mataram

Keywords: Ujian Online, PHP, MySQL, Cosine Similarity

Abstract

Ujian merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi proses belajar. Dalam  dunia pendidikan ujian dimaksudkan untuk mengukur taraf pencapaian suatu pengajaran oleh siswa sebagai peserta didik, sehingga  siswadapat mengetahui tingkat kemampuannya dalam memahami bidang studi yang sedang ditempuh. Pada beberapa SMA Negeri di Kota Mataram, masih menggunakan sistem ujian secara manual (konvensional) yang menggunakan kertas sebagai media evaluasi proses belajar (ujian), waktu yang dihabiskan oleh guru akan tersita banyak karena guru harus mengecek satu persatu jawaban setiap siswauntuk melihat hasil dari ujian, siswa juga harus menunggu lebih lama untuk melihat hasil ujiannya karena hal tersebut. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu terciptanya aplikasi ujian online dengan penilaian otomatis menggunakan algoritma Cosine Similarity yang dapat mempermudah dan mempercepat kerja staff tata usaha, guru dan siswa dalam pelaksanaan ujian.

References

[1] N. Ogie , J. Jumadi, & Dian N. (2016). Perbandingan Metode Cosine Similarity Dengan Metode Jaccard Similarity Pada Aplikasi Pencarian Terjemah Al-Qur’an Dalam Bahasa Indonesia. Bandung : Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.
[2] Sukamto, Rosa A., & M. Shalahudin. (2014), Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
[3] Prasetyo, E. (2012) Data Mining – Konsep Dan Aplikasi Menggunakan Maltab. Yogyakarta : Andi
[4] Fitri, M. (2013) , Perancangan Sistem Temu Balik Informasi Dengan Metode Pembobotan Kombinasi Tf-Idf Untuk Pencarian Dokumen Berbahasa Indonesia, Tanjungpura. pp. 1-6
[5] Supriyanto A. (2005). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek
[6] Asmawati, A. (2012). Rancangan Ujian Online (IOU: Integrated Online Ujian) pada konsentrasi ilearning di Perguruan Tinggi Raharja [skripsi]. Tanggerang : Perguruan Tinggi Raharja.
[7] Fahmi, A. (2011). Desain Model Sistem Ujian Online. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan. Hal 1.
[8] Meinawati, T. (2011). Perancangan Aplikasi Ujian Online. Jurusan Sistem Komputer : Universitas Diponegoro.
[9] Jogiyanto. H.M. (1990). Analisis & Disain Sitem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.
[10] Mulyanto, A. (2009). Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Published
2020-06-30
Section
Articles