Aplikasi Media Informasi Produk Motor Dealer Viar Lombok Berbasis Android

  • Maulvi Nurhavizi Universitas Bumigora
  • Andi Sofyan Anas Universitas Bumigora
Keywords: Viar Motor, Luther Sutopo, Marketing, Information Media, Android

Abstract

Viar merupakan sebuah perusahaan otomotif asal Indonesia yang di dirikan pada tahun 2000 di Jakarta. Perusahaan Viar mengahasilkan berbagai macam perlengkapan otomotif. Karena Viar motor mampu memproduksi sepeda motor hingga 1000unit perhari, sehingga Viar termasuk salah satu penghasil sepeda motor terbesar di Indonesia. Viar juga memastikan produk-produk sepeda motornya merupakan produk yang bermutu tinggi sehingga dengan majunya perkembangan teknologi saat ini sangat berperan perting dalam melakukan pemasaran produk Viar motor. Viar Motor Lombok belum terlalu dikenal oleh masyarakat, sehingga menyulitkan dalam pemasaran. Oleh karena itu dengan adanya pembuatan perancangan aplikasi interaktif ini dapat membantu penyampaian informasi kepada masyarakat dan membantu pemasaran produk Viar motor Lombok serta memudahkan konsumen melakukan pemesanan produk Viar Motor melalui ponsel konsumen itu sendiri. Dalam penyelesaian aplikasi ini, penulis menggunakan metode Luther Sutopo yang terdiri dari enam tahapan yaitu Konsep, Desain, Material Collecting atau pengumpulan materi, Assembly, dan Pengujian. Aplikasi ini dibuat berbasis mobile dengan memanfaatkan teknologi android.  Dengan adanya aplikasi media informasi ini, mampu memudahkan konsumen melihat langsung daftar produk serta spesifikasi produk motor tanpa harus mengecek langsung ke dealer Viar Lombok, sehingga konsumen juga dapat melakukan pemesanan langsung lewat aplikasi Viar motor Lombok

References

[1] Binanto, Iwan, “Multimedia Digital : Dasar Teori dan Pengembangannya”, Penerbit Andi : Yogyakarta, 2010
[2] B. Supiyarto, Bambang Eka Purnama, and Gesang Kristianto Nugroho, “Pembuatan media Pembelajaran Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi pada Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 01 Boyolali,” IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 2015.
[3] H. Abdurahman, A. R. Riswaya, and A. Id, “Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti,” Jurnal Computech dan Bisnis vol. 8 No. 2, 2014.
[4] H. Septian, E. W. Hidayat, and A. Rahmatulloh, “Aplikasi Pengenalan Bahasa Arab dan Inggris untuk Anak-Anak Berbasis Android,” JOIN-Jurnal Online Informatika, vol.2 No. 2, 2017.
[5] Ridwan Arif Rahman, Dewi Tresnawati, and D. Tresnawati, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,” Jurnal. Algoritma, Vol. 13 No. 1, 2016.
Published
2020-06-30
How to Cite
Nurhavizi, M., & Anas, A. (2020). Aplikasi Media Informasi Produk Motor Dealer Viar Lombok Berbasis Android. Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), 2(1), 45-51. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/bite.v2i1.801
Section
Articles