Perancangan Aplikasi Helpdesk Pelayanan Lalu Lintas Berbasis Android

  • Iga Wulandari Universitas Bumigora
  • Ahmat Adil Universitas Bumigora
Keywords: Pelayanan Lalu lintas, Aplikasi Berbasis Android, Helpdesk

Abstract

Aplikasi helpdesk dimanfaatkan untuk membantu pengguna menyelesaikan masalah praktis hanya dengan menggunakan system android.  Pada kasus pelayanan lalu lintas jalur bypass Mataram - BIL masih banyak menggunakan sistem manual, yang menyebabkan penerimaan data menjadi kurang efisien dari segi waktu dan faktor human error pada proses pengolahan data. Penggunaan metode Waterfall pada proses pengembangan perangkat lunak dilakukan secara berurutan, di mana kemajuan dipandang sebagai terus mengalir ke bawah (seperti air terjun) melewati fase-fase perencanaan, pemodelan, implementasi (konstruksi), dan pengujian. Pengujian kuisioner yang dilakukan pada Polres Lombok Barat dan beberapa orang yang memang dalam bidang sebagai Sekom, Pelapor, Patroli dan Kasat Lantas adalah pengujian tentang hak akses yang nantinya digunakan oleh Sekom, Pelapor, Patroli dan Kasat Lantas untuk memanajemen data dan proses pada aplikasi helpdesk. Kemudian pengujian kedua dilakukan kepada masyarakat pengguna jalan yang dapat dikategorikan sebagai pelapor Dalam proses analisis dan perancangan Data Flow Diagram (DFD), Relasi Database dan mendesain interface menggunakan Ms. Visio 2010, Database menggunakan MySQL 5.0, mengimplementasikan algoritma  menggunakan Android Studio. Dari hasil kuisioner terlihat bahwa aplikasi ini mudah untuk digunakan, layak untuk diterapkan di jalur bypass Mataram - BIL, dan  berguna dalam pelayanan lalu lintas, serta semua proses dalam aplikasi helpdesk pelayanan lalu lintas mudah dilakukan.

References

[1] B. P. Lientz, Information Technology Project Management. 2011.
[2] E. W. International and C. Accountants, “Assessment of Fundamental Competencies Introduction to Information Technology.”
[3] G. Blokdijk, “Help Desk 100 Success Secrets :”
[4] A. W. West and S. Prettyman, Practical PHP 7, MySQL 8, and MariaDB Website Databases. 2018.
[5] J. Greenspan, MySQL / PHP Database Applications. 2017.
[6] R. Romano and M. Kalin, “Java Web Services: Up and Running,” p. 316, 2009.
[7] K. Rizki and A. Adil, “Implementasi Google Maps API Berbasis Android untuk Lokasi Fasilitas Umum di Kabupaten Sumbawa,” J. MATRIK, vol. 17, no. 2, pp. 34–44, 2018.
[8] K. Yasin and A. Adil, “Implementasi Google Maps API Pemetaan Jalur Evakuasi Bencana Alam di Kabupatem Lombok Utara,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 19, no. 1, pp. 138–146, 2019.
[9] M. E. Indrawan and A. Adil, “Implementasi Restful Web Service One Chip Multi-Client Untuk Mengoptimalkan Penjualan Pulsa All Operator,” J. Matrik, vol. 15, no. 2, p. 11, 2018.
[10] A. Adil, “Sistem Informasi Geografis,” p. 172, 2017.
[11] R. S. Pressman, Software-Engineering 7th ED by Roger S. Pressman. 2012.
Published
2020-06-30
Section
Articles