PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBUATAN BROSUR INTERAKTIF

  • Syaiful Mukhlisin Akbar MZ Universitas Bumigora Mataram
  • Dian Syafitri Universitas Bumigora Mataram
Keywords: Luther-Sutopo, Brosur Interaktif, Augmented Reality, erguruan Tinggi, STMIK Bumigora Mataram

Abstract

ABSTRAK

 

Perguruan Tinggi merupakan salah satu tahapan dalam dunia pendidikan yang memiliki peran besar dalam pengembangan kualitas sumber daya yang berkualitas di berbagai tatanan kehidupan. Jumlah Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia pada tahun 2015 sebanyak 4.326 yang terdiri dari 371 Perguruan Tinggi Negeri dan 3.955 Perguruan Tinggi Swasta. Dengan banyaknya jumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia dapat menimbulkan permasalahan yang berkaitan dengan persaingan antar Perguruan Tinggi dalam upaya penjaringan calon mahasiswa baru. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, STMIK Bumigora Mataram mengupayakan beberapa hal terkait dengan permasalahan diatas diantaranya dengan menggunakan berbagai media dalam proses promosi penjaringan calon mahasiswa baru seperti website, brosur, media sosial, dan lain-lain. Menurut data yang ada calon mahasiswa baru mendapatkan informasi terbanyak melalui media brosur dengan jumlah mencapai 1184 orang dalam waktu 4 tahun terakhir (2011-2014). Namun dalam penerapannya penggunaan brosur memiliki beberapa kekurangan seperti informasi yang diberikan sifatnya terbatas yaitu hanya berupa teks dan gambar. Dalam penelitian ini penulis membuat solusi alternatif dari masalah yang ada, yaitu berupa brosur interaktif dengan memanfaatkan teknologi Augmented Realiti  yang memiliki kemampuan memberikan informasi yang berkaitan dengan informasi pendaftaran yang bersifat lebih dinamis dengan dapat menampilkan informasi berupa video profil serta desain 3 dimensi fasilitas bangunan yang ada di STMIK Bumigora Mataram. Perancangan dan pembuatan brosur interaktif dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality ini menggunakan metode pengembangan multimedia menurut Luther Sutopo yang terdiri dari 6 tahap yaitu menyusun konsep, desain, material colleting, assembly, testing dan distribution.

Published
2019-07-18
How to Cite
Akbar MZ, S., & Syafitri, D. (2019). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBUATAN BROSUR INTERAKTIF. Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), 1(1), 89-98. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/bite.v1i1.425
Section
Articles