REKOMENDASI PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) DENGAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

  • Herlina wati Universitas Bumigora Mataram
  • Ahmat Adil Universitas Bumigora Mataram
  • M Yunus Universitas Bumigora Mataram
Keywords: Rekomendasi, Sistem Pendukung Keputusan, AHP, PHP, MYSQL, Pemilihan Perguruan Tinggi

Abstract

Sistem Pendukung Keputusan sebagai “sistem berbasis komputer interaktif, yang membantu para pengambil keputusan untuk menggunakan data dan berbagai model untuk memecahkan masalah-masalah tidak terstruktur.  Dimana data dikumpulkan secara langsung dan kajian tentang pemilihan perguruan tinggi bagi siswa yang akan lulus SMA. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan memilih Perguruan Tinggi yang sesuai karakteristik personal pada siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). Berdasarkan permaslahan tersebut maka diperlukan sistem dengan Rekomendasi Pemilihan Perguruan Tinggi Menggunakan Sistem Pendukung Keputusan Dengan Analytic Hierarchy Process (AHP) supaya siswa dapat mengetahui perguruan tinggi mana yang nantinya akan mereka pilih setelah lulus SMA. Perancangan aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan metodologi waterfall, yaitu sebuah metode pengembangan sistem yang diawali dengan tahap analisa, kemudian dilakukan perancangan sistem dan implementasi pembuatan aplikasi serta mengujinya kepada pengguna dan sistem ini  dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySQL. Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa dalam mengambil keputusan memilih perguruan tinggi yang di inginkan di pengaruhi oleh beberapa faktor kriteria utama yaitu Reputasi Perguruan Tinggi dengan persentase 0,43% di bandingkan dengan faktor kriteria-kriteria yang lainnya, Output yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai rekomendasi yang dapat digunakan calon mahasiswa untuk menentukan pilihan perguruan tinggi.

Published
2019-07-18
How to Cite
wati, H., Adil, A., & Yunus, M. (2019). REKOMENDASI PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (SPK) DENGAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), 1(1), 22-31. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/bite.v1i1.418
Section
Articles