APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL INSTRUCTIONAL GAMES PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMPN 3 ALAS

  • Novian syah Universitas Bumigora Mataram
  • Andi Sofyan Anas Universitas Bumigora Mataram
Keywords: Multimedia, Instructional Games, SMPN 3 Alas

Abstract

 

Di Indonesia, bahasa Inggris mulai mengajar di sekolah sejak usia dini. Ada sekolah yang memulai sekolah dasar, beberapa bahkan mulai dari taman kanak-kanak. Namun, setelah ribuan jam belajar bahasa Inggris, muncul pertanyaan mengapa masih sangat sulit untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Rilis, jika berbahasa Inggris di tempat umum atau mungkin di televisi, bisa langsung mengerti artinya. SMPN 3 Alas adalah salah satu sekolah yang belajar bahasa Inggris hanya ada buku LKS dan seorang guru. Master hanya satu bahasa. Situasi ini tentu saja tidak efektif untuk departemen Siswa mengerti bahasa Inggris. Oleh karena itu, Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris adalah salah satu upaya dalam meningkatkan pemahaman siswa. dengan memanfaatkan Model Game instruksional, Siswa akan dihadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan permainan yang lebih menantang dan menyenangkan. Dalam pembuatan Aplikasi Game Pembelajaran Model Multimedia Interaktif, penulis menggunakan metode Luther Sutopo. Tahapan tersebut adalah Konsep, Desain, Pengumpulan Bahan, Perakitan, Pengujian dan Distribusi. Dalam aplikasi ini akan ada fitur seperti Profil, Pesan, Studi, Prestasi dan Hall of Fame dibuat menggunakan perangkat lunak Visual Studio 2012 dan perangkat lunak multimedia seperti Swishmax. Hasil dari tesis ini adalah Permainan Model Aplikasi Multimedia Interaktif Permainan Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil tes tes betha oleh siswa, mereka setuju dengan kemudahan menggunakan aplikasi dan bahan pada aplikasi aplikasi yang ada layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran alternatif atau sebagai media pendamping dalam bahasa Inggris untuk membantu semangat siswa dalam belajar bahasa Inggris.

 

References

1] Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital Dasar Teori Dan Pengembangannya.Yogyakarta : CV. Andi Offset.
[2] Munir, M. (2013). MULTIMEDIA Konsep % Aplikasi Pendidikan. Bandung: ALFABETA, CV.
[3] Nurjanah. (2011). Aplikasi Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Bahasa Inggris untuk Usia 6 - 8 Tahun. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
[4]Suryadi & Junaida. (2011). Complete English Grammar : Belajar Bahasa Inggris dari Awal Sampai Mahir. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
[5] Suyanto, M. 2005, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing.Yogyakarta : Andi Offset.
[6] Smaldino, dkk. 2011. Instructional Technology & Media for Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
(versi terjemahan)e-ISSN.2685-4066 Jurnal BITE Vol.1 No.1 (Juni) 2019, Hal 1 - 10 BITE : JOURNAL BUMIGORA INFORMATION AND TECHNOLOGY 10
[7] Sugiharto, Setiawan, J.R., Anita, N. (2011). Analisis Dan Peran cangan Game Edukasi Pada TK Tarsisius II. Tesis. Jakarta: Binus University.
[8] Sumanto, Ali. (2013). Daily English Conversation : Percakapan Sehari – hari. Yogyakarta. Pustaka elajar
[9] Vaughan, Tay. 2006. Multimedia : Making It Work Edisi 6. Yogyakarta : Andi
[10] Wahyu Yuli Fatmawati dan Yuliningsih. (2010). Perancangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris “Daily Activity” Tingkat SMP di SMP Ma‟arif Imogiri . Tugas Akhir. STMIK Amikom.
[11] Youllia Indrawaty Nurhasanah, S. D. (2011). Implementasi Model Cmifed Pada Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Anak Usia Tk Dan Playgroup . Jurnal Informatika , 3
Published
2019-07-18
How to Cite
syah, N., & Anas, A. (2019). APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL INSTRUCTIONAL GAMES PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMPN 3 ALAS. Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), 1(1), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/bite.v1i1.416
Section
Articles