Pemodelan Unified Modeling Language pada Sistem Aplikasi Pariwisata (SiAP)

  • Widyatmoko Widyatmoko Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Natalinda Pamungkas Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Abstract

Telepon seluler merupakan teknologi komunikasi yang paling berkembang saat ini. Banyaknya fasilitas yang diberikan salah satunya adalah untuk mengakses lokasi pariwisata yang berada disekitar pengguna. Didasarkan pada masalah tersebut maka perlu kiranya dirancang suatu sistem yang memudahkan penelusuran lokasi wisata dengan memanfaatkan teknologi telepon seluler. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum tentang penggunaan pemodelan Unified Modeling Language dalam menunjang pembuatan sistem aplikasi pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan deskriptif dimana dengan mengamati obyek penelitian secara langsung dengan tujuan untuk menghasilkan toeri dan konsep baru pada obyek yang diamati dalam penelitian, dengan demikian data yang diperoleh dapat menguji hasil data yang diteliti sebagai sandaran untuk mengambil sebuah keputusan. Pemodelan UML penelitian ini menggunakan class diagram, use case diagram, sequence diagram dan activity diagram, yang mana bisa membantu urutan dalam membuat aplikasi. Karena metode yang digunakan masih terbatas diharapkan ada beberapa tahapan diagram lainnya agar kedapannya bisa ditambahkan agar metode bisa lebih jelas dan sempurna. Hasil dari penelitian Sistem Aplikasi Pariwisata (SiAP) ini mampu mempermudah pengguna dan menampilkan informasi tempat wisata, serta sarana prasarana pendukung baik itu hotel dan kuliner juga lokasi pengguana berada dan tujuan wisata dalam bentuk peta wisata yang dinamis. Penggunaan metode black-box test menggambarkan bahwa fungsi aplikasi yang dibuat 100% berhasil

References

[1] Fatmasari and S. Sauda, “Pemodelan Unified Modeling Language Sistem Informasi Enterprise Resource Planning,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 2, pp. 429–436, 2020.
[2] N. S. H, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Edisi Revi. Bandung: Informatika, 2012.
[3] A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP (Unified Software Development Process). Yogyakarta: Andi, 2010.
[4] D. Linda and H. Halimah, “Penentuan Lokasi Wisata Dan Hotel Terdekat Di Wilayah Lampung Timur Berbasis Android,” Teknika, vol. 14, no. x, pp. 151–158, 2020.
[5] M. S. Rizal and V. Julianto, “Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Tour dan Travel Di Kota Semarang,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 69–77, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i1.170.
[6] C. Budihartanti and M. Wairisal, “Perancangan Sistem Informasi Wisata Bersejarah Di Jabodetabek Berbasis Android,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 1, no. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI WISATA BERSEJARAH DI JABODETABEK BERBASIS ANDROID, pp. 10–17, 2014.
[7] Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle,” Algoritm. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018.
[8] A. R. Pratama, “Belajar UML - Use Case Diagram,” www.codepolitan.com, 2019. .
[9] J. L. W. Bentley, Lonnie D, , Sistems. Analysis and Design for the Global Enterprise Seventh Edition. New York: McGraw-Hill, 2007.
[10] G. Urva, H. F. Siregar, J. Prof, M. Y. Kisaran, and S. Utara, “Pemodelan UML E- Marketing Minyak Goreng,” no. 9, pp. 92–101, 2015.
[11] S. dan Shalahuddin, Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2013.
[12] W. Irmayani and E. Susyatih, “Sistem Informasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Berorientasi Objek,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 5, no. 1, pp. 58–63, 2017.
[13] J. W. Satzinger, R. B. Jackson, and S. D. Burd, Systems Analysis and Design In Changing World, Sixth Edit. Boston: Joe Sabatino, 2012.
[14] Desyanti and W. Febrina, “Pemodelan Unified Modelling Language (UML) dalam Pembuatan Aplikasi Data Penduduk,” SATIN – Sains dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 56–66, 2020.
[15] R. A. S. M. Shalahuddin, , Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2018.
Published
2022-06-30
Section
Articles