Implementasi Chatbot sebagai Virtual Assistant Penerimaan Mahasiswa Baru pada Universitas Bumigora

  • Ahmad Zuli Amrullah Universitas Bumigora
  • Andi Sofyan Anas Universitas Bumigora
  • Gilang Primajati Universitas Bumigora
Keywords: Admission of New Students, Chatbot, AIML, Telegram

Abstract

Di era internet ini, kebutuhan masyarakat akan informasi yang cepat semakin meningkat. Calon mahasiswa dan orang tua akan mendaftarkan anaknya masuk ke universitas impian. Beberapa informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa antara lain tata cara penerimaan mahasiswa baru, biaya dan informasi yang berhubungan dengan kampus. Keterbatasan jumlah admin kampus membuat kewalahan menjawab semua pertanyaan yang muncul dan berulang dengan pertanyaan yang sama. Solusi yang diberikan oleh Penulis untuk mengatasi masalah tersebut adalah chatbot dengan kecerdasan buatan yang dapat menangani dan merespon pertanyaan dengan cepat. Oleh karena itu, chatbot sebagai virtual assitant yang bertugas untuk menjawab pertanyaan umum secara otomatis. Chatbot merupakan perangkat lunak yang dapat berkomunikasi dengan manusia menggunakan bahasa alami. Metode yang digunakan untuk pembelajaran chatbot menggunakan Artificial Intelligent Markup Language (AIML). Pengetahuan dari aplikasi chatbot ini adalah alamat kampus, persyaratan pendaftaran, langkah-langkah pendaftaran, program studi, kursus, berapa biaya kuliah dan informasi lainnya. Pengujian yang dilakukan pada chatbot ini menggunakan metode Black box. Hasil pengujian dengan metode Black Box Testing mendapatkan hasil 100% yang valid dan UAT sebesar 94,67%

References

[1] S. Z. Doni Gusnar, “Pengembangan Chatbot Telegram di Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang,” AL-MAKTABAH, no. Vol 18, No 1 (2019): Al-Maktabah, 2019, [Online]. Available: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/16843/7642.
[2] G. Guntoro, Loneli Costaner, and L. Lisnawita, “Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language (AIML),” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 2, pp. 291–300, 2020, doi: 10.31849/digitalzone.v11i2.5049.
[3] A. D. Mulyanto, “Pemanfaatan Bot Telegram Untuk Media Informasi Penelitian,” Matics, vol. 12, no. 1, p. 49, 2020, doi: 10.18860/mat.v12i1.8847.
[4] A. Cokrojoyo, J. Andjarwirawan, and A. Noertjahyana, “Pembuatan Bot Telegram Untuk Mengambil Informasi dan Jadwal Film Menggunakan PHP,” J. Infra, vol. 5, no. 1, pp. 224–227, Program Studi Teknik Informatika Fakultas, 2017, [Online]. Available: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/5163.
[5] M. Wijaya, Junaedy, and H. Arfandy, “Perancangan Chatbot Untuk Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada Stmik Kharisma Makassar,” J. Ilmu Komput., vol. 1, pp. 1–11, 2017.
[6] A. Zubaidi and R. Ramdani, “Layanan Dan Informasi Akademik Berbasis Bot Telegram Di Program Studi Teknik Informatika Universitas Mataram,” J. Teknol. Informasi, Komputer, dan Apl. (JTIKA ), vol. 1, no. 1, pp. 103–110, 2019, doi: 10.29303/jtika.v1i1.27.
[7] D. Fajar Ramadhan, S. Noertjahjono, and J. Dedy Irawan, “Penerapan Chatbot Auto Reply Pada Whatsapp Sebagai Pusat Informasi Praktikum Menggunakan Artificial Intelligence Markup Language,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 198–205, 2020, doi: 10.36040/jati.v4i1.2375.
[8] H. Candra Rino; Riki, Riki, “Perancangan Aplikasi Chatbot Pusat Informasi Mahasiswa Pada Telegram Messenger Dengan Menggunakan Fulltext Search Boolean Mode (Studi Kasus : STMIK PGRI Tangerang),” bit-Tech, no. Vol 2 No 2 (2019): Support System, pp. 71–80, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.kdi.or.id/index.php/bt/article/view/106/59.
[9] H. Setiaji and I. V. Paputungan, “Design of Telegram Bots for Campus Information Sharing,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 325, no. 1, 2018, doi: 10.1088/1757-899X/325/1/012005.
[10] K. Marwan Noor Fauzy, “Chatbot menggunakan metode fuzzy string matching sebagai virtual assistant pada pusat layanan informasi akademik,” J. Inf. Politek. Indonusa Surakarta ISSN 2442-7942, vol. 5, no. 1, pp. 61–67, 2019.
[11] A. Suparno, “Chat Bot sebagai Implementasi Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence dengan Channel Telegram,” Aplikom, vol. 12, no. 2, pp. 47–55, 2020.
[12] T. A. Zuraiyah et al., “Mahasiswa Baru Menggunakan Recurrent Neural Network,” pp. 91–101.
[13] E. L. Amalia and D. W. Wibowo, “Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 13, no. 2, p. 137, 2019, doi: 10.32815/jitika.v13i2.410.
[14] K. U. S. Bin Lukman, Y. Yuliska, and N. F. Najwa, “Chatbot Sebagai Wadah Informasi Perkembangan Covid-19 di Kota Pekanbaru Menggunakan Platform Whatsapp,” IT J. Res. Dev., vol. 5, no. 2, pp. 234–245, 2021, doi: 10.25299/itjrd.2021.vol5(2).5842.
[15] H. E. Rosyadi, F. Amrullah, R. D. Marcus, and R. R. Affandi, “Rancang Bangun Chatbot Informasi Lowongan Pekerjaan Berbasis Whatsapp dengan Metode NLP ( Natural Language Processing ),” BRILIANT J. Ris. dan Konseptual, vol. 5, no. 1, pp. 619–626, 2020.
Published
2022-06-30
How to Cite
Amrullah, A., Anas, A., & Primajati, G. (2022). Implementasi Chatbot sebagai Virtual Assistant Penerimaan Mahasiswa Baru pada Universitas Bumigora. Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), 4(1), 17-26. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/bite.v4i1.1664
Section
Articles