Sistem Otomasi Pesan Chatbot untuk Penukaran Uang Kecil Secara Online (Studi Kasus: PT. Bank Central Asia Tbk. Cabang Denpasar)

  • Komang Tania Paramecwari ITB Stikom Bali
  • Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti ITB STIKOM Bali
  • I Kadek Risky Setiawan ITB STIKOM Bali

Abstract

PT. Bank Central Asia Tbk Cabang Denpasar adalah salah satu kantor cabang dari PT. Bank Central Asia Tbk. PT. Bank Central Asia Tbk atau BCA merupakan salah satu Bank swasta terbesar di Indonesia dengan lebih dari 1000 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satu layanan yang diberikan oleh PT. Bank Central Asia Tbk Cabang Denpasar adalah penukaran uang dari nominal besar ke nominal kecil. Proses penukaran ini sering dilakukan oleh nasabah maupun masyarakat terutama pada saat momen besar seperti hari Idul Fitri, Galungan, Kuningan, dan Imlek. Untuk melakukan proses penukaran uang tersebut, nasabah harus datang ke Cabang Permasalahan muncul ketika uang yang ingin ditukar tidak tersedia. Dengan adanya teknologi chatbot di masa kini, maka permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memindahkan peran teller kepada komputer. Sehingga proses permintaan penukaran uang dari nasabah bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke bank dan nasabah hanya perlu datang ke Bank. Sistem otomasi pesan chatbot ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, framework dari Laravel, serta message platform dari Telegram. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem otomasi pesan chatbot yang dapat menangani penukaran uang kecil secara online.

References

[1] B. Prasetyo and D. Trisyanti, “Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial,” IPTEK Journal of Proceedings Series, vol. 0, no. 5, pp. 22–27, 2018, doi: 10.12962/j23546026.y2018i5.4417.
[2] Redaksi WE Online/Ant, “Kecerdasan Buatan Dukung Implementasi Industri 4.0,” Warta Ekonomi, 2018. .
[3] B. Setiaji and F. W. Wibowo, “Chatbot Using a Knowledge in Database: Human-to-Machine Conversation Modeling,” in 2016 7th International Conference on Intelligent Systems, Modelling and Simulation (ISMS), Jan. 2016, vol. 0, no. October, pp. 72–77, doi: 10.1109/ISMS.2016.53.
[4] R. B. H, “Impact of Artificial Intelligence on Cyber Security,” International Journal of Computer Sciences and Engineering, vol. 6, no. 12, pp. 341–343, Dec. 2018, doi: 10.26438/ijcse/v6i12.341343.
[5] F. Azwary, F. Indriani, and D. T. Nugrahadi, “Question Answering System Berbasis Artificial Intelligence Markup Language,” Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, vol. 04, no. 01, pp. 48–60, 2016, doi: 10.20527/klik.v3i1.34.
[6] Mohamad Yusuf Efendi and Joni Eka Chandra, “Implementasi Internet of Things Pada Sistem Kendali Lampu Rumah Menggunakan Telegram Messenger Bot Dan Nodemcu Esp 8266,” Global Journal of Computer Science and Technology: A Hardware & Computation, vol. 19, no. 1, p. 16, 2019.
[7] Humairoh Ratu Ayu, S. W. Suciyati, H. Afriyani, and D. N. Syahputri, “Implementasi Teknologi dan Internet Of Thing (IoT) Untuk Otomasi Penyiraman Tanaman Berbasis Telegram di SDN1 Triharjo,” Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 64–70, 2022, doi: 10.30656/ka.v4i1.3960.
[8] L. Nurhayatunnufus, M. P. Ridha, and H. Maulid, “Lappybot : Chatbot Application for Information on Selecting Laptop Using the Natural Language Processing (NLP) Method,” E-Proceeding of Applied Science, vol. 6, no. 2, pp. 2586–2594, 2020.
[9] M. A. Sadikin, D. Septono, J. T. Persandian, S. Tinggi, and S. Negara, “Secure Personal Assistant Dengan Perintah Suara Berbasis Internet of Things (IoT) untuk Smart Office,” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), vol. 0, no. 0, pp. 11–2018, 2018, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/11139.
[10] M. U. Fahri, “Channel Bot Telegram Simlitabmas Secara Otomatis Dengan Memanfaatkan Web Crawler,” JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), vol. 3, no. 3, pp. 191–196, 2020, doi: 10.36085/jsai.v3i3.1138.
[11] J. J. Nathanael and N. Y. Puspita, “Perlindungan Data Nasabah Terkait Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Aktifitas Perbankan di Indonesia,” Jurnal Komunikasi Hukum, vol. 7, pp. 387–402, 2021.
[12] B. Ramdani, “Layanan Pengurusan Surat Berbasis Line Bot ( Studi Kasus Di Teknik Informatika Universitas Pasundan),” 2018.
[13] R. Singh, M. Paste, N. Shinde, H. Patel, and N. Mishra, “Chatbot using TensorFlow for small Businesses,” in 2018 Second International Conference on Inventive Communication and Computational Technologies (ICICCT), Apr. 2018, pp. 1614–1619, doi: 10.1109/ICICCT.2018.8472998.
Published
2022-06-30
How to Cite
Paramecwari, K., Suwirmayanti, N., & Setiawan, I. K. (2022). Sistem Otomasi Pesan Chatbot untuk Penukaran Uang Kecil Secara Online (Studi Kasus: PT. Bank Central Asia Tbk. Cabang Denpasar). Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), 4(1), 115-122. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/bite.v3i2.1538
Section
Articles