Sistem Informasi Antrean Pada Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat Dengan Electronic Kartu Tanda Penduduk Menggunakan Radio Frequency Identification

  • Riky Adbul Gani Anwar Universitas Bumigora
  • Kartarina Kartarina
  • Miftahul Madani Universitas Bumigora

Abstract

Guna mendapatkan pelayanan Kesehatan di Pusat Pelayanan Kesehatan masyarakat (Puskesmas) biasanya diawali dengan antrean, antrean merupakan aktivitas menunggu untuk dilayani oleh satu orang atau lebih guna mendapatkan pelayanan yang diinginkan. Pasien yang melakukan kunjungan Puskesmas, biasanya akan mendaftar terlebih dahulu ke loket dan kemudian diberikan nomor antrian manual dan petugas mencatat kedalam buku kunjungan dan buku tersebut sebagai rekam kunjungan sehingga setiap kali kunjungan, staf akan mencari buku pasien dan memastikan apakah pasien terdaftar atau tidak, yang menyebabkan proses pelayanan menghabiskan waktu lebih banyak. Dari permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian untuk sistem antrean, antrean dengan memanfaatkan teknologi IoT (Internet of Things) yaitu RFID (Radio Frequency Identification) dengan obkjek e-KTP (electronic Kartu Tanda Penduduk). Pada penelitian dengan menggunakan e-KTP yang di tempelkan pada alat RFID perekaman informasi pengunjung puskesmas cukup satu kali pendataan saja dan untuk kunjungan berikutnya pengunjung tidak perlu dicatat lagi ientitasnya, pengunjung puskesmas hanya mendaftar ke bagian/ poli yang ingin didatangi, seingga dapat memudahkan petugas / staf Puskesmas. Proses identifikasi menggunakan RFID dengan objek e-KTP dapat terjadi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik, proses identifikasi RFID membutuhkan dua perangkat yaitu tag dan reader agar dapat berfungsi dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode Guidelines for Rapid Application Engineering (GRAPPLE) agar dapat menghasilkan luaran dari sistem ringkas namun tidak mengurangi kualitas sistem yang dibangun. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pelayanan Puskesmas salah satunya pada proses antrean. Sistem Informasi Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat Menggunakan RFID dan objek e-KTP dapat dibuat dan dioperasikan dengan mikrokontroler ESP8266 sebagai pusat kendali rangkaian dan fitur Multi Database yang memudahkan dalam sinkronisasi dengan sistem Rekam Medis, sehingga sistem informasi yang di buat dapat diimplementasikan pada Puskesmas

References

[1] J. Heizer and B. Render, Operations Management : Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat, 2005.
[2] A. Helmi, “Study of Shopping Style as Expressions of Personal Values,” Review of Integrative Business and Economics Research, vol. 5, no. 1, pp. 346–356, 2016.
[3] P. A. R. Suryadhi and N. J. Manurung, “Model Antrian Pada Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 8, no. 2, 2012, doi: 10.24843/10.24843/MITE.
[4] E. B. Setiawan and B. Kurniawan, “Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan Radio Frequency Identification ( RFId ),” vol. 1, no. 2, pp. 44–49, 2015.
[5] R. Weinstein, “RFID: A technical overview and its application to the enterprise,” IT Professional, vol. 7, no. 3, pp. 27–33, 2005, doi: 10.1109/MITP.2005.69.
[6] R. Susanto, A. Ananta, A. Santoso, and M. Trianto, “Sistem Absensi Berbasis Rfid,” Jurnal Teknik Komputer, vol. 17, no. 9, pp. 67–74, 2017.
[7] R. E. Putera and T. R. Valentina, “Implementasi Program KTP Elektronik ( e-KTP ) di Daerah Percontohan,” vol. XXVII, no. 2, pp. 193–201, 2011.
[8] A. Sucipto, R. H. Kusumodestoni, A. K. Zyen, and M. Husen, “Penerapan Aplikasi Mobile Information Karimun Island Menggunakan Ionic Framework,” JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan), vol. 7, no. 1, pp. 1–30, 2018.
[9] J. Schmuller, Sams Teach Yourself UML in 24 Hours, (1st ed.). Indianapolis: Sams Publishing, 1999.
[10] W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), vol. 3, no. 2, p. 206, 2018, doi: 10.30998/string.v3i2.3048.
Published
2021-07-10
How to Cite
Anwar, R., Kartarina, K., & Madani, M. (2021). Sistem Informasi Antrean Pada Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat Dengan Electronic Kartu Tanda Penduduk Menggunakan Radio Frequency Identification. Jurnal Bumigora Information Technology (BITe), 3(1), 9-18. https://doi.org/https://doi.org/10.30812/bite.v3i1.1304
Section
Articles