Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosi

  • Dodiy Fahmeyzan STMIK Bumigora Mataram
  • Siti Soraya STMIK Bumigora Mataram
  • Desventri Etmy STMIK Bumigora Mataram
Keywords: ekonomi mikro, omzet, uji normalitas, skewness, kurtosis

Abstract

Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dari perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjual belikan. Berkaitan dengan hal tersebut peneliti mengambil judul uji normalitas omzet bulanan bagi pelaku ekonomi mikro Desa Senggigi menggunakan skewness dan kurtosis yang bertujuan untuk mengetahui penyebaran omzet bulanan pelaku ekonomi mikro Desa Senggigi. Variabel yang digunakan dalam pengujian ini adalah omzet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah skewness dan kurtosis yang dianalisis menggunakan aplikasi IBM 24, guna melihat apakah data omzet bulanan, normal atau tidaknya dan juga melihat kemencengan datanya. Dari hasil penelitian diperoleh data omzet bulanan normal, tapi belum tentu data tersebut tidak baik, karena kita bisa melihat kemencengan datanya mengarah kearah kanan positif, hal tersebut menunjukkan omzet bulanannya termasuk tinggi, hanya saja omzet bulanan yang tinggi itu tidak merata untuk semua pelaku ekonomi mikro di Senggigi.

References

[1] Reksoprajitno, Soedijono. 1993. “Pengantar Ekonomi Mikro: Perilaku Harga Pasar dan Konsumen”. Jakarta: Gunadarma.
[2] Dea, Ajeng INE, Shaleh, C, Hadi M. Pengembangan Objek Pariwisata sebagai Upaya untuk Meningkatkan Ekonomi Lokal. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 3 No.1. Hal 89-95
[3] Cahaya, GA dan Murtono IS. Hubungan Antara Indikator Makro Ekonomi dengan Pertumbuhan Credit Union di Kawasan Asia Tenggara. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 22 No.1.
[4] Farhan, M.Q. 2010. Analisis Statistika dalam Perencanaan Pembangunan Ekonomi Daerah. Jurnal Beta Vol. 3 No. 2 Hal 146-162
[5] McClave, Benson, Sincich. 2011. Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
[6] Arif Tiro, M. 1999. DASAR – DASAR STATISTKA. Makassar: UNM MAKASSAR
[7] http://kkbi.web.id/omzet
Published
2018-10-26
How to Cite
[1]
D. Fahmeyzan, S. Soraya, and D. Etmy, “Uji Normalitas Data Omzet Bulanan Pelaku Ekonomi Mikro Desa Senggigi dengan Menggunakan Skewness dan Kurtosi”, Jurnal Varian, vol. 2, no. 1, pp. 31-36, Oct. 2018.
Section
Articles