PENGARUH PELAYANAN DAN PROMOSI BANK SYARIAH INDONESIA KCP PRAYA TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT (STUDI KASUS DI DESA JAGO KECAMATAN PRAYA LOMBOK TENGAH)

  • Alwan Wijayadi Universitas Bumigora
  • Baiq Dinda Puspita Ayu Universitas Bumigora
  • Rina Komala Universitas Bumigora
  • Defel Septian Universitas Bumigora
  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Bumigora
Keywords: Promosi, pelayanan, minat menabung

Abstract

Era globalisasi telah memicu pertumbuhan pesat perbankan di Indonesia, dengan banyaknya produk perbankan yang ditawarkan baik oleh bank syariah maupun konvensional. Meskipun Indonesia mayoritas berpenduduk Muslim, banyak masyarakat yang belum memahami perbedaan antara bank syariah dan konvensional, karena kurangnya sosialisasi dan dominasi bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan pelayanan bank syariah terhadap minat nasabah menabung, untuk mengetahui pengaruh promosi produk dan pelayanan bank syariah secara bersama-sama terhadap minat nasabah menabung.Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan jumlah responden 100. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi bank syariah terhadap minat nasabah menabung. terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menabung.

References

Deni Darmawan, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Ruwaidah, Analisis Regresi : Teori, Kasus Dan Solusi, Yogyakarta : BPFE UGM, 2020.
Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Ed III. Yogyakarta: ANDI
Hani Handoko, Manajemen (edisi ke-2), Yogyakarta:BPFE-YOGYAKARTA, 2019
Sugiono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods),Bandung, Alfabeta, 2014
Published
2025-03-19