ANALISIS KEAMANAN DATA DAN DESAIN VISUAL PADA APLIKASI PEMBAYARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PENGGUNA

  • Lilik Widyawati Universitas Bumigora
  • Winda Sari Universitas Bumigora
  • I Nyoman Yoga Sumadewa Universitas Bumigora
  • Nahdlatuzzainiyah Nahdlatuzzainiyah Universitas Bumigora
  • Widia Febriana Universitas Bumigora
Keywords: Keamanan Data, Desain Visual, Aplikasi Pembayaran Digital, Kepercayaan Pengguna

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang, aplikasi pembayaran digital menjadi salah satu teknologi yang paling banyak digunakan. Namun, kepercayaan pengguna terhadap aplikasi ini sering kali dipengaruhi oleh keamanan data dan desain visual yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek keamanan data dan desain visual pada aplikasi pembayaran digital guna meningkatkan kepercayaan pengguna. Metode penelitian yang digunakan meliputi analisis literatur, survei pengguna, dan pengujian aplikasi berbasis studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi enkripsi data, autentikasi berlapis, dan sistem notifikasi transaksi secara real-time dapat meningkatkan rasa aman pengguna. Selain itu, desain visual yang sederhana, responsif, dan intuitif terbukti meningkatkan pengalaman pengguna dan kepercayaan terhadap aplikasi. Dengan mengintegrasikan pendekatan keamanan data yang kuat dan desain visual yang berorientasi pada pengguna, aplikasi pembayaran digital memiliki potensi untuk meningkatkan loyalitas pengguna serta memperluas adopsi di pasar.

References

Abushawali, M. A., Lim, Y. P., & Bedu, A. R. (2013). The Impact of New Digital Media on Graphic Designer in Jordan (p. 274). https://doi.org/10.1109/icicm.2013.34.
Auliazmi, R., Rudiyanto, G., & Utomo, R. D. W. (2021). KAJIAN ESTETIKA VISUAL INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI RUANGGURU AESTHETIC STUDIES OF VISUAL INTERFACE AND USER EXPERIENCE OF THE RUANGGURU APPLICATION. In Jurnal Seni dan Reka Rancang Jurnal Ilmiah Magister Desain (Vol. 4, Issue 1, p. 21). ht.
Ayyubi, S. A., Galuh, N., Utomo, B., Ayu, C., Dwiputra, F., & Suryanto, T. L. M. (2022). Analisis Penerimaan Ditlantas Jatim Digital Center Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). In Journal Of Information System And Artificial Intelligence (Vol. 3, Issue 1, p. 23). Universitas Mercu Buana Yogyakarta. https://doi.org/10.26486/ji.
Clarissa, & Keni, K. (2022). Effort Expectancy, Facilitating Condition, dan Trust untuk Memprediksi Behavior Intention Penggunaan e-Wallet. In Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (Vol. 6, Issue 5, p. https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i5.20316. 525). Tarumanagara University.
Devica, S. (2022). DOMPET DIGITAL: BERAGAM PROGRAM PROMOSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMBELIAN SECARA IMPULSIF. In Jurnal Bisnis Terapan (Vol. 6, Issue 1, p. 33). https://doi.org/10.24123/jbt.v6i1.4756.
Dzulfikar, A. F., & Prajarini, D. (2020). ANALISIS POLA LAYOUT APLIKASI MOBILE COMMERCE POPULER DI INDONESIA DENGAN METODE KUALITATIF HEURISTIK. In AKSA JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (Vol. 3, Issue 2, p. 489). https://doi.org/10.37505/aksa.v3i2.37.
Febrinda, R. R., & Ningsih, R. (2023). KESIAPAN DIGITALISASI SISTEM PEMBAYARAN NON TUNAI DI PASAR RAKYAT. In Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik (Vol. 13, Issue 2, p. 87). https://doi.org/10.22212/jekp.v13i2.2022.
Jundrio, H., & Keni, K. (2020). PENGARUH WEBSITE QUALITY, WEBSITE REPUTATION DAN PERCEIVED RISK TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PERUSAHAHAAN E-COMMERCE. In Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis (Vol. 4, Issue 2, p. 229). https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i2.7802.
Limantoro, E. P., & Anandya, D. (2022). Faktor-Faktor Penentu yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Mobile Payment. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 9, Issue 1, p. 119). Universitas Merdeka Malang. https://doi.org/10.26905/jbm.v9i1.7416.
Maulana, S. A., & Suzianti, A. (2019). User interface redesign in a point rewards mobile application using usability testing method (p. 43). https://doi.org/10.1145/3369985.3370001.
Putra, Y. W. S., & Hardiyanti, N. (2021). PENERAPAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA E-LIBRARY BERBASIS WEB. In Information System Journal (Vol. 3, Issue 2, p. 23). https://doi.org/10.24076/infosjournal.2020v3i2.372.
Ramadhan, T., & Purwandari, B. (2023). Analisis Tingkat Kesadaran Keamanan Informasi: Studi Kasus Pengguna Aplikasi Perbankan Digital di Indonesia Guna Mencegah Social Engineering. In Syntax Idea (Vol. 5, Issue 1, p. 86). https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v5i1.2113.
Sani, A., Pusparini, N. N., Budiyantara, A., & Supit, M. I. (2023). PENGEMBANGAN MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY UNTUK PENGGUNAAN ADOPSI MOBILE PAYMENT. In Infotech Journal of Technology Information (Vol. 9, Issue 1, p. 59). Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK). https://doi.or.
Sijabat, K. L. A. (2022). Perlindungan terhadap Nasabah Kasus : Pembobolan Kartu Kredit dengan Sistem Elektronik. In Jurnal Pendidikan Tambusai (Vol. 6, Issue 1, p. 7961). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3654.
Susilawaty, L., & Wilson, N. (2021). PERANAN BENEFITS, TRUST SERTA EASE OF USE TERHADAP USAGE INTENTION PADA SEKTOR E-PAYMENT DI JABODETABEK. In Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis (Vol. 5, Issue 2, p. 307). https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i2.11852.
Susilo, A. (2023). REGULATORY TECHNOLOGY UNTUK DIGITALISASI PROSES KEPATUHAN (STUDI KASUS BANK SWASTA DI INDONESIA). In INFOTECH journal (Vol. 9, Issue 1, p. 252). https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5460.
Wijaya, A. S., Nugroho, R. Y., & Abadi, M. (2023). Penggunaan Metode E-Payment Terhadap Kegiatan Jual Beli Pada Mahasiswa Di Jakarta. In Jurnalku (Vol. 3, Issue 2, p. 151). https://doi.org/10.54957/jurnalku.v3i2.370.
Published
2025-03-19