PENGEMBANGAN APLIKASI HELPDESK TICKETING SYSTEM BERBASIS FRAMEWORK LARAVEL

  • Elok Nur Hamdana Politeknik Negeri Malang
  • Raditya Catur Narendra Politeknik Negeri Malang
  • M. Hasyim Ratsanjani Politeknik Negeri Malang
Keywords: Helpdesk Ticketing System, SDLC, Mitra

Abstract

Pengembangan aplikasi Helpdesk Ticketing System berbasis framework Laravel di PT. Adma Digital Solusi bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan tiket pengaduan klien. Masalah yang diteliti adalah kurangnya sistem yang dapat menangani pengaduan klien secara terorganisir dan efisien. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana merancang dan mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk menangani pengaduan klien. Penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) Waterfall dan melibatkan pengujian fungsionalitas dengan metode black box untuk memastikan bahwa semua fitur dalam aplikasi berfungsi sesuai dengan kebutuhan dan perancangan mitra. Pengujian dilakukan melalui dua tahap, yaitu pengujian fungsionalitas dan user acceptance test yang dilakukan oleh mitra. Aplikasi ini berhasil meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan tiket dan memberikan kemudahan bagi tim dukungan. Aplikasi ini memberikan solusi efektif untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan produktivitas tim dukungan, dengan implikasi pada peningkatan kepuasan klien.

References

Ambani, D., & Rathod, A. (2020). Model View Controller (MVC) : A Latest Mobile & Web Application Development Approaches. Vidhyayanae E-Journal, 1-12.
Binangkit, C. A., Voutama, A., & Heryana, N. (2023). PEMANFAATAN UML (UNIFIED MODELING LANGUAGE) DALAM PERENCANAAN SISTEM PENGELOLAAN SEWA ALAT MUSIK BERBASIS WEBSITE. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 1429-1436.
Damayanti, D. A., Suyadnya, I. M., & Khrisne, D. C. (2021). Helpdesk Ticketing Information System Based on Android at Communication and Information Department of Badung Regency. Journal of Electrical, Electronics and Informatics, Vol. 5 No. 2, 41-47.
Ngarianto, H., Mulaputra, A. F., Septiany, F., & Delima, T. (2023). Analysis and Design of Ticketing Application System (Case Study: Bebek Kaleyo). JURNAL EMACS (Engineering, MAthematics and Computer Science) Vol.5 No.3 , 161-167.
Prawiro, R., Junaidi, A., Hidayat, T., & Hadi, A. F. (2023). SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS DAN PENJUALAN OBAT. Jurnal Teknik dan Teknologi Tepat Guna, 113-123.
S., R. A., & Salahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak: Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung: Informatika.
Santi, E., Budiman, T., Hidayat, S., & Kurniawan, A. (2022). RANCANG BANGUN SISTEM HELPDESK TICKETING PADA PT. KLK AGRISERVINDO. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 71-79.
Sinaga, G. R., & Samsudin. (2021). Implementation of Laravel Framework in Reservation System at Cindelaras Restaurant in Medan City. Jurnal Janitra Informatika dan Sistem Informasi, 73-84.
Wardhani, R. N., Utami, M. C., & Saputra, I. Y. (2020). SISTEM INFORMASI HELPDESK TICKETING PADA PT. BANK MEGA Tbk. Jurnal Ilmiah MATRIK, 201-207.
Wulandari, F., & Suryani, A. (2019). Implementation of helpdesk ticketing system in improving service quality of student affairs bureau in a university. International Journal of Engineering Research and Technology, 12(7), 956-962.
Published
2025-03-19