STRATEGI VISUAL BRANDING HAVARA JERSEY DALAM MEMPERKUAT BISNIS DIGITAL DENGAN PENDEKATAN MARTY NEUMEIER

  • Hasbullah Hasbullah Universitas Bumigora
  • Lutfia Budiman Universitas Bumigora
  • Widia Febriana Universitas Bumigora
  • Rahmat Aldian Shiddiq Universitas Bumigora
  • I Nyoman Yoga Sumadewa Universitas Bumigora
  • Nahdlatuzzainiyah Nahdlatuzzainiyah Universitas Bumigora
Keywords: Visual Branding, Havara Jersey, Identitas Merek, Strategi Pemasaran

Abstract

Strategi visual branding menjadi aspek penting bagi bisnis untuk menciptakan identitas yang kuat dan menarik perhatian pasar. Harvara Jersey, sebuah merek lokal dalam membangun bisnis, menepatkan startegi visual branding sebagai power dalam stretegi pemasaran. Namun, bagaimana strategi visual branding Havara Jersey dalam memperkuat pemasaran produk mereka. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji strategi visual branding Havara Jersey dalam memperkuat pemasaran. metode kualitatif dengan berlandasan teori branding Marty Neumeier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip branding Marty Neumeier mampu meningkatkan kesadaran merek, memperkuat hubungan emosional dengan audiens, dan memperluas jangkauan pasar digital. Studi ini memberikan wawasan strategis bagi pelaku bisnis lokal untuk membangun identitas merek yang unggul di era kompetisi digital.

References

Aditya, D., Sumarni, M., Sari, J. D. P., & Chalil, R. D. (2024). Strategi visual branding dalam meningkatkan minat beli ulang Mie Balap Mak Nong di Kota Langsa. Journal of Management and Digital Business, 4(1), 80-96.
Agustin, S. A. (2021, May). Branding strategy of contemporary coffee shops in Indonesia. In 2nd International Conference on Business and Management of Technology (ICONBMT 2020) (pp. 82-89). Atlantis Press.
Amrullah, H. F., Asse, R. A. A., & Nugraha, R. P. (2021). OPTIMASI PEMASARAN MENGGUNAKAN MEDIA BARU PADA ERA NORMAL BARU (STUDI KASUS FACEBOOK MARKETING BRAND ZHFRN). In JRK (Jurnal Riset Komunikasi) (Vol. 12, Issue 1). https://doi.org/10.31506/jrk.v12i1.11593 Bahasa
Arumsari, R. Y., & Utama, J. (2018). KAJIAN PENDEKATAN VISUAL IKLAN PADA INSTAGRAM. In Jurnal Rupa (Vol. 2, Issue 1, p. 52). https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v2i1.230
Azzahra, S. (2021). PERSEPSI PENGGUNA TWITTER TERHADAP KEPRIBADIAN MEREK DAN KORELASINYA DENGAN SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT. In Jurnal Gama Societa (Vol. 3, Issue 2, p. 19). https://doi.org/10.22146/jgs.63894
Eprilianto, D. F. (2022). Inovasi Digital dalam Sektor Publik: Studi Deskriptif Tentang Value Added Inovasi Pelayanan Kesehatan. Jurnal El-Riyasah, 13(1), 33-49.
Fauziyah, W., & Julaeha, L. (2022). Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Pembelian Impulsif yang Dimediasi Emosi Positif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 111-122. https://doi.org/10.5281/zenodo.6548380
Franzia, E. (2018). Pengaruh Sinergi Foto Profil Media Jejaring Sosial dalam Meningkatkan Personal Branding. Panggung, 28(1), 33-34.
Fu, L. (2022). A Brand Image Design Service Model Using the Visual Communication Technology under the Background of Internationalization. In Wireless Communications and Mobile Computing (Vol. 2022, p. 1). Wiley. https://doi.org/10.1155/2022/5922967
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. In Jurnal Loyalitas Sosial Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences (Vol. 3, Issue 2, p. 77). https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85
Herbayu, T. (2022). PENGARUH ARTIFICIAL INTELEGEN DAN TECHNOLOGY ACCEPTED MODEL TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI GENERASI MELLENIAL DI KODYA JAKARTA TIMUR. In Jurnal Ekonomi dan Industri (Vol. 23, Issue 2). https://doi.org/10.35137/jei.v23i2.737
Irnando, K., & Irwansyah, I. (2021). Presentasi diri influencer dalam product endorsement di instagram. In Deleted Journal (Vol. 5, Issue 2, p. 509). https://doi.org/10.25139/jsk.v5i2.2649
Larasati, M., Albar, B. B., & Hidayat, F. (2021). Pengaruh Ethnocentrism Consumer dan Status Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Kosmetik Lokal di Kota Padang. In Jurnal Manajemen Stratejik dan Simulasi Bisnis (Vol. 2, Issue 1, p. 52). https://doi.org/10.25077/mssb.2.1.52-68.2021
Mardhiyani, N. L., & Budiastuti, L. (2023). Implementing The Visual Storytelling Model as a Branding Strategy. https://www.e3sconferences.org/articles/e3sconf/pdf/2021/93/e3sconf_icenis2021_02018.pdf
Muljosumarto, C., Jessica, S., & Naftali, J. J. (2022). Perancangan Strategi Visual Branding C&F Laundry Service Cerme, Gresik Secara Online Saat Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Petra Christian University).
Musnur, I. (2018). Analsis Penambahan Fungsi dan Makna Seragam (Jersey) pada Pendukung Club Sepak Bola. Narada, 5(1), 111-130.
Neumeier, Marty. 2013. The Dictionary of Brand. USA: Almaden Press.
Prawityasari, A., Nabila, A. P., & Hutagalung, Y. B. (2022). Strategi Komunikasi Media Sosial dalam Meningkatkan Citra Merk. In Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi (Vol. 22, Issue 2, p. 938). https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2101
Putra, M. C. Z. A., & Oemar, E. A. B. (2020). Analisis Strategi Visual Branding Flip Burger Dengan Pendekatan Teori Branding Marty Neumeier. BARIK-Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(3), 89-102.
Rizal, M., Laila, A. N., Ali, N., Rohmah, N., Maula, M. H. N., & Waasiah, R. (2021). Sosialisasi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa. In Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) (Vol. 2, Issue 4, p. 287). https://doi.org/10.33474/jp2m.v2i4.13569
Sovianti, R., Nursyamsi, S. E., & Siregar, N. (2023). Public Relations Strategy in Building Personal Branding of Visual Artists. Jurnal Ekonomi, 12(01), 135-140.
Sumadewa, I. N. Y., & Ferbriana, W. (2014). Berpikir Kreatif ala Desainer: Desain Komunikasi Visual (Vol. 5, Issue 1, p. 1). The Journal Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.55314/tjp.v5i1.820
Wulandari, I. C., & Silitonga, P. (2023). Increasing Purchasing Decision Goals at Ketapang Roast Coffee Through Social Media Interaction. In Indonesian Journal of Interdisciplinary Research in Science and Technology (Vol. 1, Issue 4, p. 235). https://doi.org/10.55927/marcopolo.v1i4.4381
Published
2025-03-19