PENGARUH KUALITAS PRODUK, BRAND IMAGE, WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK MS GLOW DI KOTA DENPASAR
Abstract
Perkembangan industri kosmetik yang pesat telah mendorong memingkatnya persaingan di pasar, khususnya dalam menarik keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi dan menganalisis pengaruh kualitas produk, brand image, word of mouth terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Ms Glow di Kota Denpasar. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 96 responden yang merupakan konsumen pengguna produk kosmetik Ms Glow di Kota Denpasar, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data diambil dengan kuesioner skala likert dan diolah menggunakan Statistical Program for Social Science (SPSS) 25.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh brand image dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.
Arinawati, E., & Suryadi, B. (2021). Penataan produk SMK/MAK kelas XII. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Babin, B. J., Lee, Y. K., Kim, E. J., & Griffin, M. (2015). Modeling consumer satisfaction and word- of-mouth: Restaurant patronage in Korea. Journal of Services Marketing, 19(3), 133-139.
Edriani, D. (2021). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Ekobistek, 5(2), 132-135.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17- 32.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA, 4(1), 176-188.
Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di Shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110-118.
Hidayat, C. N., & Setiawati, C. I. (2021). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian pada Bhinneka.com. eProceedings of Management, 8(4).
Huda, N. (2020). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian motor scuter matic Yamaha di Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 37-43.
Jecky, J., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh iklan media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian. Prologia, 5(2), 307-312.
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop Shopee di Pekanbaru. Jurnal Valuta, 4(1), 71-85.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Liyono, A. (2022). Pengaruh brand image, electronic word of mouth (e-WOM) dan harga terhadap keputusan pembelian produk air minum galon Crystalline pada PT. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(1), 73-91.
Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh brand image dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227-238.
Marpaung, F. K., Simarmata, M. W. A., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Indomie pada PT. Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 1(1), 49-64.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu. Bandung: Pustaka Setia.
Purnama, P., Anggraini, R., Hartono, A., & Ernungtyas, N. F. (2019). Terpaan iklan digital, word of mouth, dan komunikasi pemasaran interaktif pada keputusan pembelian produk perawatan tubuh. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 9(2), 192-209.
Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98-104.
Sapitri, E., Sampurno, S., & Hayani, I. (2020). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(2), 231-240.
Sernovitz, A. (2012). Word of mouth marketing: How smart companies get people talking. Austin: Greenleaf Book Group Press.
Tjiptono, F. (2019). Kepuasan pelanggan: Konsep, pengukuran, dan strategi. Yogyakarta: Andi Offset. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, quality & satisfaction (Edisi 3). Yogyakarta: Andi.
Winalda, I. T., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh word of mouth dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Bebek Sinjay Bangkalan. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 10(1), 1573-1582.
Yahya, B., & Yuniarto, A. S. (2024). Pengaruh word of mouth, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen Warmindo. Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Perencanaan Kebijakan, 2(1), 13-13.