ANALISIS KETERKAITAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DAN HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA KINERJA PENJUALAN

  • Logi Mulawarman
  • L. Jatmiko Jati
  • Carolina Shagan
Keywords: istem Pengendalian Manajemen, Hukum Perlindungan Konsumen, Kinerja Penjualan

Abstract

Fenomena yang terjadi dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan penjualan yang konsisten dari CV. WK Interior yang dibarengi dengan prestasi tingkat kedisiplinan dan kerjasama yang baik antar pegawai, maupun antara pegawai dengan manajemen perusahaan. Fenomena di atas menarik perhatian tim peneliti untuk menemukan jawaban atas hal apa yang menyebabkan fenomena tersebut terjadi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian manajemen yang diterapkan oleh CV. WK Interior sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan pimpinan dalam membentuk motivasi kerja dan loyalitas pegawai yang tinggi pada perusahaan. Selain itu, penerapan sistem pengendalian manajemen yang baik dan fokus perusahaan untuk menjamin terpenuhinya hak konsumen berdasarkan hukum perlindungan konsumen berpengaruh positif pada kinerja penjualan. Hal ini dapat dilihat dari berkembangnya perusahaan dari tahun ketahun dalam mendapatkan klien.

References

Arafat, R. (2013). Pengaruh Dimensi Sales Skill terhadap Kinerja Penjualan. Management Analysis Journal, 2(1), 110-118.
Hardani, Ustiawaty, J., Andriani, H., Istiqomah, R. R., Sukmana, D. J., Fardani, R., . . . Utami, E. F. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/340021548_Buku_Metode_Penelitian_Kualitatif _Kuantitatif
I Gusti Agung Wisudawan, “Perlindungan Hak Cipta Kain Tenun Tradisional Khas Lombok Menurut Undang-Undang Hak Cipta Tahun 2002 Di Kabupaten Lombok Tengah,” GaneÇ Swara, 4.1 (2010), 6–12.
Jati, L. J., Nuryakin, & Handayani, S. D. (2022). Service Innovation, Service Delivery System, and Customers' Satisfactory's Correlation with Official Honda's Dealer's Customers' Loyalty. Interdisciplinary Social Studies, 1(4), 403-412. doi:https://doi.org/10.55324/iss.v1i4.84
Mangkunegara. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda karya.
Muhadi, A., & Sukamulja, S. (2012). Penyusunan Anggaran sebagai Alat Pengendalian Manajemen Kasus PT Pupuk Kalimantan Timur. Repository UGM. Diambil kembali dari http://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/52087
Musa, S. H. (2013). Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen untuk Meningkatkan Kinerja Manajer Penjualan pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 1790-1798.
Pratipta, H. (2015). Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen pada Pusat Pendapatan dan Pusat Biaya untuk Meningkatkan Kinerja Manajer Penjualan. E-Jurnal Unisri, 121-126.
Qamari, I. N., Herawati, R., Handayani, S., Junaedi, F., & Jati, L. J. (2020). Digitalisasi Bisnis Kelompok UMKM Di Desa Poncosari, Bantul, Yogyakarta, Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 310-315. doi:https://doi.org/10.18196/ppm.32.211
Simamora, B. (2002). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumarsan, T. (2013). Sistem Pengendalian Manajemen: Konsep, Aplikasi, dan, Pengukuran Kinerja. Jakarta: Indeks.
Swastha, B. (1989). Manajemen penjualan. Yogyakarta: BPFE.
Terry, G. R. (1968). Principles of Management. Illinois.
Ummah, V. Z. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Departemen Teknik PT. Pelindo Marine Service). Jurnal Ilmu Manajemen, 5(4), 1-7.
Published
2025-03-19