PENTINGNYA ELEMEN ESTETIKA DALAM DESAIN LOGO UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING BISNIS DIGITAL

  • Baiq Yayi Vinastika Universitas Bumigora
  • I Nyoman Yoga Sumadewa Universitas Bumigora
  • Widia Febriana Universitas Bumigora
  • Nahdlatuzzainiyah Nahdlatuzzainiyah Universitas Bumigora
  • Nurul Indriani Universitas Bumigora
  • Izzatul Ulya Khae Roni Universitas Bumigora
Keywords: Desain logo, Elemen estetika, Bisnis digital, Daya saing

Abstract

Dalam era bisnis digital saat ini, peran elemen estetika dalam desain logo menjadi semakin penting untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana elemen estetika dalam desain logo dapat berkontribusi pada peningkatan kinerja bisnis digital. Metode yang digunakan adalah studi literatur dan analisis dokumen visual. Hasil utama penelitian menunjukkan bahwa logo yang memiliki desain estetik yang kuat dapat meningkatkan brand awareness, kredibilitas perusahaan, dan loyalitas pelanggan, yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan profitabilitas bisnis digital (Kasmana, 2010) (Pradipta, 2021). Kontribusi penelitian ini adalah memberikan wawasan bagi praktisi dan akademisi tentang pentingnya elemen estetika dalam desain logo sebagai strategi pemasaran yang efektif di era persaingan bisnis digital yang semakin ketat.

References

Alim, M. M., & Rahim, R. S. A. (2021). ). Visual Rhetoric in Visual Communication: Theory and Concepts in Public Service Announcements Advertising Campaign. In International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences (Vol. 11, Issue 9). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i9/.
Asyari, A. (2016). Pemberdayaan ekonomi ibu-ibu rumah tangga di Desa Petuluan Indah Lingsar melalui pengembangan manajemen pemasaran home industri (kerupuk ikan). In TRANSFORMASI Jurnal Pengabdian Masyarakat (Vol. 12, Issue 2, p. 198). https://doi.org/10.20414/transformasi.
Bloch, P. (1995). Seeking the Ideal Form: Product Design and Consumer Response. In Journal of Marketing (Vol. 59, Issue 3, p. 16). SAGE Publishing. https://doi.org/10.2307/1252116.
Cahyadi, D. (2017). Membangun Infrastruktur Kurikulum Prodi DKV Berbasis Core Busines Competencies. In JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia) (Vol Visual Rhetoric in Visual Communication: Theory and Concepts in Public Service Announcements Advertising Ca.
Dawami, A. K., & Muhammad, R. (2021). Fenomenologi Desain: Pengungkapan Pengalaman Desainer dalam Desain Komunikasi Visual. In Human Narratives (Vol. 2, Issue 2, p. 108). https://doi.org/10.30998/hnr.v2i2.968. (Vol.
Henderson, P. W., & Cote, J. A. (1998). Guidelines for Selecting or Modifying Logos. In Journal of Marketing 62, Issue 2, https://doi.org/10.1177/002224299806200202.p.14). SAGE Publishing.
Hu, H., & Chen, Y. (2010). Application of dynamic logos in modern visual system (Vol. 10, p. 392). https://doi.org/10.1109/caidcd.2010.5681325.
Iqbal, B. M., Utami, F. F., & Ardi, R. (2019). Analysis of On-Board Passenger Information Display Interface in Mass Transportation Modes Based on Emotional Design (p. 228). https://doi.org/10.1145/3364335.3364357.
Kasmana, K. (2010). TREN GAYA VISUAL LOGO DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEABADIAN PENGGUNAAN. In Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.33375/vslt.v2i1.1091.
Manik, S. I. (2019). Proses Digital Imaging Iklan Cetak Indonesia. In Jurnal Senirupa Warna (JSRW)/Jurnal Seni Rupa Warna (Vol. 6, Issue 1). https://doi.org/10.36806/jsrw.v6i1.31.
Pamungkas, B. A., & Indrawan, A. A. G. A. (2022). Logo sebagai Media Komunikasi Teknologi Analisis Semiotika pada Logo Meta. In Jurnal SASAK Desain Visual dan Komunikasi (Vol. 3, Issue 2, p. 67). https://doi.org/10.30812/sasak.v3i2.1696.
Park, C. W., Eisingerich, A. B., Pol, G., & Park, J. W. (2012). The role of brand logos in firm performance. In Journal of Business Research (Vol. 66, Issue 2, p. 180). Elsevier BV. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2012.07.011.
Permatasari, A., & Kartikowati, M. (2018). The influence of website design on customer online trust and perceived risk towards purchase intention: a case of O2O commerce in Indonesia. In International Journal of Business and Globalisation (Vol. 21, Issue 1, p. 74). Inderscience Publishers. https:/.
Pradipta, D. A. (2021). Miskomunikasi Visual dalam Poster Instagram Story acara Gelar Cipta Tata Rias Indonesian Folklore. https://doi.org/10.24821/dkv.v1i2.4867. In DeKaVe (Vol. 1, Issue 2, p. 14).
Ratyaningrum, F., Trisakti, Angge, I. C., & M. (2021). Development of Pamekasan Batik Motifs as the Application of Product Diversifications. In Advances in Social Science, Education and Humanities Research/Advances in social science, education and humanities research. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.0.
Reza, F., Nasrudin, N., Sugiarta, N., & Hanafi, H. (2021). STRATEGI BRANDING PIJAKBUMI DALAM MEMBANGUN BRAND. In ArtComm Jurnal Komunikasi dan Desain (Vol. 4, Issue 2, p. 109). https://doi.org/10.37278/artcomm.v4i2.443.
Rudiyanto, G., C.S, E., & Udanarto, U. (2014). PAPAN NAMA SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI VISUAL PEMASARAN KELOM GEULIS DI TASIKMALAYA. In Jurnal dimensi seni rupa dan desain (Vol. 11, Issue 2, p. 229). Trisakti University. https://doi.org/10.25105/dim.v11i2.230.
Sari, R. M., Afriani, S., & Irwanto, T. (2020). THE EFFECT OF BRAND IMAGE AND MIX MARKETING ON CUSTOMER LOYALITY IN PT. SUNGAI BUDI GROUP BENGKULU. In BIMA Journal (Business Management & Accounting https://doi.org/10.37638/bima.1.1.1-9. (Vol. Journal) (Vol.1, Issue 1,p.1).
Sumadewa, I. N. Y., & Ferbriana, W. (2014). Berpikir Kreatif ala Desainer: Desain Komunikasi Visual 5, Issue 1,p.1). https://doi.org/https://doi.org/10.55314/tjp.v5i1.820. The Journal Publishing.
Tuti, M., & Dwiyanti, M. (2022). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan menginap melalui citra merek. In Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen (Vol. 5, Issue 2, p. 149). Lembaga Penelitian Universitas https://doi.org/10.33603/jibm.v5i2.5126. Swadaya Gunung Jati.
Yun-xi, W. (2020). ). On the Application of Dynamic Logos in Brand Image Design. In Learning & Education (Vol. 9, Issue 1, p. 13). https://doi.org/10.18282/l-e.v9i1.868.
Published
2025-03-19