ANALISIS PERSEPSI WISATAWAN LOKAL TERHADAP PERKEMBANGAN DESA WISATA DI DESA SEMBALUN

  • Syarifa Lala Najua Chaikal Universitas Bumigora
  • Lady Faerrosa Universitas Bumigora
  • L. Jatmiko Jati Universitas Bumigora
Keywords: Persepsi Wisatawan, Perkembangan Desa Wisata, Desa Wisata Sembalun

Abstract

Fenomena yang terjadi dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan kunjungan yang konsisten dari wisatawan lokal yang berkunjung ke Desa Wisata Sembalun setelah ditetapkannya desa sembalun menjadi desa wisata, Fenomena di atas menarik perhatian tim peneliti untuk menemukan jawaban atas hal apa yang menyebabkan fenomena tersebut terjadi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi wisatawan lokal Desa Wisata Sembalun, secara keseluruhan mengatakan menyukai perkembangan desa yang terjadi, tidak terjadi distorsi dalam interpretasi oleh wisatawan terhadap pesan-pesan yang ingin disampaikan pengembang. Selain itu faktor-faktor yang mempengaruhi wisatawan berkunjung ke Desa Wisata Sembalun, secara keseluruhan wisatawan memiliki pertimbangan utama yakni keindahan alam, kondisi iklim, destinasi wisata, dan relaksasi. Sedangkan proses pengambilan keputusan berkunjung di pengaruhi oleh aspek produk, pribadi dan sosial. Sehingga wisatawan merasa kebutuhannya batinnya terpenuhi dan merasakan kepuasan atas keputusan berkunjungnya.

References

Ananda, M. T. U. (2022). Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Melalui Green Tourism Di Taman Hutan Raya K.G.P.A.A Mangkunagoro I Karanganyar. 9, 356–363.
Andriani, & Sri, A. D. M. C. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import Di Tempat Biasa Thrift Store Surabaya. Journal Of Sustainability Business Research, 2(1), 194–207.
Arianto, N., & Patilaya, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Kreatif: Pemasaran, Sumberdaya M Anusia Dan Keuangan, Vol. 6, No. 2, April 2018, 6(2), 143–154.
Aritonang, D. M. (2010). Sistem Presidensial Pasca Amandemen Uud 1945. Mimbar Hukum, 22(2), 391–407.
Aryandi, J., & Onsardi. (2020). Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. 117–127.
Chakim, L. (2016). Manajemen Dakwah Bil-Hal: Strategi Pemasaran Koperasi Syariah. Naspa Journal, 42(4), 1.
Daga, R. (2014). Citra, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Pelanggan. In News.Ge (Issue May 2017).
Dewi, K. (2022). Jenis Penelitian Ini Menggunakan Penelitian Kuantitatif . Populasi Dalam Penelitian Ini Yaitu Konsumen Yang Pernah Melakukan Pembelian Produk Not Bad Secondhand . Teknik Pengambilan Sampel Menggunakan Metode Non Probability Sampling Yaitu Pengambilan Samp. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen : Volume 11, Nomor 2, Februari 2022.
Firdaus, A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Phenomenology Dan Grounded Theory.
Frey, B. B. (2022). Semi-Structured Interview. The Sage Encyclopedia Of Research Design. Https://Doi.Org/10.4135/9781071812082.N555
Haryantini, B. A., Sunantra, I. M., Wardhana, A. W., & Arifin, Z. (2023). Kecamatan Sembalun Lombok Timur [ Advanced And Quality Agriculture In Sembalun Village , Sembalun District , East Lombok ]. 44–51.
Jasmine, K. (2014). Dinamika Komunikasi Pelaku Usaha Kepariwisataan Di Era Pandemi Covid19 (Studi Di Desa Senaru Kec. Bayan Kabupaten Lombok Utara). Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 19.
Kiki, N. C. (2021). Persepsi Merupakan Suatu Proses Kognitif Yang Dialami Oleh Setiap Individu Disaat Menerima Segala Informasi Tentang Lingkungannya, Informasi Tersebut Diterima Lewat Penglihatan, Pendengaran, Penghayatan, Perasaan Dan Penciuman. Industry And Higher Education, 3(2), 6. Http://Journal.Unilak.Ac.Id/Index.Php/Jieb/Article/View/3845%0ahttp://Dspace.Uc.Ac.Id/Handle/123456789/1288
Muhammad Ridha. (2012). Hubungan Antara Body Image Dengan Penerimaan Diri Pada Mahasiswa Aceh Di Yogyakarta. Empathy, 1(1), 113.
Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 8(2), 177–1828. Http://Fisip.Untirta.Ac.Id/Teguh/?P=16/
Paendong, M. (2016). Di Galeri Smartfren Cabang Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(04), 387–395.
Pratiwi, Komalasari, M. A., & Hilmi, F. (2023). Adaptasi Sosial Ekonomi Masyarakat Akibat Pembangunan Pariwisata Di Desa Sembalun Bumbung Kecamatan Sembalun. Sensosio Unram: Seminar Nasional Sosiologi, 4, 579–598.
Putri, D. A. (2017). Hubungan Kualitas Produk Dengan Keputusan Pembelian Handphone Android Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Medan Area. 35.
Rasyidin, R., & Harahap, R. M. (2024). Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Arab: Gerakan Peningkatan Antusias Santri Dan Narasi Adaptasi Pesantren Terhadap Perkembangan Teknologi. Journal On Education, 6(2), 12976–12984. Https://Www.Jonedu.Org/Index.Php/Joe/Article/View/4988
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. Https://Doi.Org/10.18592/Alhadharah.V17i33.2374
Safitri, D., Saufi, A., Putra, D., & Sakti, B. (2022). Studi Revisit Intention Wisatawan Muslim Ke Lombok Dalam Konteks Pariwisata Halal. 11(4), 308–320. Https://Doi.Org/10.29303/Jmm.V11i4.740 Samiaji Sarosa. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif.
Sarmiadi, Yanita, N., & Suryani, Y. (2021). Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata Bagi Kelompok Sadar Wisata Saiyo Desa Tungka Selatan Kecamatan Pariaan Utarakota Pariaman. Jurnal Abdimas: Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 2(1), 32–35.
Sitasari, N. W. (2022). Mengenal Analisa Konten Dan Analisa Tematik Dalam Penelitian Kualitatif Forum Ilmiah. Forum Ilmiah, 19(1), 77–84. Https://Digilib.Esaunggul.Ac.Id/Public/Ueu-Journal-23188-11_2248.Pdf
Shelemo, A. A. (2023). Strategi Pengembangan Desa Wisata Sembalun Pasca Ditetapkan Sebagai Agrowisata Berbasis Masyarakat Di Kabupaten Lombok Timur. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Solikatun, S., Wijayanti, I., & Komalasari, M. A. (2021). Integrasi Alam Dan Budaya Lokal Masyarakat Adat Sembalun Lawang. Sangkép: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 4(1), 117128. Https://Doi.Org/10.20414/Sangkep.V4i1.1667
Sulistyani, A., Sidiql, R. S. S., & Yesicha, C. (2020). Persepsi Masyarakat Lokal Terhadap Pengembangan Desa Wisata Berbasis Adat. Jurnal Kebijakan Publik, 11(1), 39. Https://Doi.Org/10.31258/Jkp.11.1.P.39-46
Wahyu, Y. I. (2018). Faktor Faktor Pendorong Orang Membeli Pakaian Bekas Di Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fe Usd, 1–50.
Wahyulina, S., Darwini, S., Retnowati, W., & Oktaryani, S. (2018). Persepsi Wisatawan Muslim Terhadap Sarana Penunjang Wisata Halal Dikawasan Desa Sembalun Lawang Lombok Timur. Jmm Unram - Master Of Management Journal, 7(1), 32–42. Https://Doi.Org/10.29303/Jmm.V7i1.400
Wawan, I. S. (2016). Journal Of Responsible Tourism. 3(3), 1–23.
Wiradiputra, F. A., & Brahmanto, E. (2016). Analisis Persepsi Wisatawan Mengenai Penurunan Kualitas Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung. Pariwisata, Iii, No.2(2), 129-137 Issn: 2355-6587.
Published
2025-03-19