PENGARUH CITRA MEREK, PENERAPAN AKAD MUDHARABAH DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DENGAN RELIUGUISITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA BANK NTB SYARIAH CABANG GERUNG)

  • kaela livitia suryani
  • baiq dinda puspita ayu
  • rina komala
  • defel septian
  • R.Ayu Ida Aryani

Abstract

Fenomena konversi PT. Badan Pembiayaan Daerah NTB menjadi Bank NTB Syariah yang menyebabkan penurunan aset, dana pihak ketiga dan pembiayaan karena adaptasi nasabah dalam menerima produk dan jasa dengan skema syariah dan mempertimbangkan kembali dalam membuat keputusan menabung. Data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada nasabah Bank NTB Syariah Kantor Cabang Gerung dengan sampel sebanyak 400 responden. Hasil penelitian menunjukkan variabel citra merek, penerapan akad mudharabah dan kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung. Variabel religiusitas tidak dapat memperkuat pengaruh citra merek dan kepercayaan, sedangkan religiusitas dapat memperkuat pengaruh penerapan akad mudharabah terhadap keputusan menabung. Citra merek,

References

Ruwaidah, S. H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Shariah Governance Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Muhasabatuna : Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 79.
Dennis, S. E. (2018). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah Mandiri Depok. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakartai, 1–85.
Triana, L., Yuliah, Y., & Widodo, W. (2020). Persepsi Calon Nasabah Perbankan Konvensional Dan Syariah Melalui Teori Perilaku Terencana Pada Mahasiswa Universitas Bina Bangsa. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 96– 106.
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.
Ajzen, I. (2005), Attitudes, Personality and Behavior, New York. USA: Open University Press
Lestari, (2015). Pengaruh religiusitas,Produk Bank,Kepercayaan,Pengetahuan dan Pelayanan terhadap preferensi menabung pada perbankan syariah. Jurnal Ilmiah Malang, (Vol. 3, no 1)
Siregar, Z. A., & Yanti, N. S. (2022). Implementation of Maqashid Syariah to the Customer Service Unit in Providing Services to Customers at PT . Bank Sumut Syariah KCP Lubuk Pakam. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 417–426.
Nahdiyin. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Pendidikan dan Pendapatan terhadap Minat Nasabah untuk Menabung pada Bank NTB Syariah. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 11(2), 123–142.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
2025-03-19