Sosialisasi Peran Penggunaan Management Learning System sebagai Platform Pembelajaran Daring untuk Mendukung Pembelajaran Mandiri

  • Dedi Aprianto Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Lalu Zazuli Azhar Mardedi Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Sutarman Sutarman Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Wira Hendri Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Hairani Hairani Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Muhammad Innuddin Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Lela Rahmawati Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
Keywords: Management Learning System (MLS), Pembelajaran Daring, Pembelajaran Mandiri

Abstract

keterbatasan kesadaran mahasiswa tentang optimalisasi penggunaan MLS sebagai media yang dapat menunjang belajar mandiri meskipun telah diterapkan sebagai media belajar komplementer, tetapi belum sepenuhnya efektif. Sehingga hal ini mengurangi potensi maksimal dalam mendukung proses belajar mereka. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mahasiswa mengenai penggunaan Management Learning System (MLS) dalam mendukung pembelajaran mandiri. Isu yang diangkat adalah rendahnya kesadaran mahasiswa tentang MLS, yang berdampak pada efektivitas pembelajaran daring guna meningkatkan pembelajaran mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan, yaitu sosialisasi; ceramah, diskusi, tanya-jawab, dan demonstrasi langsung. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan PkM ini menunjukkan bahwa bahwa (85%) peserta merasa lebih memahami cara menggunakan MLS setelah pelatihan, dan (78%) merasa siap untuk menerapkan MLS dalam pembelajaran mandiri. Selain itu, (90%) peserta menyatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi mereka. Kesimpulan kegiatann ini menunjukkan keberhasilan dalam memperkuat pemahaman mahasiswa tentang penggunaan MLS, sekaligus mendukung peningkatan pembelajaran mandiri dalam konteks pembelajaran daring.

References


Akbar, A., Wahid, A., Bahri, S., Ansar, A., & Nur, A. (2023). Penerapan sistem teknologi pembelajaran dalam pendidikan nasional. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1), 119–130. https://doi.org/10.55623/au.v4i1.201
Alturki, U., & Aldraiweesh, A. (2021). Application of learning management system (LMS) during the covid-19 pandemic: A sustainable acceptance model of the expansion technology approach. Sustainability (Switzerland), 13, 1–16. https://doi.org/10.3390/su131910991
Baharuddin, R. A., Rosyida, F., Irawan, L. Y., & Utomo, D. H. (2022). Model pembelajaran self-directed learning berbantuan website notion: meningkatkan kemampuan berpikit kritis siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 245–257. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52017
Baki, R., Birgoren, B., & Aktepe, A. (2021). Identifying factors affecting intention to use in distance learning systems. Turkish Online Journal of Distance Education, 22(2), 58–80. https://doi.org/10.17718/tojde.906545
Bako, Y. A., Hutasoit, R. M., & Buntoro, I. F. (2021). Efektivitas pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 terhadap motivasi belajar mahasiswa fakultas kedokteran universitas Nusa Cendana. Cendana Medical Journal, 22(2), 306–315. https://doi.org/10.35508/cmj.v9i2.5984
Finishtya, F. C., & Sriniyati. (2022). Determinan kompetensi mahasiswa akuntansi pada perguruan tinggi vokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Equity, 25(1), 61–76. https://doi.org/10.34209/equ.v25i1.4433
Hamsar, I., Nurpratiwi, N., Azzam, M. . I., Yunus, M. J., Safanah, N. A. A., & Nur, S. E. (2023). Persepsi E-learning Dengan Kepuasan Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi. JJUPITER: Jurnal Pendidikan Terapan, 1(2), 13–21. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i2.71
Hardiantiningsih, & Widodo, A. (2022). Apakah mahasiswa nyaman dengan pembelajaran daring? Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (IKIP), 11(1), 21–29. https://doi.org/10.47178/jkip.v11i1.1496
Haryani, F., & Poniam, B. (2021). Evaluation of learning management system (LMS) canvas amidst pandemic: students’ perspectives. Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 94–110. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v17i2.935
Hidayah, A. N., Ferine, M., & Wicaksono, R. B. (2022). Karakteristik kesiapan belajar mandiri mahasiswa characteristics of students self directed learning readiness. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia (JPTI), 3(4), 379–383. https://doi.org/10.52436/1.jpti.209
Lien, C. T. X. (2023). Benefits and challenges of using LMS in blended learning: Views from EFL teachers and students at a Vietnamese public university. International Journal of TESOL & Education, 3(3), 78–100. https://doi.org/10.54855/ijte.23335
Mahzum, E., Sofyan, H., Nasrudin, M. F., Mailizar, M., & Herliana, F. (2023). Analysis of the utilization of the Learning Management System (LMS) as a learning media in the Physics Education Department Universitas Syiah Kuala. ECS; The Electrochemical Society, Advancing Solid State & Electromechical Science & Technology. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2596/1/012070
Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, Purwoto, Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi pendidikan sebagai jembatan reformasi pembelajaran di Indonesia lebih maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i1.6390
Murtopo, A., Rahmaisyah, & Jusmaini. (2023). Peran teknologi pendidikan dalam perspektif merdeka belajar di era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 11(2), 1–9. https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63
Nisa, H., Disman, & Dahlan, D. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran kolaboratif teknik group investigation terhadap kemampuan berpikir analisis peserta didik. MANAJERIAL, 3(5), 157. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.10277
Pamungkasari, E. P., & Probandari, A. (2012). Pengukuran kemampuan belajar mandiri pada mahasiswa pendidikan profesi dokter. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 492–510.
Pradnyana, P. B., Astuti, N. P. E., Darmayanti, N. W. S., Seran, Y. B., Bere, M. L., Wedayanthi, L. M. D., Sueca, I. N., & Numertayasa, I. W. (2024). Pendampingan pelaksanaan pembelajaran daring kolaboratif di LMS (Learning Management System) ITP markandeya Bali. Madaniya, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.53696/27214834.695
Rohmawati, L. (2022). Efektivitas penggunaan media pembelajaran learning management system (Lms) sebagai media pembelajaran daring mahasiswa saat pandemi covid-19. SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 8(1), 29–35. https://doi.org/10.37842/sinau.v8i1.77
Twiningsih, A., & Gunarhadi. (2022). Desain pengembangan inovasi pendidikan dalam peningkatan daya saing sekolah melalui lima prinsip teknologi pendidikan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4), 272–277. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.261
Usanto, S. (2022). Dampak penerapan kurikulum merdeka terhadap dosen dan mahasiswa pada perguruan tinggi. Kompleksitas: Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 11(2), 49–56. https://doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no2.263
Utami, M., & Febrina, D. (2023). Persepsi dosen dan mahasiswa terhadap isu efektivitas pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 21(2), 299–315. https://doi.org/10.31315/jik.v21i2.4612

Published
2025-01-03