Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Soft Skill Masyarakat Pesisir Pantai

  • Fifi Nofiyanti Institut Pariwisata Trisakti, Jakarta, Indonesia
  • Robiatul Adawiyah Institut Pariwisata Trisakti, Jakarta, Indonesia
  • Delsya Tri Anjani Institut Pariwisata Trisakti, Jakarta, Indonesia
  • Akyas Ahmad Jidan Institut Pariwisata Trisakti, Jakarta, Indonesia
Keywords: pemberdayaan masyarkat, soft skills, pantai Karang Bereum

Abstract

Pantai Karang Bereum Lebak Banten memiliki sumber daya alam yang indah dan beragam. Tujuan kegiatan PKM ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Pokdarwis dan pelaku UMKM tentang kualitas pelayanan soft skill masyarakat yang difokuskan kepada pendampingan SDM pariwisata, konten kreator digital, dan keterampilan towel art. Metode pelaksanaan dalam kegiatan PKM atau Pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan. Waktu pelaksanaan kegiatan yaitu pada 24-29 Agustus 2024. Sasaran peserta dalam program pemberdayaan masyarakat di Pantai Karang Bereum Lebak Banten yaitu Pokdarwis dan masyarakat pelaku UMKM. Jumlah seluruh peserta yang mengikuti program yaitu sejumlah 20 orang. Kegiatan PKM di Pantai Karang Bereum berhasil meningkatkan pengetahuan peserta dalam SDM Pariwisata, Towel Art, dan Konten Digital dari 5-10 menjadi 90%. Hasil kegiatan PKM ini berhasil meningkatkan keterampilan peserta dalam SDM pariwisata, Towel Art, dan pembuatan konten digital, dengan peningkatan pengetahuan dari 5-10% menjadi 90%. Kesimpulan dari kegiatan PKM ini adalah meskipun kegiatan PKM ini berhasil memberi pengetahuan kepada peserta, tetapi masih adanya keterbatasan waktu, kesulitan teknologi, dan akses internet, program ini berhasil memberikan dampak positif bagi pengembangan pariwisata dan UMKM lokal. Disarankan untuk menambah waktu praktik, menyesuaikan materi, dan meningkatkan sarana teknologi untuk keberlanjutan program.

References


Aisyah, N., & Alfiah. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Haidee Rental Malang). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 5(2), 158-174. DOI: http://dx.doi.org/10.47201/jamin.v5i2.143
Chornelia, R. M., Lestari, A. W., & Yoei, Y. S. (2023). Pengembangan Sumber Daya Manusia Desa Gadingkulon Kecamatan Dau Kabupaten Malang. REFORMASI, 13(1), 129-139. DOI: https://10.33366/rfr.v%vi%i.4359
Darmansyah, A., Sutardi, A., Afgani, K. F., Susanto, E., Syaputri, A. R., & Khaerani, F. R. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja UMKM Wisata Pantai Berbasis Digital (Kasus Wisata Pantai Desa Sawarna, Kec. Bayah, Lebak, Banten). Prosiding Seminar Nasional Abdimas Ma Chung, DOI:10.33479/senampengmas.2021.1.1.40-54.
Desiyanti, R., & Desaputra, R. H. (2018). Income Smoothing Analysis on Security Company. Jurnal Apresiasi Ekonomi. 6(2), 103–114. DOI: https://doi.org/10.31846/jae.v6i2.68
Lastari, L., & Retnayu, P. (2024). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena) di Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Jurnal Pembangunan dan Administrasi Publik, 6(1). 27-40. https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jpap/article/view/786
Pathony, T. (2019). Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kabupaten Subang. International Journal of Demos, 1(2), 262-289. DOI: https://doi.org/10.37950/ijd.v1i2.23.
Sianipar, R., Juliana, J., Hubner, I. B., Pramezwary, A., Sihombing, S. O., Adjah, R., Chandra, T., Wijaya, E., & Setiawan, J. (2023). Pelatihan Pembuatan Towel Art dan Making Bed Kepada Ibu PKK dari Desa Curug Wetan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4892–4903. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16091
Silalahi, M., Sitepu, Y. K., Fero, D., & Hutagalung, B. T. J. (2023). Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Pelatihan MICE di Desa Tarabunga, Kabupaten Toba. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(3). https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/1166
Syulistyo, A. R., Shoumi, M. N., Sukmana, S. E., Rahmad, C., & Ririd, A. R. T. H. (2024). Pelatihan Pengembangan Konten Digital Menggunakan Alat Desain Berbasis Web dan Mobile. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (J-Abdimas), 11(1), 129-134. DOI: https://doi.org/10.33795/abdimas.v11i1.4764

Published
2025-01-03