Pengelolaan Informasi Wisata Secara Digital Melalui Pembuatan E-Book
Abstract
Informasi wisata merupakan alat yang penting untuk membantu wisatawan merencanakan, mempersiapkan, dan melakukan perjalanan wisaya dengan baik. Namun ketersediaan informasi wisata di Desa Tete Batu belum terpusat dalam satu pengelolaan, hal ini disebabkan karena keterbatasan sumber daya manusia dan ketersediaan informasi yang dapat disajikan kepada wisatawan. Tujuan kegiatan pengelolaan informasi wisata ini adalah membuat dokumen informasi wisata secara digital dan dapat diakses oleh pengelola maupun wisatawan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pemberian materi terkait gambaran umum pentingnya ketersediaan informasi wisata kepada kelompok sadar wisata dan pengelola usaha wisata di Tete Batu, selanjutnya tim melaksanakan pengumpulan informasi dari pengelola wisata dan industri wisata. Hasil dari kegiatan ini adalah tersusunnya e-book informasi wisata yang mencakup profil Desa Tete Batu dan kondisi pariwisata desa. Implikasi dari kegiatan ini adalah tersedianya dokumen informasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengelola dan wisatawan untuk menyusun perjalanan wisata
References
Akhtar, N., Khan, N., Mahroof Khan, M., Ashraf, S., Hashmi, M. S., Khan, M. M., & Hishan, S. S. (2021). Post-covid 19 tourism: Will digital tourism replace mass tourism? Sustainability (Switzerland), 13(10). https://doi.org/10.3390/su13105352
Amoako, G. K., Doe, J. K., & Neequaye, E. K. (2023). Online innovation and repurchase intentions in hotels: the mediating effect of customer experience. International Hospitality Review, 37(1), 28–47. https://doi.org/10.1108/ihr-02-2021-0008
Budiatiningsih, M., Putri, B. P., & Dini, M. F. (2024). Keberhasilan Penerapan Konsep Pariwisata Berbasis Masyarakat: Studi Kasus di Desa Wisata Nglanggeran. Jurnal Ilmiah Hospitality, 13(1), 123-136.
Kim, M. (2023). Parasocial Interactions in Digital Tourism: Attributes of Live Streamers and Viewer Engagement Dynamics in South Korea. Behavioral Sciences, 13(11). https://doi.org/10.3390/bs13110953
Roziqin, A., Kurniawan, A. S., Hijri, Y. S., & Kismartini, K. (2023). Research trends of digital tourism: a bibliometric analysis. Tourism Critiques: Practice and Theory, 4(1), 28–47. https://doi.org/10.1108/trc-11-2022-0028
Sahabudin, A., Tahir, R., Hadian, M. S. D., Endyana, C., & Rachmat, H. (2020). Tantangan milenial di desa wisata. Tornare, 2(1), 1.
Saputra, I. G. G. (2021). Bentuk Digitalisasi Desa Wisata Di Masa Normal Baru Studi Kasus Desa Sayan Ubud Bali. Jurnal Kepariwisataan, 20(1), 18-25.
Susanto, B & Astutik, P. (2020). Budi Susanto dan Puji Astutik (2020). Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, xx(x), 46–56.
Travel, T. W., Council, T., & Preko, A. (2022). How digital tourism leads to innovation: An examination of service value and technology-based services. Strategic Direction, 38(7), 21–23. https://doi.org/10.1108/SD-06-2022-0049
Yuliansa, B. H., Kartika, D. S. Y., Sugiyanto, E., Rianto, S. I. A., & Sakhi, T. E., (2023). PENGEMBANGAN WEBSITE DESA SEBAGAI SARANA SISTEM INFORMASI POTENSI WISATA DESA. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 127–136. https://doi.org/10.56855/jcos.v1i3.460
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.