Meningkatkan Motivasi Siswa untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi
Abstract
Kualitas sumber daya manusia di Lombok Timur menjadi perhatian serius, tercermin dari rendahnya angka partisipasi pendidikan tinggi di daerah tersebut yang hanya 26% siswa yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Partisipasi sekolah ini sangat penting karena berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia di daerah tersebut. Oleh karena itu, kami berupaya melakukan kegiatan pengabdian yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi pelajar SMA Negeri 1 Sakra untuk melanjutkan pendidikan. Untuk mencapai tujuan tersebut metode peer education digunakan dengan beberapa tahapan seperti perencanaan, persiapan, pre-test, sosialisasi, sesi tanya jawab, post-test, dan Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan dimulai dengan observasi untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa, diikuti dengan sosialisasi yang memberikan wawasan tentang manfaat pendidikan tinggi dan informasi beasiswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan edukatif yang tepat mampu mengubah pola pikir dan meningkatkan minat siswa terhadap pendidikan tinggi. Kesimpulannya, program edukasi yang berfokus pada peningkatan motivasi dapat berkontribusi pada penguatan fondasi edukasi dan kompetensi individu di Lombok Timur.
References
Addnin, I. J., & Effendi, Z. M. (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Jurnal Ecogen, 4(1), 35. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i1.11038
Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Timur. (2023). Kabupaten Lombok Timur dalam Angka 2023.
Fitri, N. A., Zalianti, M., Alapif, A., & Kurnia, A. (2024). Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Pendidikan Lanjut Melalui Edukasi Dan Motivasi Bagi Siswa SMAN 4 Praya. ETAM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 71–81. https://doi.org/10.46964/etam.v4i3.981
Hariati, & Syukur, M. (2019). Minat Masyarakat Melanjutkan Perguruan Tinggi Desa Gareccing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi -FIS UNM, 6(2), 30–35. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.13223
Hasanah, N., Rajagukguk, K. P., Syafitri, F., & Pujahadi, T. (2021). Sosialisasi tentang pentingnya pendidikan tingkat perguruan tinggi kepada masyarakat desa jaring halus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 2(1), 23–29.
Husna, H., Zurah, S., Zahra, B., Aqila, R., Ummi, N. R., Malika, B., Octora, B., & Kurnia, A. (2023). Pembelajaran Berbasis Project dengan Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Pentingnya Belajar Sepanjang Hayat di Sekolah Batujai : Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. JUMAT Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 158–164.
Kamsi, N., Safitri, M., & Roybah, R. (2021). Pendidikan dan Masa Depan: Tingkat Kesadaran Masyarakat Tentang Pendidikan di Kelurahan Rahma. Edification Journal : Pendidikan Agama Islam, 4(1), 75–91. https://doi.org/10.37092/ej.v4i1.297
Kurnia, A., Kusuma, S. A., Rizka, A., Arimanda, Y., Lestari, N. D., Matematika, P. S., & Mataram, U. (2024). Penumbuhan Motivasi Belajar Serta Pengenalan Dampak Gadget pada Anak Sekolah Dasar. PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1), 198–208. https://doi.org/10.54259/pakmas.v4i1.2760
Kurnia, A., Nadi, W. A., Qurnia, L., Zaraoda, Z. I., Qurani, A. Y., & Saprina, F. (2024). Meningkatkan Kesehatan Mental Dengan Mencegah Perilaku Perundungan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 96–103. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jppm.v7i2.6924
Kurnia, A., & Nuraisyah, N. (2024). Mengatasi Perundungan di SMKN 3 Pujut: Pendekatan Edukatif Untuk Meningkatkan Kesadaran Dan Mencegah Perundungan. Jurnal Gema Ngabdi, 6(2), 124–130. https://doi.org/10.29303/jgn.v6i2.426
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Legiati, T., Hidayanti, D., & Indrayani, D. (2019). Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Efikasi Diri Remaja Putri Tentang Pubertas. Jurnal Bimtas, 3(1), 13–23.
Lestari, E. A., Shahira, F., Agustiandini, R. J., Miranti, W., Pratiwi, A., & Kurnia, A. (2024). Peningkatan Kesehatan Mental Pelajar Melalui Sosialisasi Kesehatan Mental Berbasis Islam. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 10–22. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/connection.v4i1.7622
Maskar, S., Puspaningtyas, N. D., Dewi, P. S., Asmara, P. M., & Mauliya, I. (2022). Peningkatan Pemahaman Pentingnya Lanjut Studi Ke Perguruan Tinggi Bagi Masyarakatadesa Hanura-Pesawaran, Provinsi Lampung. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 324–331. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4018
Mutiara, H., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Kompetensi Akuntansi, Lingkungan Teman Sebaya, dan Perencanaan Karir Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Dengan Academic Self-Efficacy Sebagai Variabel Mediasi. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 173–190. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i2.6978
Oryza, S. B., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 23–36. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n1.p23-36
Putra, S. S., & Irianto, A. (2023). Pengaruh Prestasi Belajar Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN di Kecamatan Koto Tangah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5224–5230. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/7016
Raya, F., Arif, S., Febriyanti, A., Salsabila, M. S., Handayani, A. P., & Aulia, S. S. (2022). Urgensi Pendidikan Tekan Pernikahan Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 51–61.
Simanjuntak, W., Marpaung, R. Y., Simbolon, S. R., Sianipar, R. E., & Nainggolan, D. F. (2024). Pengaruh Faktor Ekonomi terhadap Siswa dalam Melanjutkan Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 772–780.
Suryani, D., & Armiati, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Potensi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Salingka Nagari, 1(2), 256–267. https://doi.org/10.24036/jsn.v1i2.40
Tugiah, T., & Trisoni, R. (2022). Kurangnya Perhatian Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak-Anak Inklusif Di Kamang Baru. Jurnal Sosial Teknologi, 2(12), 1387–1397. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i12.518
Utami, N. L. A., dkk. (2018). Efektivitas Metode Peer Education Dan Metode Ceramah Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Kehamilan Remaja. Community of Publishing in Nursing (COPING), 6(1), 9–16.
Utari. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Remaja untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi di Dusun Mengkudu Desa Landah Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2023 [UIN Mataram]. In UIN Mataram. http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5482
Wijaya, S. A., Susilo, D. K., & Sari, D. S. R. (2021). Faktor Penyebab Kurangnya Minat Anak Keluarga Nelayan Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(2), 422. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i2.42309
Yunita Fitri Ramadhani Dan Nurul Latifatul Inayati. (2023). Focus Group Discussion (FGD) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PAI Raden Fatah, 47(1), 642–656. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i3
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.