Pemberdayaan Kelompok Masyarakat melalui Pendampingan Pelestarian Musik Langgam Makassar
Abstract
Pelestarian musik tradisional merupakan tantangan besar di era modern, terutama di kalangan generasi muda yang cenderung lebih tertarik pada musik populer. Musik langgam Makassar, sebagai salah satu warisan budaya yang sarat nilai historis dan estetika, menghadapi risiko kepunahan di Desa Taeng, Kabupaten Gowa. Permasalahan utama yang dihadapi adalah penurunan minat generasi muda, kurangnya pendidikan tentang pentingnya musik tradisional, keterbatasan akses sumber daya bagi pelaku seni, serta minimnya platform promosi untuk musik langgam. Sebagai solusi, dilakukan program pemberdayaan masyarakat melalui pendampingan pelestarian musik langgam Makassar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan masyarakat dalam melestarikan musik langgam serta memperkuat identitas budaya lokal. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi pelatihan, sosialisasi, dan kolaborasi antara pelaku seni dan masyarakat, dengan fokus pada pengenalan nilai-nilai budaya, sejarah Langgam Makassar, peningkatan kapasitas teknis alat musik, dan penciptaan platform promosi yang lebih luas. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pelestarian musik langgam, serta terciptanya sinergi yang lebih baik antara pelaku seni dan komunitas lokal. Program ini juga berhasil mengidentifikasi langkah-langkah strategis untuk memperluas jangkauan promosi musik langgam, baik di tingkat lokal maupun nasional, sehingga keberlanjutan musik langgam Makassar di Desa Taeng dapat terjamin.
References
Aswi, A., Poerwanto, B., & Fahmuddin, M. (2023). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Manajemen Referensi bagi Dosen Institut Ilmu Kesehatan Pelamonia. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 347–356. https://doi.org/10.30812/adma.v3i2.2516
Aswi, A., Poerwanto, B., & Mar’ah, Z. (2023). Pendampingan Tracer Study : Pembuatan Website dan Pengolahan Data. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 2(1), 163–174.
Aswi, A., Poerwanto, B., & Miftach Fakhri, M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Sekolah melalui Pelatihan Literasi Data dan Infografis dalam Menciptakan Generasi Melek Data. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat , 4(2), 441–450. https://doi.org/10.30812/adma.v4i2.3351
Hudzaifah, A., & Mistortoify, Z. (2023). Langgam Makassar: the adaptation of keroncong to local music in Makassar. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 18(2), 189–205. https://doi.org/10.33153/dewaruci.v18i2.5455
Kurniawan, R., Riski Wulandari, S., Nur Aina, A., & Nur Pratiwi Johansyah, O. (2024). PELATIHAN LITERASI PEMAKNAAN IDENTITAS LANGGAM MAKASSAR DALAM INDUSTRI MUSIK KREATIF KOTA MAKASSAR.
Marta, K. S. (2021). MOTIVASI DAN APRESIASI SISWA TERHADAP MUSIK KERONCONG DI SMAN 2 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(2), 151–171. https://doi.org/10.26740/jps.v10n2.p151-171
Poerwanto, B., Arwadi, F., & Samad, M. A. (2024). Pemberdayaan Guru SD melalui Pelatihan Literasi Numerasi dan Pembuatan Alat Peraga Numerasi. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 451–462. https://doi.org/10.30812/adma.v4i2.3356
Poerwanto, B., & Ismail, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Website Pelaporan Tracer Study untuk Mendukung Akreditasi Program Studi pada UKI Toraja. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 1(4), 713–722.
Sugiyanto, D., & Aji, N. B. (2020). PERKEMBANGAN MUSIK KERONCONG DI RICHMOND VIRGINIA AMERIKA SERIKAT. Keteg: Jurnal Pengetahuan, Pemikiran Dan Kajian Tentang Bunyi, 19(2), 141–154. https://doi.org/10.33153/keteg.v19i2.3080
Wuryanto, L. R., Rohidi, T. R., & Tarwiyah, T. (2016). Yen Ing Tawang Ana Lintang: Kasus Bentuk Musik Keroncong Group Congrock 17 di Semarang. Catharsis: Journal of Arts Education, 5(2), 79–83.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.