Pemberdayaan Masyarakat Sekolah Melalui Pelatihan Pemanfaatan Data Tracer Study sebagai Upaya Mempercepat Keterserapan Alumni

Keywords: Keterserapan Alumni, Pemanfaatan Data, Tracer Study

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi literasi data untuk memanfaatkan data tracer study sehingga dapat dijadikan dasar penyusunan program kerja sehingga dapat mempercepat penyerapan alumni di dunia industri, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu alumni dan mahasiswa tingkat akhir untuk mempersiapkan diri menghadapi tes wawancara kerja. Peserta pelatihan pada kegiatan ini berjumlah 20 orang guru dan tenaga kependidikan, serta 20 orang mahasiswa tingkat akhir dan alumni. Materi yang diberikan merupakan standar pelaksanaan dan pemanfaatan data tracer study, pengolahan data dan persiapan wawancara kerja. Hasil diukur dari respon peserta berupa kesesuaian materi dengan kebutuhan peserta, tingkat kesulitan materi yang diterima, sistematika narasumber dalam menjelaskan, dan tingkat penguasaan materi oleh narasumber. Hasilnya, mayoritas memberikan respon sangat jelas. Dari kegiatan ini, pihak sekolah sudah mengetahui standar pelaksanaan tracer study, sudah mampu mengolah data tracer study menjadi informasi untuk membuat program kerja, dan sudah mampu membuat laporan pelaksanaan tracer study untuk kebutuhan akreditasi.

References


Aswi, A., Poerwanto, B., & Mar’ah, Z. (2023). Pendampingan Tracer Study : Pembuatan Website dan Pengolahan Data. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 2(1), 163–174.
Aswi, A., Poerwanto, B., & Miftach Fakhri, M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Sekolah melalui Pelatihan Literasi Data dan Infografis dalam Menciptakan Generasi Melek Data. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat , 4(2), 441–450. https://doi.org/10.30812/adma.v4i2.3351
Cuadra, L. J., Aure, Ma. R. K., & Gonzaga, G. L. (2019). The Use of Tracer Study in Improving Undergraduate Programs in the University. Asia Pacific Higher Education Research Journal, 6(1), 13–25.
Humphries, J., Carroll, K., & Varkey, J. (2023). The Importance of Data in Teaching and Learning. Work-Integrated Learning Case Studies in Teacher Education, 147–155. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-981-19-6532-6_12
Kristyanto, D. (2020). Literasi Data Dan Tantangan Industrialisasi 4.0 Bagi Masyarakat Pesisir Di Indonesia. Nusantara Journal of Information and Library Studies N-JILS, 3(2), 2020.
Merk, S., Poindl, S., Wurster, S., & Bohl, T. (2020). Fostering aspects of pre-service teachers’ data literacy: Results of a randomized controlled trial. Teaching and Teacher Education, 91(103043).
Nurani, S. R. (2015). Peranan Riset Pasar Dan Desain Produk Terhadap Pemasaran Produk Perusahaan Wajan. Ekonologi: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 127–130. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1136
Pentang, J. T., Perez, D. R., Cuanan, K. H., Recla, M. B., Dacanay, R. T., Bober, R. M., Dela Cruz, C. E., Egger, S. P., Herrera, R. L., Illescas, C. M., Salmo, J. M., Bucad, Jr., M. L., Agasa, J. V., & Abaca, N. A. (2022). Tracer Study of Teacher Education Graduates of Western Philippines University - Puerto Princesa Campus: Basis for Curriculum Review and Revision. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 3(3), 419–432. https://doi.org/10.11594/ijmaber.03.03.12
Poerwanto, B., Arwadi, F., & Samad, M. A. (2024). Pemberdayaan Guru SD melalui Pelatihan Literasi Numerasi dan Pembuatan Alat Peraga Numerasi. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 451–462. https://doi.org/10.30812/adma.v4i2.3356
Poerwanto, B., & Ismail, A. (2022). PKM Pelatihan Literasi Data bagi Siswa dan Guru. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 457–463.
Poerwanto, B., & Ismail, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Website Pelaporan Tracer Study untuk Mendukung Akreditasi Program Studi pada UKI Toraja. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 1(4), 713–722.
Pramana, S. (2020). Peningkatan Literasi Data Menuju Indonesia 4.0. Empowerment in the Community, 1(1), 37. https://doi.org/10.31543/ecj.v1i1.369
Rahayu M, D., Nurcahyawati, V., & Erstiawan, M. S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Tracer Study Berbasis Web pada SMK Kesehatan Surabaya. JSIKA, 6(2), 1–7.

Published
2025-01-03