Pemasaran Produk Telkomsel yang Efektif Melalui Direct selling

  • Baiq Dinna Widiyasti Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Erica Ivana Olivia Ririhatuela Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • I Made Mangku Arsana Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Ida Bagus Paladita Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Ahmad Lutfhi Ferdian Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
Keywords: ADDIE, Direct selling, Penjualan Produk

Abstract

Artikel pengabdian ini disusun sebagai bentuk implementasi hasil analisa team terhadap permasalahan dari PT Telkom, cabang mataram, dimana mereka memiliki produk baru yaitu By U yang baru dipasarkan. Sebagai produk baru, kami memberikan alternatif penjualan direct selling untuk produk ini, karena sebagai produk baru perlu adanya pengenalan dengan pasarnya. Direct selling tidak hanya berperan menjual produk namun sekaligus mengenalkan produk baru secara langsung pada konsumen. Artikel pengabdian disusun dengan menggunakan metode analisa, design, development, implementasi, penilaian/analisa (ADDIE). Hasil artikel ini menyatakan bahwa metode direct selling dapat membantu penjualan produk By U. Sehingga direct selling mampu menjadi salah satu strategi pemasaran yang bisa diterapkan pada Produk Baru di suatu Perusahaan.

References

Kotler, P, & Keller, K. L. (2015). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Indeks.
Kottler, P. dan G. A. (2014). Prinsip - Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.
lovelock, christopher, Wirtz, J., & Mussry, J. (2014). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi (I. N. Sallama (ed.); 7 jilid 1). Penerbit Erlangga.
Norrohmah, P. (2017). Pengaruh Penjualan Langsung dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. 5(3).
Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Jurnal Paradigma, XXI(2).
Telkomsel. (2024). Produk Telkomsel. https://www.telkomsel.com/byU
Tjiptono, F. (2019a). Pemasaran Jasa (A. Diana (ed.); terbaru). CV Andy Offset.
Tjiptono, F. (2019b). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan (Diana Anastasia (ed.)). CV Andy Offset.
Widiasti, B. D., Zahrah, Anggriani, R., Faerrosa, Lady, & Raharjo, R. (2021). Web Seminar from Zero to Hero Marketing Sosial Media. Jurnal ADMA, 3(1).
Widiyasti, B. D. (2016). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Axa Mandiri Mapan Sejahtera Di Kota Mataram. Jmm Unram - Master of Management Journal, 5(3), 1–13. https://doi.org/10.29303/jmm.v5i3.70
Published
2025-01-03