Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Piring dan Promosi Digital dalam Meningkatkan Perekonomian Rumah Tangga

  • Ridha Nurul Hayati Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Husain Husain Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
  • Muhammad Fathoni Universitas Bumigora, Mataram, Indonesia
Keywords: Kewirausahaan, Pemberdayaan, Promosi Digital

Abstract

Ekonomi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kebahagiaan dalam kehidupan bermasyarakat. Berdasarkan Badan Pusat Statistik NTB, Kabupaten Lombok Timur berada pada peringkat perekonomian terbawah dengan angka kemiskinan sebanyak 197,63 jiwa per Maret 2023 dengan permasalahan rendahnya keterampilan dan kreativitas dalam menciptakan wirausaha rumah tangga. Salah satu kebutuhan pokok rumah tangga adalah sabun yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memberikan pelatihan pembuatan sabun dan pelatihan promosi produk digital.  Metodologi yang digunakan didasarkan pada model Service Learning (SL). Service learning merupakan metode pelaksanaan yang menekankan aspek praktis dengan memanfaatkan konsep experiential learning. Sedangkan untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan evaluasi dengan menggunakan tes tindakan dengan mendemonstrasikan cara membuat Sabun Cuci Piring dan promosi di media sosial. Hasil dari PKM ini adalah terbukanya wirausaha oleh ibu-ibu rumah tangga mengenai sabun cuci piring serta cara mempromosikan melalui media sosial. Kegiatan pelatihan ini tidak hanya menjadikan ibu rumah tangga mandiri dalam berwirausaha, namun juga dapat mengembangkan kesejahteraan ekonomi masyarakat daerah.

References

Afedi A. L. N. (2019). Efektivitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa Bululawang. Jurnal Civic Hukum, Vol 4, No 2, Tahun 2019, 2623-0216.
Alipudin D. N. E. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Celebrity Endorser dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Pedia. ARBITRASE, Vol 4, No 2, 2023, 212-219.
Andika P. A. S. (2021). Model Pemberdayaan Kewirausahaan Mandiri Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Diklus, Vol 5, No 2, Tahun 2021, 2-15.
Azhari, R. (2022). PKH Shop sebagai Pemberdayaan Masyarakat untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Sejahtera. ABDIRA, Vol 2, No 2 Tahun 2022, 23-29.
Chusnul C. R. W. (2019). Efektivitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Dalam Pembangunan Desa Bululawang. CIVIC HUKUM, Vol 4, No 2, Tahun 2019, 263-0216.
Dedy, S. (2024). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Kementrian Keuangan Republik Indonesia.
Novaria, A. M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kewirausahaan. Jurnal Bisnis Indonesia, 1 (01), 2020.
Rina Teriasi, Y. W. (2022). Pendampingan Ekonomi Kreatif Bagi Komunitas Ibu Rumah Tangga. Abdira, Vol 2, No 4 Tahun 2022, 2-9.
Sri H. M. M., Sukaai, M. M., & MM, H. K. A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat desa dalam Pengembangan UMKM di wilayah pesisir. Scopindo Media Pustaka.
St Syamsudduha, N. Y. T., & Tekeng, N. Y. (2017). Penerapan service learning dalam pembelajaran matakuliah pedagogik pada kurikulum pendidikan calon guru. Lentera Pendidikan, 20(1), 1–17.
Statistik, B. P. (2023). Data Perekonomian Nusa Tenggara Barat.
https://ntb.bps.go.id/indicator/23/225/1/jumlah-penduduk-miskin-menurut-kab
Published
2024-07-11