Sosialisasi pada Siswa Menengah Atas terkait Pentingnya Kuliah dan Penguasaan Bahasa Inggris

  • Topan Rahmatul Iman Universitas Teknologi Sumbawa, Sumbawa, Indonesia
  • Pratiwi Sakti Universitas Teknologi Sumbawa, Sumbawa, Indonesia
  • Wirentake Wirentake Universitas Teknologi Sumbawa, Sumbawa, Indonesia
Keywords: Bahasa Inggris, Kuliah, Siswa, Sosialisas

Abstract

Universitas atau perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan tahap paling tinggi yang memeliki kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan berhak memberikan gelar akademik kepada lulusannya. Banyak Lulusan SMA sederajat yang tidak dapat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Salah satu alasannya adalah kurangnya minat. Selain itu kemampuan bahasa Inggris masyrakat Indonesia masih tergolong rendah. Sehingga tujuan dari kegiatan pengabdian masayarakat ini adalah melakukan sosialisasi terkait pentingnya siswa untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas dan pentingnya menguasai Bahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah metode diskusi terbuka yang terbagi kedalam dua sesi; sesi presentasi dan sesi tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini adalah ketiga pemateri menyampaikan informasi terkait pentingnya kuliah dan penguasaan Bahasa Inggris sehingga para siswa mendapatkan pengetahuan terkait materi ini. Implikasi dari kegiatan ini adalah siswa akan memiliki pandangan bahwa kuliah dan belajar Bahasa Inggris itu sangat penting sehingga mereka memiliki minat untuk melanjutkan studi dan belajar Bahasa Inggris.

References

First, E. (2023). Daftar Peringkat Terbesar Berdasarkan Kemampuan Bahasa Inggris di Negara dan Wilayah Terbesar Dunia. EF English Proficiency Index, 1–50. https://www.ef.com.es/epi/
Iradhatie Wurinanda. (2016). Rata-Rata Skor TOEFL di Indonesia di Bawah 500. https://edukasi.okezone.com/read/2016/03/10/65/1332176/rata-rata-skor-toefl-di-indonesia-di-bawah-500
Ilyosovna, N. A. (2024). Importance of the English Language in Today’s World. International Journal of English Learning & Teaching Skills, 6(2), 22–24. https://doi.org/10.15864/ijelts.6205
Machira, A. (2021). Minimnya Minat Generasi Muda Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tingi . Https://Www.Kompasiana.Com/Ailsyamachira1801/6103670D15251030610733D2/Minimnya-Minat-Generasi-Muda-Melanjutkan-Pendidikan-Ke-Perguruan-Tinggi.
Nurmalasari, N., Hidayat, T., Rosadi, I., Yunita, R., & Holisoh, E. (2023). Faktor - faktor Penyebab Rendahnya Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi di SMK Miftahul Ulum Cimerak. J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 2(1), 120–130. https://doi.org/10.62515/staf.v2i1.178
Oktaviani, A., & Fauzan, A. (2017). Teachers Perceptions about the Importance of English for Young Learners. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.31539/leea.v1i1.25
RBenedictus Adithia. (2022). 5 Alasan Pentingnya Kuliah Setelah SMA, Calon Mahasiswa Harus Tahu. https://www.umn.ac.id/5-alasan-pentingnya-kuliah-setelah-sma-calon-mahasiswa-harus-tahu/
Sukoco, S. A. (2019). Meningkatkan Motivasi Siswa Guna Menempuh Jenjang Pendidikan Yang Lebih Tinggi. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 2(1), 45–57. https://doi.org/10.37849/mipi.v2i1.120
Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2021). Sosialisasi Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), 316. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2835
Yang, P., Tinggi, L., Andrean, S., Studi, S. P., Administrasi, I., Stia, B., & Jember, P. (2019). STIA Pembangunan Jember ISSN Online : 2656-8977 Majalah Ilmiah. In PELITA ILMU (Vol. 2, Issue 1). https://www.cnnindonesia.com/gaya
Published
2024-07-11