Pelatihan Pemasaran Digital dalam Upaya Peningkatan Kemandirian Ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah memberikan pelatihan pemasaran digital kepada pelaku Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Nyamat, Tengaran, Kabupaten Semarang. Pelatihan pemasaran digital menggunakan aplikasi Canva untuk membuat desain media promosi produk UMKM. Pelatihan ini melibatkan 15 orang peserta pada tanggal 16 Oktober 2022 di Balai Desa Nyamat. Setiap kelompok diminta untuk membuat desain media promosi produk UMKM yang dimiliki kemudian memilih design templte pada Canva. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode ceramah, diskusi, dan praktik secara langsung. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terdapat peningkatan keterampilan dan pengetahuan peserta hal mendesain promosi produk menggunakan Canva. Hasil evaluasi dan monitoring memperlihatkan hasil peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta yang mencapai 70%. Implikasi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan baru bagi pelaku UMKM dalam membuat desain media promosi menggunakan aplikasi Canva.
References
Anisah, G. (2021). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.256
Faris, M. I., Sembodo, G., Hasanah, L. U., & Pramono, A. (2018). Pelatihan Sukses Berbisnis Online Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemasaran Online Putat Jaya Surabaya. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 1(1).
Fitria, & Khalid, A. (2024). Pelatihan Desain Pamflet Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Siswa Jurusan Tata Boga SMKN 4. 5(1), 169–174. https://www.jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/866
Games, D., Soutar, G., & Sneddon, J. (2021). Personal values and SME innovation in a Muslim ethnic group in Indonesia. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 13(5), 1012–1032.
Karim, A., & Asrani, D. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ). Jpm: Jurnal Pengabdian Masyrakat, 4(3), 279–285. https://doi.org/10.47065/jpm.v4i3.1582
Kumala, D., Hasan, S. S. El, Mardius, T. A., Sari, P. P. S., Toyib, M. I., & Supriatal. (2022). Pelatihan Digital Marketing Pada Unit Produksi Di SMK Bina Mandiri Digital. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Pemerintahan, 1(2), 53–63.
Munarsih, M., Akbar, M. F., Ariyanto, A., Ivantan, I., & Sudarsono, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Untuk Berwirausaha Pada SMK Muhammadiyah Parung - Bogor. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(1), 22. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i1.6275
Nurhanisah, Y. (2024). Pengguna Internet di Indonesia Makin Tinggi. Https://Indonesiabaik.Id/. https://indonesiabaik.id/infografis/pengguna-internet-di-indonesia-makin-tinggi
Purnomo, N. (2021). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 376–381. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11307
Saehan, A., Suryadi, S., & Pohan, T. H. (2023). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Promosi Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Gemilang (JPMG), 3(2), 44–48. https://doi.org/10.58369/jpmg.v2i4.129
Sholeh, M., Suraya, S., & Rachmawati, R. Y. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Desain Konten Promosi Bagi Pelaku UMKM. Abdimas Altruis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 107–113.
Suhardi, S., Prasetyo, F., & Ardiansyah, D. (2022). Sosialisasi Bahaya NARKOBA dengan Memanfaatkan Teknologi Sistem Informasi pada Karang Taruna Harapan Bangsa Cikande Karawang. PRAWARA Jurnal ABDIMAS, 1(1 PEBRUARI), 8–15.
Supriyanto, A. (2022). Pelatihan Digital Marketing pada UMKM Uliq Food di Kecamatan Bae Kabupaten Kudus. Journal of Community Service and Empowerment (JCSE), 3(1), 38–46. https://doi.org/10.32639/jcse.v3i1.80
Widyaningsih, D., Zusrony, E., & Utomo, H. (2023). Peran Digital Entrepreneurship Mindset: Keputusan Adopsi Platform Digital Bagi Pelaku Bisnis. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 13(2), 162–171.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.