Pencegahan Bullying pada Remaja Panti Asuhan Miftahul Jannah Pekanbaru
Abstract
Bullying adalah tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tak berdaya. Bullying dapat terjadi diberbagai kalangan, salah satunya remaja di sekolah. Secara global, diperkirakan 246 juta anak-anak dan remaja menjadi korban dengan berbagai bentuk tindakan setiap tahunnya. Dampak dari bullying dapat berbentuk fisik seperti, luka, memar, patah tulang. Bahkan, dampak yang paling serius dapat menimbulkan kecacatan. Dampak psikologis seperti depresi, kecemasan, gangguan makan, gangguan tidur, penurunan kepercayaan diri, sulitnya bersosialisasi dengan lingkungan, penurunan performa akademik. Bahkan, hal paling buruk adalah timbulnya ide dan tindakan bunuh diri. Metode pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan melakukan penyuluhan kesehatan berupa edukasi untuk pencegahan bullying pada remaja yang dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2023. Hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini yaitu tercapainya kegiatan penyuluhan pencegahan bullying pada remaja panti asuhan berjalan lancar sesuai dengan rencana mulai dari awal hingga akhir penyuluhan. Lebih dari 90% remaja sudah paham pencegahan dari bullying yang telah dipaparkan.
References
Ahmad, N. (2021). Analisis perilaku bullying antar siswa terhadap pembentukan karakter siswa di SDN Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan …, November, 150–173. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1062%0Ahttp://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/viewFile/1062/759
Aulia, D., & Nababan, R. (2021). Dampak Bullying Terhadap Peserta Didik Sma. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.
Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., & Putri, A. M. S. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research, 4(1), 297–301. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117
Ela Zain Zakiyah, Sahadi Humaedi, M. B. S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352
Fatkhiati, Uce, L., & Nurimah. (2023). Bullying Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan 1Fatkhiati,. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 12(3), 1–14. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/20235/pdf&ved=2ahUKEwjE0NCor-aFAxUd1TgGHS6WCzQQFnoECBEQAQ&usg=AOvVaw2U5b4SK8XibZLv5WVknoiL
Katyana, W. (2019). Buku Panduan Melawan Bullying. Nuha Medika, 11–18.
Rakhmawati, D. (2019). Pengaruh Bullying Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Kesehatan Mental Anak Di SD Negeri 08 Mulyoharjo Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. 1–82. http://lib.unnes.ac.id/33405/1/1401414449__Optimized.pdf
Sari, H. N., Pebriyani, P., Nurfarida, S., Suryanto, M. F., Suri, A. A., & Nugraha, R. G. (2022). Perilaku bullying yang menyimpang dari nilai pancasila pada siswa sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2095–2102. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2922
Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52–57.
Zahro, N. N., Zakiyah, N. Z., Fatmawati, Zuhro, A. Q., & Fitriana. (2023). Upaya Mengatasi Bullying Melalui Pendekatan Rebt (Rational Emotive Behavior Therapy) Terhadap Siswa MTS Kaliwining Rambipuji. Humaniora Dan Seni (JISHS), 01(2), 215–219. http://jurnal.minartis.com/index.php/jishs
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.