Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Liveworksheet untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Mengembangkan Bahan Ajar

  • Hafizah Delyana Universitas PGRI Sumatera Barat, Padang, Indonesia
  • Ainil Mardiyah Universitas PGRI Sumatera Barat, Padang, Indonesia
  • Radhya Yusri Universitas PGRI Sumatera Barat, Padang, Indonesia
  • Hardani Mardiana Zainal Universitas PGRI Sumatera Barat, Padang, Indonesia
  • Rilla Juni Isra Universitas PGRI Sumatera Barat, Padang, Indonesia
Keywords: Keterampilan, Liveworksheet, Pelatihan, Profesionalisme Guru

Abstract

Tantangan yang dihadapi oleh para guru dalam mengadaptasi teknologi dalam proses pembelajaran, serta pentingnya upaya berkelanjutan untuk meningkatkan ketrampilan mereka, menjadi dasar utama pelaksanaan kegiatan pelatihan ini. Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan para guru melalui penggunaan aplikasi Liveworksheet sebagai alat untuk menciptakan bahan ajar yang inovatif. Metode yang digunakan melibatkan perencanaan program pelatihan yang terstruktur, persiapan, sosialisasi dan pelatihan, serta evaluasi program pelatihan. Pelatihan disusun dengan penekanan pada penguasaan Liveworksheet, integrasi dalam pembelajaran, serta strategi pembelajaran yang inovatif. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah para guru telah mampu menguasai penggunaan Liveworksheet dengan baik dan sebanyak 85% dari jumlah guru yang terlibat sudah mahir dalam menggunakan nya. Pelatihan yang dilakukan berkontribusi positif terhadap pemahaman dan ketrampilan para guru dalam mengadaptasi teknologi Liveworksheet. Disimpulkan bahwa program pelatihan aplikasi Liveworksheet dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam mendesain pembelajaran dan menciptakan bahan ajar inovatif yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Kegiatan ini dapat mengembangkan profesionalisme para guru di era digital saat ini.

References

Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1-10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291
Al Mustaqim, D. (2023). Peran Pendidikan Profesi Guru untuk Meningkatkan Profesionalitas dan Kualitas Pembelajaran di Indonesia. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 168-176. https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i02.224
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173-184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Daud, A., Aulia, A. F., & Ramayanti, N. (2019, October). Integrasi teknologi dalam pembelajaran: Upaya untuk beradaptasi dengan tantangan era digital dan revolusi industri 4.0. In Unri Conference Series: Community Engagement (Vol. 1, pp. 449-455). https://doi.org/10.31258/unricsce.1.449-455
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68-85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25
Febriana, R., Delyana, H., & Yusri, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dengan Menggunakan Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.22219/janayu.v1i2.12319
Gunawan, G., Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 12(1), 14-22. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/4840/2786
Hakeu, F., Pakaya, I. I., Djahuno, R., Zakarina, U., & Tangkudung, M. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Mohuyula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1-14. http://dx.doi.org/10.31314/mohuyula.2.2.1-14.2023
Haryono, Y., Rahmi, R., & Yusri, R. (2022). Kreatifitas Guru Matematika dalam Mengembangkan Program Pembelajaran secara Daring. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 237–244. https://doi.org/10.30812/adma.v2i2.1681
Hasriadi, H. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 136-151. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12-28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Irmeilyana, I., Ngudiantoro, N., Maiyanti, S. I., & Setiawan, A. (2022). Pemanfaatan Gawai pada Adaptasi Teknologi untuk Media Pembelajaran bagi Guru SDN 9 Tanjung Batu di Desa Limbang Jaya Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Vokasi, 6(1), 16-23. https://doi.org/10.30811/vokasi.v6i1.2448
Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Era Digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205-222. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14252
Mutia, I. K., Wosal, Y. N., & Monigir, N. N. (2023). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Bidang IPTEK. Jurnal Basicedu, 7(6), 3571-3579. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6378
Ndruru, S. (2022). Peningkatan ketrampilan menyimak kegiatan wawancara melalui penerapan metode demonstrasi siswa. Jurnal Education And Development, 10(1), 493-497. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3529/2258
Rahayu, I. T., Pramuswari, M. F., Santya, M., Oktariani, R., & Fatimah, S. (2023). Analisis Hasil Pengaruh Perkembangan IPTEK Terhadap Hasil Belajar Siswa SD/MI. Hypothesis: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01 Juni), 97-110. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/hypothesis/article/view/645/537
Robi'ah, F., & Prihantini, P. (2024). Urgensi Kualitas Pendidik yang Sesuai dengan Kebijakan Pendidikan dalam Mencapai Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 409-419. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23300
Safitri, E. R., Raharjo, M., Susanti, L. R., Slamet, A., & Abdurahman, F. (2023, October). Pendampingan Pembelajaran Inovatif Dengan Aplikasi Sway dan Liveworksheet Guru-Guru di Kecamatan Sumber Marga Telang. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 4, No. 1, pp. SNPPM2023P-136). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39359/15981
Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53-60. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818
Siregar, N. A. R., Susanti, S., Liana, M., & Elvi, M. (2023). Pelatihan E-LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheets untuk Guru SMP Negeri 14 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 5(1), 83-94. https://doi.org/10.31629/anugerah.v5i1.5659
Tarihoran, E. (2019). Guru dalam pengajaran abad 21. Sapa: Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(1), 46-58. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68
Yamin, M., Sultan, L. P., Hidayah, M., Syaputra, M. R., & Wardhana, K. E. (2022). Mengembangkan Pembelajaran Dengan Media Youtube Pada Mata Pelajaran PAI di SMA. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(2), 161-172. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i2.6445
Yusri, R., Edriati, S., & Yuhendri, R. (2020). Pelatihan Microsoft Office Excel Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengolah Data. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 32-37. https://doi.org/10.22202/rangkiang.2020.v2i1.4214
Yusuf, M., Julianingsih, D., & Ramadhani, T. (2023). Transformasi pendidikan digital 5.0 melalui integrasi inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 11-19. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.328
Published
2024-07-11