Pendekatan Ekletik dalam Pelatihan Bahasa Inggris bagi Anak-Anak Sekolah Dasar
Abstract
Kemampuan berbahasa Inggris menjadi sebuah keharusan bagi murid sekolah dasar saat ini untuk berhasil dalam studi. Namun pada prakteknya, banyak orang tua yang mengeluhkan nilai Bahasa Inggris yang tidak memuaskan dan mereka tidak memiliki kemampuan finansial untuk mengirimkan putra-putrinya belajar Bahasa Inggris di luar jam sekolah. Karena itu Tim Pelayanan Pendidikan di Paroki Santo Antonius Kotabaru mengadakan bimbingan belajar Bahasa Inggris bagi siswa-siswi Sekolah Dasar yang menerima beasiswa dari paroki. Untuk melaksanakan bimbingan, peserta dibagi dalam dua kelompok berdasarkan kelas: Group A berisi siswa kelas 1 dan 2, dan Grup B yang terdiri dari siswa kelas 3 sampai 6. Pembagian ini untuk memudahkan proses pengajaran yang menggunakan metode eklektik yang menggabungkan berbagai pendekatan sesuai dengan kondisi pembelajar saat proses pengajaran dilakukan. Siswa kelas 1 dan 2 cenderung lebih suka bermain dan masih memiliki kesulitan dalam membaca bahkan tulisan dalam Bahasa Indonesia. Siswa kelas 3-6 cenderung sudah bisa membaca dengan baik dan pernah belajar Bahasa Inggris sebelumnya sehingga mereka cenderung lebih mudah diajak belajar Bahasa Inggris. Dengan metode eklektif yang fleksibel disesuaikan dengan kondisi kelas, para siswa dapat membangun motivasi untuk belajar Bahasa Inggris dengan lebih nyaman, produktif dan efektif.
References
Bringle, R. G., & Hatcher, J. A. (1996). Implementing service learning in higher education. Journal of Higher Education, 67(2), 221–239. https://doi.org/10.1080/00221546.1996.11780257
Gunawan. (2022). The Effect of Using Pictures on Students’ Achievement in English Language Vocabulary At Muhammadiyah University of Bone. 11(2), 473–482. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/exposure
Hakiki, M. A., & Hidayati, L. (2017). Is Learning English at an Earlier Age Better for Indonesians? EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English, 2(1), 18–27. https://doi.org/10.26905/enjourme.v2i1.570
Hardi, V. A., & Marleni, L. (2020). Do The Children Need To Learn English at Elementary Level ? Jurnal Basicedu, 4(3), 551–557. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.399
Hendrawaty, N. (2019). The Influence of Listening English Pop Songs to Improve Learners’ Vocabulary at LKP Nuansa Jaya. Loquen: English Studies Journal, 12(1), 56. https://doi.org/10.32678/loquen.v12i01.1192
Hidayati, N. N. (2019). Storytelling: One Package Learning in Improving Language Skill and Implanting Character Education on Children. Edukasi, 7(2), 192–211.
Khairunisa, K., Neviyarni, N., Marjohan, M., Ifdil, I., & Afdal, A. (2022). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eklektik Untuk Menurunkan Tingkat Stress Pada Peserta Didik Korban Bullying. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 104. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.7109
Kuwat, K., & Ghozali, I. (2018). Teaching English to the Elementary School Students in Kutoarjo District. Journal of English Language and Pedagogy, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.36597/jelp.v1i1.2797
Nasir, C., & Inayah, N. (2018). Tell Us Stories, Please! Storytelling for Young Learners of English. Proceedings of the International Conference on the Roles of Parents in Shaping Children’s Characters, 2018, 77–81.
Nufus, T. Z. (2019). Teaching English to Young Learners in Indonesia (Pros and Cons). English Language in Focus (ELIF), 1(1), 65. https://doi.org/10.24853/elif.1.1.65-70
Rao, P. S. (2018). Eclectic approach in english language teaching: A comprehensive study. ACADEMICIA: An International Multidisciplinary Research Journal, 8(10), 40. https://doi.org/10.5958/2249-7137.2018.00055.1
Saputra, A. D., Septiani, L., Adriani, R., & Sundari, H. (2021). Game-Based English Learning for Young Learners: A Systematic Review. JEdu: Journal of English Education, 1(3), 109–122. https://doi.org/10.30998/jedu.v1i3.4752
Saroinsong, W. P., Adhe, K. R., Widayati, S., & Maulidiyah, E. C. (2020). Children’s Social Skill: Parents’ Perceptions in Digital Era. 454(Ecep 2019), 275–280. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.054
Syafii, M. L., Santoso, S., & Hartono, S. (2021). Story-telling Technique Utilizing Puppets to Enhance the Learners’ Speaking Competence. International Journal on Social and Education Sciences, 3(2), 304–341. https://doi.org/10.46328/ijonses.70
Tom, A. A., & Joe, S. (2018). Using Popular Songs to Learn English. International Journal of Educational Science and Research (IJESR), 8(6), 73–78. http://www.tjprc.org/view_paper.php?id=10751
Widyahening, C. E. T. (2020). The role of traditional children’s stories in character development in the global era for the students of elementary school. 3rd International Conference on Technology, Education and Social Sciences, 2020, 698–706. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/proictss/article/view/5080%0Ahttps://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/proictss/article/view/5080/3800
Zamin, A. A. M., Adzmi, N. A. H., & Mohamad, M. (2020). Learning Vocabulary Through Songs : a Study on the Role. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 550–557. https://doi.org/https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8167
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.