Pelatihan Pengembangan Kemampuan Strategi Viral Marketing untuk Meningkatkan Volume Penjualan
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan motor penggerak perekonomian yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kreativitas masyarakat dan kemampuan memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memandu ide dan kreasi diwujudkan dalam berbagai produk UMKM. Para pengusaha saat ini banyak menggunakan viral marketing untuk memasarkan produk maupun jasa kepada konsumen Viral marketing adalah versi internet dari penggunaan pemasaran mulut ke mulut, yang memiliki hubungan dengan menciptakan sebuah e-mail, video, post, atau konten dan cara pemasaran yang sangat menular sehingga konsumen atau pelanggan bersedia atau mau untuk menyebarkan dan menyampaikannya kepada teman-teman mereka. Tujuan Pelatihan Pengembangan Kemampuan Strategi Viral Marketing dapat digunakan Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Unit Usaha KRPL “HARUM LESTARI” Kediri. Masalah yang diadapi oleh mitra kami adalah kurang mahir dalam memanfaatkan viral marketing. Metode dalam pengabdian ini adalah metode observasi, metode ceramah dan metode pelatihan. Ditinjau dari hasil pelatihan strategi viral marketing setelah diberikan penjelasan materi, praktek, serta pendampingan para peserta dinyatakan lebih melek teknologi dan Langkah-langakh yang diberikan tidak terlalu sulit untuk di implementasikan. Untuk membuat konten, memberikan judul juga dapat dilakukan dengan mudah dan hasilnya lebih menarik, sehingga konsumen yang melihat atau membaca jadi lebih tertarik untuk melakukan pembelian. Implikasi dari kegiatan ini adalah KRPL “Harum Lestari” secara keseluruhan menjadi lebih dikenal oleh masyarakat dan dapat menjual produk dengan lebih mudah yang dihasilkan oleh unit-unit usaha KRPL “Harum Lestari” terutama unit usaha sayur hidroponik.
References
Fadilah, A., Syahidah, A. nur’azmi, Risqiana, A., Nurmaulida, A. sofa, Masfupah, D. D., & Arumsari, C. (2021). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. JAP, 2(4), 892–896. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525
Chakti, Gunawan. 2014. The Book of Digital Marketing : Buku Pemasaran Digital. Celebes Media Perkasa.
Hidayat, wicak. (n.d.). Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kominfo. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Intern et+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, Vol. 4(1), 71–85.
Junaidi, M. (2023). UMKM Hebat, Perekonomian Nasional Meningkat. In Kementrian Keuangan Direktorat Jendral Perbendaharaan, https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4133-umkm-hebat,-perekonomian-nasional-meningkat.html (Vol. 1, Issue 5, pp. 650–655).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Pemasaran. In Jakarta: Erlangga.
Surniandari, A. (2017). Viral Marketing as an Alternative to Sariz Product Marketing Strategy. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 1(1), 35–43. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/1480
Thabroni, G. (2020). Viral Marketing Pengertian, Strategi, Jenis, Manfaat, Indikator, dsb - serupa.
Yogyakarta, B. D. I. (2015). Reinventing Government (Mewirausahakan Birokrasi) “How The Entrepreneurial Spirirt is Transforming The Public Sector.” In BKD. D. I. Yogyakarta. https://bkd.jogjaprov.go.id/informasi-publik/artikel/reinventing-government-mewirausahakan-birokrasi-how-the-entrepreneurial-spirirt-is-transforming-the-public-sector
Sitorus, Onny Fitriana, dan Novelia Utami. 2017. Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.